Ingin Liburan Akhir Tahun Lancar? Jangan Lupa Instal Aplikasi Ini

Ingin Liburan Akhir Tahun Lancar? Jangan Lupa Instal Aplikasi Ini – Menjelang musim mudik liburan akhir tahun, atau tahun baru mendatang, Anda tentu harus menyiapkan segala hal agar perjalanan mudik menjadi lancar. Selain google maps, sekarang ini sudah banyak aplikasi lainnya yang dapat memudahkan dan membantu kelancaran saat mudik.

Ingin Liburan Akhir Tahun Lancar? Jangan Lupa Instal Aplikasi Ini
Nah, untuk Anda yang punya smartphone android, untuk mempermudah dan memperlancar mudik anda, silahkan juga download beberapa aplikasi di bawah ini.

1. Info Gempa dan Cuaca (Tim Website BMKG)

Rencanakan mudik dengan tepat ya, dan jangan sampai Anda mudik di saat cuaca kurang baik. oleh karenanya aplikasi Info Gempa dan Cuaca dari BMKG ini tampaknya perlu dimiliki dan di sematkan dalam android anda. Aplikasi ini memuat prakiraan cuaca di beberapa wilayah di Indonesia.

Selain itu, aplikasi ini memuat informasi mengenai gempa bumi terkini dan yang dirasakan secara akurat mulai dari letak geografis dan kekuatan gempa. Aplikasi ini membutuhkan akses data internet dan memory penyimpanan yang ringan yakni kurang dari 100KB.

2. Ibolz NTMC TV

Ibolz NTMC TC adalah aplikasi yang baru diluncurkan Polri pada 22 Juni 2015. Anda dapat mengakses peta mudik yang terhubung ke kamera CCTV Polri di beberapa ruas jalan. Informasi lalu lintas dalam aplikasi ini disajikan secara real time guna menjadi bahan pertimbangan Anda untuk memilih jalan yang tepat. Aplikasi ini memang membutuhkan akses data internet yang cukup besar namun ukurannya yang hanya 12,72 MB tak menguras memory penyimpanan ponsel Anda.

3. KAI Acces

Anda mau beli tiket kereta api? Tak perlu antre ke loket stasiun. Anda bisa memesan tiket secara online melalui KAI Acces di ponsel androidmu kapanpun dan di manapun. Pemesanan tiket maksimal sampai 3 bulan dan minimal sampai 10 jam sebelum kereta tujuan berangkat. Jumlah tiket yang dipesan maksimal 4 tiket untuk menghindari pencaloan.

Selain pemesanan tiket, Anda pun bisa mengakses jadwal keberangkatan kereta api dan berita aktual mengenai kereta api. Aplikasi ini membutuhkan akses data internet dan memory penyimpanan yang ringan yakni sebesar 1,21 MB.

4. Peta Mudik Metro TV

Aplikasi ini menawarkan banyak fitur yang memudahkan Anda dalam mengakses rute mudik meliputi jalur utama dan jalur alternatif. Untuk mengakses aplikasi ini , Anda cukup membuat akun dengan menggunakan nomor ponsel Anda. Aplikasi ini pun memungkinkan Anda untuk berinteraksi dan berbagi info dengan pemudik lain.

Mobil atau motormu mendadak rusak saat perjalanan mudik? Tak perlu khawatir, aplikasi ini menyediakan informasi mengenai lokasi bengkel terdekat dan nomor-nomor penting seperti kantor kepolisian terdekat, pemadam kebakaran, dan rumah sakit. Anda pun dapat mencari tempat lainnya seperti café dan rest area dengan bantuan aplikasi ini.

5. Waze

Temukan rute-rute alternatif dengan bantuan aplikasi ini. Anda bisa menghindari titik mana saja yang mengalami kemacetan agar perjalanan liburan makin lancar. Aplikasi berbasis sosial media ini pun memudahkan Anda untuk bisa bersosialisasi dan berbagi informasi soal lalu lintas secara real time.

Aplikasi ini seperti halnya citizen journalism, Anda dapat menjadi reporter dengan mengabarkan secara langsung mengenai kondisi lalu lintas di suatu daerah seperti dengan cara mengunggah foto kondisi lalu lintas dan mendeskripsikan laporannya.

5. Halal Trip

Halal Trip memuat berbagai konten yang cocok untuk umat muslim. Anda dapat mengakses informasi tempat-tempat makan yang menjual makanan halal, do’a-do’a perjalanan, waktu shalat, ke mana arah kiblat, mencari mesjid terdekat dan berapa jaraknya.

Biasanya dalam perjalanan mudik terutama menggunakan kendaraan umum, kita tidak sempat shalat karena bus terkena macet dan belum sempat berhenti di rest area, aplikasi ini memberika tuntunan doa-doa meng-qada dan meng-qasar shalat.

Salah satu hal yang paling banyak disukai orang dari aplikasi ini yakni dapat memberi informasi waktu shalat ketika ponsel Anda tak terhubung ke internet. Selain itu, aplikasi ini pun dapat bekerja secara akurat saat Anda dalam penerbangan.

Nah, semoga informasi mengenai aplikasi terbaik saat liburan yang kami sebutkan di atas, bisa bermanfaat buat pembaca semua.