Micro SD Error atau Tidak Terbaca? Tenang Ini Solusinya

Micro SD Error atau Tidak Terbaca? Tenang Ini Solusinya – MicroSD atau yang biasa dikenal dengan nama kartu SD (SDCard) merupakan memori eksternal yang dapat membantu anda menyimpan berbagai file dalam gadget. Namun, seperti halnya perangkat lainnya, ada kalanya micro SD mengalami masalah. Entah itu error, atau tidak terbaca. Tapi tenang, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi atau menyelamatkan data anda jika terjadi hal tersebut. Selengkapnya akan kami kupas pada ulasan di bawah ini.

Micro SD Error atau Tidak Terbaca? Tenang Ini Solusinya

Micro SD

Berikut adalah Tips Mengatasi MicroSD yang Error, Tidak Terbaca atau Rusak.

1. Membersihkan Kartu Memori

Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi microSD yang tidak terdeteksi yaitu mengeluarkan kartu SD dari gadget dan bersihkan bagian lempengan tembaga yang berwarna kuning dengan penghapus pensil secara perlahan. Perlu diingat, sebelum melepaskan kartu SD dari gadget, pastikan anda mematikan handphone terlebih dahulu. Jika terasa sudah bersih, masukkan kembali kartu SD anda ke dalam slot memori lalu periksa kembali apakah kartu SD sudah terbaca ataukah belum.

2. Melakukan Format dari Android atau PC

Untuk mengatasi microSD yang rusak, anda dapat memformat gadget anda melalui menu > setting > storage. Pilih Erase SD Card, maka kartu SD anda akan bersih dan kembali baru lagi. Selain memformat langsung dari gadget, anda dapat memfotmat kartu SD anda dengan PC. Caranya sangat mudah yaitu hubungkan kartu SD anda dengan menggunakan Card Reader, setelah itu klik kanan pada device kartu SD. Pilih format lalu klik start, tunggu hingga proses format selesai. Setelah semua terhapus anda dapat menggunakan kartu SD anda kembali. Perlu diingat, sebaiknya anda memindahkan seluruh data anda terlebih dahulu sebelum melakukan format.

3. Cek Error dari PC

Untuk mengetahui apakah MicroSD mengalami error atau tidak, anda dapat mengeceknya ke dalam PC. Caranya sangat mudah, sambungkan gadget anda ke PC dengan kabel data. Pastikan android anda terhubung dalam Mass Storage Mode (MSC) bukan Media Trasnfer Mode (MTP). Selanjutnya buka Windows Explorer lalu klik kanan pada Drive kartu memori selanjutnya pilih Properties > Tools > Error Checking. Setelah selesai, eject kartu memori lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

4. Dengan Aplikasi I Care Data Recovery

I Care Data Recovery adalah sebuah software yang dapat digunakan untuk mengembalikan data yang hilang, misalnya jika terhapus, terkena virus, partisi error, dan lain sebagainya. Selain itu aplikasi ini berguna untuk mengembalikan file yang terformat. Selain itu, I Care Data Recovery ini jauh lebih kaya fitur jika dibandingkan dengan software recovery lainnya. Anda dapat mengunduhnya di beberapa laman situs yang disediakan google.

5. Format dengan SD Formatter

Anda dapat menggunakan aplikasi SD Formatter untuk memformt kartu SD anda. Dengan aplikasi ini kartu SD anda akan sesuai dengan standar format yang ada. Keunggulan lain yaitu dapat menghindari anda salah klik pada setting format di windows, karena penggunaannya sendiri sangat mudah.

6. Download HP Drive Boot Utility

Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan aplikasi HP Drive Boot Utility. Aplikasi ini dapat mengatasi microSD anda yang apabila ditancapkan dalam gadget akan terdeteksi, namun jika diakses akan terlihat tulisan Please Insert Disk. Cara penggunaan aplikasi ini yaitu, pertama install aplikasi lalu masukkan microSD ke card reader dan tancapkan ke dalam PC. Pilih drive microSD lalu pilih create new or replace existing configuration yang terakhir cek apakh memory sudah berfungsi dengan benar.

Itulah keenam cara yang dapat anda lakukan di saat micro SD yang menyimpan banyak file penting anda sedang error atau tidak terbaca. Selamat mencoba dan semoga berhasil.