Jangan Salah, Ini Arti dan Perbedaan Smartphone Refurbish, BM serta Replika yang Benar

Jangan Salah, Ini Arti dan Perbedaan Smartphone Refurbish, BM serta Replika yang Benar – Di dalam dunia smartphone, dikenal istilah refurbish, replika dan black market (BM). Mungkin Anda telah lama mendengar istilah-istilah tersebut. Tapi tahukan apa arti dan perbedaan dari ketiga istilah tersebut? Nah, buat yang belum tahu, simak ulasannya di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

ni Arti dan Perbedaan Smartphone Refurbish, BM serta Replika yang Benar

Inilah Perbedaan Smartphone Refurbish, BM dan Replika yang wajib diketahui.

Smartphone Refurbish

Smartphone refurbished adalah smartphone asli yang sudah di rekondisi. Maksud dari rekondisi adalah smartphone telah digunakan sebelumnya namun mengalami masalah ketika masih dalam masa garansi. Untuk itu smartphone tersebut akan dibawa ke service center untuk diperbaiki. Namun, masalah yang dialami smartphone tersebut cukup parah sehingga harus digantikan dengan smartphone yang baru.

Service center akan berusaha memperbaiki smartphone tersebut. Selain memperbaiki masalah sebelumnya, service center juga akan memperbarui smartphone tersebut dari segi fisik. Dengan begitu, smartphone tersebut akan seperti benar-benar baru. Selanjutnya smarphone tersebut akan dijual kembali dengan harga yang bisa mencapai 50% lebih murah. Ini lah yang dinamakan dengan smartphone refurbish.

Smartphone Black Market (BM)

Smartphone black market atau biasa disingkat bm adalah smartphone asli namun dijual dengan harga yang lebih murah. Smartphone tersebut bisa lebih murah karena melalui jalur distribusi yang tidak resmi. Smartphone ini biasanya masuk secara ilegal dan tidak dikenai pajak. Oleh karena itu harganya bisa menjadi lebih murah dariada harga seharusnya. Namun harganya tidak sampai 50% lebih murah, bila mencapai itu patut dicurigai bahwa smartphone tersebut adalah palsu atau replika.

Bila dibandingkan dengan smartphone refurbish dan replika, secara kualitas tentu saja smartphone ini adalah yang terbaik. Namun perlu dipahami bahwa bila Anda membeli smartphone ini, artinya Anda telah melanggar hukum. Untuk itu bila Anda adalah masyarakat yang taat aturan dan ingin membeli smartphone dengan harga murah, lebih baik membeli smartphone refurbish atau menunggu hingga smartphone impian Anda turun harganya.

Smartphone Replika

Selain produk asli, di pasaran juga tentu ada juga produk palsu. Begitupula di dunia smartphone. Bahkan, industri produk palsu di dunia smartphone merupakan industri yang banyak diminati para produsen. Hal ini karena banyakya konsumen yang lebih mengutamakan merk dan gengsi dibandingkan dengan kualitas yang didapat dari smartphone tersebut. Selain itu juga banyaknya konsumen yang menginginkan smartphone kelas atas namun tidak memiliki budget yang cukup.

Smartphone replika adalah produk smartphone palsu yang dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai dengan produk asli. Biasanya smartphone yang ditiru adalah smartphone kelas atas seperti Apple atau Samsung, tapi bisa juga merk lain dibuat replikanya. Smartphone replika ini akan memiliki harga yang jauh lebih murah daripada smartphone aslinya. Tentu saja kualitas yang diberikan pun akan jauh berbeda dari yang asli.

Nah itu lah perbedaan dari smartphone refurbish, black market dan replika. Ketiga smartphone ini memiliki harga yang lebih murah bila dibangingkan dengan smartphone asli dan resmi yang beredar. Namun, ketiganya memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Smartphone refurbish adalah smartphone asli yang dikonsikan ulang, black market adalah smartphone yang tidak resmi dan smartphone replika adalah smartphone palsu.

Untuk Anda yang ingin membeli smartphone baru, tentu harus memahami ketiga hal tersebut agar tidak salah pilih dalam membeli smartphone. Ketiganya juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga Anda bisa melihat dan mengukur sendiri kondisi Anda untuk membeli smartphone jenis apa. Yang pasti, utamakan fungsi ketimbang gengsi.