Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti Kebumen

Advertisement

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti, Kebumen Terbaru –┬áTak lengkap rasanya jika anda jalan-jalan ke Kebumen tanpa mengunjungi pantai Menganti. Pemandangan yang disajikan di pantai menganti cukup unik. Tidak seperti pantai pada umumnya, pantai Menganti dihiasi perbukitan hijau subur yang menjulang mengelilingi samudra lepas. Pemandangan yang sungguh sayang untuk dilewatkan. Di sisi barat pantai, anda bisa menemukan kapal nelayan. Tidak asing jika di pantai ini anda dapat menikmati sajian khas laut dengan mudah.

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti
Pantai Menganti

Bukan hanya pemandangan indah pantai saja yang akan anda jumpai, anda juga dapat menemukan berbagai spot dan wahana yang dapat diinikmati di area pantai Menganti. Jika anda berjalan kearah pantai, anda dapat menemukan wahana jembatan merah. Pemandangan di jembatan ini sangat indah. Para wisatawan biasanya mengabadikan momen di jembatan merah ini.

Selain itu, anda juga dapat menemukan balon udara di pantai Menganti. Anda akan merasakan pengalaman menaiki balon udara dan melayang di udara selama beberapa menit. Tidak berhenti di situ saja, anda dapat menaiki sepeda gantung. Wahana ini cukup popular di berbagai wisata lainnya. Di pantai ini anda juga dapat menikmatinya namun dengan pemandangan yang berbeda tentunya. Untuk merasakan sensasi tersebut, anda dikenai biaya masing-masing Rp 15.000.

Tentu masih ada spot menarik lainnya. Anda dapat mendaki Bukit Sigatel di area pantai Menganti untuk mendapatkan pemandangan laut terbaik dari ketinggian. Bukit ini cukup tinggi dan melalui rute yang cukup panjang sehingga disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman untuk mendaki. Anda tidak dikenai biaya sepeserpun untuk mendaki bukit ini.

Selanjutnya, salah satu tempat yang paling menarik di pantai menganti adalah Tanjung Karang Bata. Kawasan ini adalah kawasan perbukitan dan sering disebut bukit gazebo. Sebutan ini diberikan karena banyak gazebo-gazebo yang didirikan di lereng bukit. Pengunjung dapat menikmati pemandangan samudera dan perbukitan dari gazebo. Bibir Pantai Karangbata penuh dengan bebatuan kecil yang dulunya berasal dari gunung api purba di kawasan Pantai Menganti.

Pantai Menganti baru dibuka pada tahun 2011 dan cukup menyedot wisatawan untuk berkunjung. Pemandangan pantai dan gunung yang berada dalam satu lokasi merupakan daya tarik bagi wisatawan. Pantai selalu terbuka untuk wisatawan 24 jam. Wisatawan pada umumnya sekedar menikmati pemandangan. Beberapa wisatawan juga berkemah di pantai dan menikmati pemandangan saat matahari terbit.

Di pantai ini anda juga dapat melihat mercusuar yang dibangun pada jaman Belanda, yaitu pada tahun 1912-1915 setinggi 20 meter. Lokasinya agak berada di tenggara pantai. Anda juga dapat menemukan goa dan air terjun di pantai ini. Goa ini dipercaya sebagai jalur petilasan Sunan Gresik dan dimanfaatkan pengunjung untuk berziarah.

Sementara itu, jika anda tertarik untuk mengunjungi air terjun, anda harus mempersiapkan diri terlebih dulu. Lokasi air terjun cukup jauh dari bibir pantai dan cukup melelahkan serta hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki. Namun anda akan merasa itu tidak sebanding dengan panorama empat air terjun dengan ketinggian 30 meter. Wisata pantai Menganti rasanya telah memiliki satu paket wisata alam yang lengkap dan menawan.

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti

Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja untuk menyaksikan pemandangan di pantai menganti di hari senin sampai jumat. Sementara di hari sabtu dan minggu, anda akan dikenai biaya Rp15.000. Harga tersebut sudah termasuk biaya akomodasi parkir. Namun, jika anda menjajal wahana yang disediakan, maka akan dikenai retribusi. Untuk menyewa saung-saung yang dekat dengan pantai untuk bersantai, anda diharuskan merogoh biaya Rp 10.000.

Berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah membuat jalan yang ditempuh cukup sulit. Kondisi jalan menuju pantai Menganti menanjak dan berkelok-kelok karena melewati perbukitan. Jarak terdekat yang ditempuh untuk menuju lokasi ini adalah kecamatan Gombong, yakni berjarak sekitar 30 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam. Anda kemudian akan melalui Kecamatan Ayah untuk tiba di destinasi.

Destinasi pantai menganti memang sayang untuk dilewatkan. Anda dapat menikmati pemandangan laut dan matahari tenggelam dengan indah. Anda tertarik mengunjunginya?

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker