Wisata

Harga Tiket Masuk Pagoda Avalokitesvara Semarang

Advertisement

Harga Tiket Masuk Pagoda Avalokitesvara Semarang Terbaru – Kota Semarang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah. Semarang secara etimologis berasal dari kata “sem” dan kata “arang”. Kata “sem” berarti “asam” atau “pohon asam”. Sementara itu, kata “arang” yang merupakan Bahasa Jawa berarti “jarang” dalam Bahasa Indonesia. Selanjutnya kedua kata ini digabungkan menjadi asam yang jarang-jarang.

Tiket Masuk Pagoda Avalokitesvara
Pagoda Avalokitesvara

Sebagai salah satu pusat pelabuhan terpenting, tidak heran apabila Kota Semarang menjadi pusat persebaran berbagai agama. Kota Semarang sendiri memiliki lima situs religi menakjubkan agama Islam, Kristen, Konghuchu, Hindhu, dan Budha. Sebagai contohnya adalah Kompleks Vihara Buddhagaya Watugong yang merupakan tempat ibadah untuk umat budha.

Dengan luas 2,25 hektar kompleks Vihara Buddhagaya Watugong terdiri dari 2 bangunan utama, yaitu Vihara Dhammasala dan Pagoda Avalokitesvara yang dibangun pada tahun 1955. Selain itu, juga terdapat pohon Bodhi (Ficus Religiosa) yang ada di pelataran Vihara Buddhagaya yang ditanam oleh Bhante Naradha Mahathera pada tahun 1955 serta kolam teratai di sekitar pagoda.

Di Indonesia Pagoda Avalokitesvara merupakan pagoda tertinggi yang mencapai 45 meter. Pagoda ini memiliki tujuh tingkatan yang didesain semakin keatas semakin menyempit seperti pada umumnya pagoda. Desain arsitekturnya yang indah, membuat Pagoda Avalokitesvara ini begitu dikagumi oleh berbagai kalangan.

Harga Tiket Masuk Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Watugong, Semarang atau lebih tepatnya di depan Markas Kodam IV Diponegoro. Untuk mencapai Pagoda Avalokitesvara, Anda dapat dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti Trans Semarang dengan tarif Rp.3.500,- baik jauh maupun dekat.

Pagoda Avalokitesvara juga dikenal dengan nama Pagoda Dewi Kwan Im. Sebutan ini ditujukan karena terdapat empat patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke kempat penjuru sehingga saat Anda berkunjung Anda akan disambut oleh patung Dewi Kwan Im. Selain itu, pagoda ini juga dikenal dengan nama Pagoda Cinta Kasih atau Pagoda Metakaruna karena pagoda ini merupakan perwujudan dari penghormatan pada Dewi cinta kasih yaitu Kwan Sie Im Po Sat.

Bahan bangunan seperti patung burung Hong dan Kilin, air mancur naga, kolam, lampu, batu pembentuk relief, aksesoris, bahkan genteng seluruhnya diimpor dari China. Di dalam pagoda ini dibangun patung Bodhisattva Avalokiteswara yang berdiri kokoh menghiasi interior bangunan pagoda. Pada pelataran pagoda, Anda dapat melihat patung Sidharta Gautama duduk dibawah pohon Bodhi yang rindang sedangkan di area belakang terdapat patung budha tertidur berwarna cokelat dengan pakaian dan tubuh berwarna emas.

Saat berkunjung ke Pagoda Avalokitesvara, tentu saja aktivitas wisata pertama yang bisa Anda lakukan adalah berfoto dengan latar belakang Pagoda dan patung atau bangunan lain yang berada di komplek Vihara Budhagaya Watugong. Di pagoda ini umat Budha biasa melakukan ritual Tjiam Shi guna mengetahui nasib manusia.

Bagi Anda yang menyukai ramalan, di pagoda ini Anda juga dapat melakukannya dengan menggoyangkan bambu-bambu yang telah diberi tanda hingga salah satu bambunya terjatuh. Setelah itu, Anda juga bisa meminta petugas Pagoda untuk membacakan ramalan nasib Anda setelah melakukan ritual Tjiam Shi.

Bagi Anda yang ingin menginap, Anda dapat menginap di hotel yang berada di jalan Perintis Kemerdekaan atau di cottage yang disediakan pengurus Pagoda. Anda juga akan dapat menemukan dengan mudah rumah makan atau restoran di sepanjang jalan Perintis Kemerdekaan. Baik itu rumah makan sederhana atau restoran makanan cepat saji. Anda akan menemukan lebih banyak pilihan jika Anda pergi ke utara Pagoda.

Anda dapat mengunjungi Pagoda Avalokitesvara cukup pagi yaitu mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Sedangkan untuk masuk ke Pagoda Avalokitesvara, pengurus Pagoda tidak mematok tarif retribusinya secara pasti. Anda hanya akan diminta untuk membayar tiket parkir kendaraan seikhlasnya saja. Selain tempat parkir, di dalam kompleks Vihara Budhagaya Watugong juga terdapat beberapa toilet di beberapa titik yang terawat dan bersih.

Tak perlu bingung lagi mencari tempat wisata di Semarang. Langsung saja kunjungi Pagoda Avalokitesvara saat liburan.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker