Harga Tiket Masuk Museum Tsunami Aceh

Harga Tiket Masuk Museum Tsunami Aceh Terbaru 2019 – Tahun 2004 merupakan tahun yang dikenang oleh seluruh warga Indonesia dengan luka mendalam yang terjadi di Indonesia, khususnya provinsi aceh. Gempa berkekuatan 9 skala richter dan Bencana Tsunami menghantam Provinsi Aceh dan memakan banyak korban serta kerugian materil. Bencana tersebut merupakan salah satu bencana terbesar yang terjadi di Indonesia, dan di dunia.

Tiket Masuk Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami

Untuk memperingati tsunami dan korban dari bencana tersebut, pemerintah membangun monumen tsunami berbentuk museum tsunami pada tahun 2009. Bagian dinding dari museum tsunami dihiasi gambar tarian khas aceh, tari saman. Tari saman dipercaya sebagai lambang kekuatan, persahataban, dan kerja keras dari masyarakat aceh. Museum tsunami menjadi salah satu destinasi wisata dan edukasi di Aceh yang popular dan selalu ramai dikunjungi. Apa saja yang ada di dalamnya?

Museum Tsunami terdiri dari 4 ruangan yang bisa dikunjungi. Ruang pertama yang akan anda kunjungi adalah ruangan renungan. Ruangan renungan adalah lorong sempit yang diapit dinding hitam yang dialiri percikan air dan gelap diiringi suara adzan. Ruangan ini menggambarkan kepanikan masyarakat saat dilanda tsunami. Anda akan merasa ada air disekitar anda dengan suara percikan air di dinding.

Setelah itu anda akan mengunjungi ruang kedua, ruang cahaya tuhan atau disebut light of god. Ruangan ini lebih gelap dengan ruangan berbentuk silinder. Di dindingnya tertulis nama seluruh korban bencana tsunami aceh yang telah meninggal. Nama-mana tersebut disusun hingga keatas. Di atapnya terdapat lafadz Allah yang terang. Ruang ini menggambarkan kekuasaan Tuhan sekaligus mendoakan korban yang telah meninggal agar amal dan ibadahnya diterima Allah SWT.

Selanjutnya anda akan menemukan jalan yang berputar dan diujungnya ada jembatan yang bernama jembatan harapan. Jembatan ini berhiaskan 25 negara yang ikut membantu Negara Indonesia saat terjadi bencana tsunami. Hal ini juga melambangkan solidaritas antar negara saling bahu membahu saat Negara lain dilanda kesulitan. Kemudian di ruang paling atas terdapat ruang evakuasi yang berguna sebagai lokasi pengungsian saat bencana tsunami terjadi kembali. Ruang ini tidak dibuka untuk umum.

Museum ini juga bukan hanya dibangun untuk mengenang korban bencana tsunami aceh. Fasilitas lain yang disediakan adalah ruang geologi yang berfungsi sebagai media pembelajaran tentang tsunami pada pengunjung. Di ruang ini anda akan ditunjukkan simulasi proses terjadinya tsunami, model dan maket yang menggambarkan situasi daratan saat sebelum dan sesudah timbulnya bencana tsunami, dan masih banyak media pembelajaran lain mengenai tsunami.

Museum ini dirancang oleh Ridwan Kamil, gubernur Jawa Barat. Jika anda melihat bangunan ini dari luar, bangunan ini berbentuk lengkungan terinspirasi dari bentuk ombak tsunami, tinggi, melengkung dan sirkular. Selain sebagai tempat wisata dan belajar mengenai tsunami, desain museum juga multifungsi. Belajar dari kejadian di masa silam mengenai bencana tsunami, museum ini juga difungsikan sebagai lokasi evakuasi jika tsunami kembali menyerang di masa mendatang.

Harga Tiket Masuk Museum Tsunami

Jika anda tertarik mengunjungi museum ini, anda dapat mengunjungi Museum tsunami pada jam 9.00 hingga 17.00 setiap hari. Dulu mengunjungi museum tsunami tidak dikenakan biaya. Mulai bulan desember 2018, pemerintah menetapkan tarif masuk sebesar Rp10.000 untuk biaya masuk museum. Biaya ini digunakan untuk perawatan museum. Tidak ada perbedaan harga tiket masuk untuk hari kerja dan hari libur.

Museum tsunami yang terletak di jl. Sultan iskandar muda No. 3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Untuk mencapai lokasi museum ini sangat gampang karena terletak di pusat kota banda aceh . Museum ini letaknya 400m dari masjid baiturrahman Aceh. Selain itu museum ini terletak di jalan raya provinsi Aceh sehingga mudah ditemukan. Anda juga dapat menjangkaunya dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Jika anda berkunjung ke Aceh, tak ada salahnya untuk mengunjungi museum ini bersama keluarga dan orang tercinta. Selain sebagai tempat wisata, museum ini juga dapat menjadi ajang edukasi bagi anda dan keluarga serta mengenang bencana tsunami agar terus berhati-hati. Anda akan mendapat hiburan dan pengetahuan sekaligus. Menarik bukan?