Wisata

Harga Tiket Masuk Lingkok Kuwieng Aceh

Advertisement

Harga Tiket Masuk Lingkok Kuwieng Aceh Terbaru 2019 – Aceh tidak pernah kehabisan tempat wisata. Mulai dari pantai, dasar laut, air terjun, dan wisata alam lainnya yang bisa dikunjungi termasuk Lingkok kuwieng. Terasa asing dengan namanya? Lingkok kuwieng merupakan wisata alam yang masih alami dan jarang dikunjungi masyarakat karena letaknya di dalam hutan. Belakangan ini wisata ini mulai popular dan mulai dikunjungi masyarakat untuk melihat lingkok kuwieng. Apa itu lingkok kuwieng?

Tiket Masuk Lingkok Kuwieng Aceh
Lingkok Kuwieng

Lingkok kuwieng mungkin masih cukup asing di telinga wisatawan yang pernah singgah di aceh. Warga sekitar wisata tersebut menyebut lingkok kuwieng dengan uruek meuh. Lingkok kuwieng adalah sungai yang diapit bebatuan seperti ngarai yang terbentuk secara alami dari kikisan air. Tekstur batu akibat tetesan air bertahun-tahun terlihat seperti lempengan batu yang dipotong-potong kemudian ditumpuk-tumpuk. Hal ini lah yang menjadi daya tarik pengunjung.

Wisata ini masih sangat alami dan terletak jauh ditengah hutan. hutannya masih liar dan rindang serta air dalam sungai yang berbentuk seperti kolam berwarna jernih kehijauan. Anda dapat berenang di sungai lingkok kuwieng, namun anda perlu berhati-hati agar tidak terseret arus yang cukup deras. Anda juga dapat menemukan air yang mengalir dari lempengan batu di tingkat atasnya yang mirip seperti air terjun.

Wisata lingkok kuwieng cocok untuk anda yang menyukai hal-hal menantang dan memacu adrenalin. Untuk mencapai lokasi, medan yang ditempuh cukup sulit, menanjak, berbatu, dan cukup panjang. Disarankan untuk benar-benar mempersiapkan diri dan tenaga jika ingin mengunjungi lingkok kuwieng karena perjalanannya berat dan melelahkan. Lokasi wisata ini juga belum menyediakan fasilitas yang lengkap seperti sulitnya fasilitas kamar mandi, mushala, dan lainnya.

Anda dapat mengunjungi lingkok kuwieng kapanpun dan jam berapapun yang anda mau. Pengunjung bebas mengunjungi lokasi wisata ini kapanpun, bahkan beberapa pengunjung memilih untuk bermalam dengan tenda di area lingkok kuwieng. Namun mungkin anda akan kesulitan jika camping disana keterbatasan fasilitas. Tapi alangkah baiknya berwisata di lingkok kuwieng tidak dilakukan saat petang karena tentu akan berbahaya.

Harga Tiket Masuk Lingkok Kuwieng

Biaya masuk lingkok kuwieng sebesar Rp5000 per orang. Jika anda menggunakan pemandu atau guide, anda harus membayar Rp150.000 untuk sekali perjalanan. sangat disarankan menggunakan jasa pemandu jika belum pernah ke lokasi lingkok kuwieng sebelumnya karena anda akan kesulitan jika berangkat kesana tanpa pemandu mengingat keadaan jalan dan rute yang berat dan sulit.

Lingkok Kuwieng terletak di Gampong Pulo Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. Anda mungkin akan kesulitan menuju lokasi lingkok kuwieng ini. Letak lingkok kuwieng masuk kedalam pedalaman hutan yang sulit dijangkau. Wisata ini juga termasuk wisata yang baru ditemukan warga dan belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah karena jangkauan menuju lokasi wisata cukup sulit.

Jika anda memulai perjalanan dari kota Sigli, anda akan menempuh jarak 12 km dan memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor. Anda sebaiknya menggunakan kendaraan gunung seperti motor trail atau mobil offroad agar tidak kesulitan melalui medannya yang berbatu dan terjal. Karena sebagian besar jalan yang akan ditempuh untuk menuju lokasi adalah jalanan berbatu besar yang mudah menggelinding dan tanjakan yang terjal.

Anda juga dapat memulai perjalanan dari jalan nasional Medan- Banda Aceh, tepatnya di pasar padang tiji. Anda dapat mengikuti jalan raya yang melewati koramil padang tiji. Selanjutnya anda hanya terus mengikuti jalan tersebut hingga menemukan jalan yang berbatu- batu besar. Mulai dari jalan berbatu itu, anda akan merasakan pengalaman adrenalin. Jalanan mulai berkelok dan sulit karena itu anda disarankan menggunkan kendaraan gunung.

Anda harus hati-hati karena lingkok kuwieng banyak terdiri dari batuan, sehingga licin dan anda bisa terpeleset jika anda tidak berhati-hati. Apalagi saat hujan, tentu akan sangat berbahaya. Selain itu anda harus mempersiapkan diri jika ingin menuju lokasi ini karena perjalanan menuju lokasi lingkok kuwieng cukup berat. Tetap berhati-hati agar liburan anda tetap aman dan menyenangkan.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker