Harga Tiket Masuk Pulau Gosong Aceh

Harga Tiket Masuk Pulau Gosong Aceh Terbaru 2019 – Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberi kewenangan otonomi khusus serta juga diberi status sebagai daerah istimewa. Aceh terletak di bagian paling barat Indonesia dan merupakan provinsi yang berada di ujung utara pulau Sumatera serta beribukota di Kota Banda Aceh.

Harga Tiket Masuk Pulau Gosong Aceh

Pulau Gosong

Salah satu wilayah Aceh yang menjadi kawasan wisata adalah jalur pesisir barat dan selatan Aceh. Gugusan bukit barisan Pulau Sumatera serta hamparan laut biru yang membentang mengapit jalur pesisir barat dan Selatan Aceh sehingga menjadikan kawasan ini sebagai kawasan wisata yang indah dan sejuk. Salah satu objek wisata kekinian yang ada di kawasan ini adalah Pulau Gosong.

Sebagai representasi dari keindahan pesisir laut Aceh Barat Daya yang diapit oleh panorama Bukit Barisan Pulau Sumatera, Pulau Gosong merupakan memiliki banyak keindahan yang sangat sayang jika Anda melewatkannya.

Pulau mungil yang terbentuk oleh tumpukan pasir yang terbawa arus dan tertimbun menempel di karang memiliki luas hanya sebesar lapangan bola saja. Meskipun begitu, pulau ini merupakan temat wisata yang cukup popular terutama di kalangan anak muda. Tidak heran jika pada akhir pecan atau musim liburan tidak sedikit kaum muda berlibur di pulai ini.

Sewaktu mencapai Pulau Gosong, Anda pasti akan langsung dibuat takjub oleh panoramanya. Saat berada di Pulau ini Anda dapat melihat dengan jelas pemandagan gradasi laut. Selain itu, perairan yang jernih di sekitar pulau ini menjadikan Anda dapat melihat dengan jelas terumbu karang yang tumbuh dengan cantik dan menawan.

Di pulau kecil ini juga menampilkan perpaduan yang menyejukkan antara hijaunya -pohon cemara dengan birunya lautan. Hamparan pasir pantai yang kecokelatan juga menambah keelokan panorama Pulau Gosong. Riak ombak yang berkilau terkena sinar matahari bak kristal memberikan kesan indah tersendiri ketika melihatnya. Pulau Gosong tidak ubahnya seperti pulau pribadi bagi Anda.

Setelah Anda mengetahui gambaran Pulau Gosong yang begitu indah, pasti Anda sudah tidak sabar untuk mengunjunginya, bukan? Oleh karena itu, sebelumnya Anda perlu tahu lokasi Pulau Gosong itu sendiri. Pulau Gosong terletak di antara Desa Ladang dan Desa Palak Karambil, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya.

Anda tidak perlu khawatir ketika Anda menempuh jalur darat karena jalan yang akan Anda lalui terbilang cukup lebar dengan kondisi mulus beraspal serta terbilang sepi. Tsunami yang pernah meluluh lantakkan Aceh mengubah banyak hal termasuk jalur transportasi. Meskipun begitu USAID kini telah membangun ulang jalanannya dan kini sudah lebih dari 1 dasawarsa lamanya.

Apabila Anda memulai perjalanan Anda dari ibukota Provonsi Aceh yaitu Banda Aceh, maka Anda memerukan waktu tujuh jam untuk perjalanan darat menyusuri pesisir barat dan selatan. Barulah setelah itu Anda dapat mencapai Dermaga Ujong Serangga. Baru setelah itu Anda harus menggunakan perahu untuk mencapai Pulau Gosong.

Sementara itu, jika Anda memulai perjalanan dari Ibukota Kabupaten, Blangpidie, untuk mencapai Pulau Gosong Anda hanya perlu melakukan perjalanan darat dalam waktu sekitar 15 menit sebelum akhirnya tiba di Dermaga Ujong Serangga. Dari dermaga Anda dapat menggunakan jasa nelayan setempat untuk mecapai pulau tersebut.

Harga Tiket Masuk Pulau Gosong

Perahu nelayan yang digunakan nelayan setemat memiliki kapasitas lima belas hingga dua puluh penumpang dengan tariff Rp 450.000,00 untuk pulang dan pergi. Untuk mencapai Pulau Gosong sendiri, dari dermaga memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk berlayar ke Pulau Gosong.

Ombak terbilang tenang sewaktu Anda memulai perjalanan dari pantai daratan pulau Sumatera hingga sebelum akhirnya mendekati tujuan Anda yaitu Pulau Gosong. Angin yang berhembus di sekitar Pulau Gosong terbilang cukup kencang sehingga ombak yang dihasilkan pun dapat mencapai 3 meter. Jadi, jangan heran jika Anda merasa perahu nelayan yang Anda tumpangi terasa seperti mau oleng.

Pastikan sebelum Anda kemari Anda telah membawa membawa bekal dan peralatan yang lengkap karena di sini tidak ada fasilitas apa-apa di sini. Meskipun begitu, Selain memberi perpaduan yang indah, rindangnya pohon cemara menjadikan tepian pantai pulau ini sebagai lokasi berpiknik yang nyaman. Bagi Anda yang gemar memancing, di Pulau ini terdapat banyak belalang yang bisa Anda tangkap untuk dijadikan umpan.

Jika Anda tiba di Pulau ini saat petang, Anda akan mendapati air laut surut dan Anda akan lebih jelas melihat karang-karang yang ada. Akan tetapi, jika Anda tiba di pulau ini pada pagi hari, Anda dapat dengan bebas melakukan snorkeling dan bermain bersama ikan hias seperti yang ada di film Finding Nemo. Jadi, Anda pasti tidak sabar bukan bertemu dengan Nemo dan kawan-kawannya?