Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Ora Seram Utara

Advertisement

Harga Tiket Masuk Pantai Ora Seram Utara Terbaru 2019 – Pantai menjadi destinasi wisata yang memiliki banyak penggemar. Indonesia pun memiliki banyak jajaran pantai yang tak ada habisnya untuk dijelajahi. Salah satu pantai yang bisa menjadi rekomendasi untuk dikunjungi adalah Pantai Ora. Pantai ini banyak disandingkan dengan World Paradise seperti Bora-bora maupun Maladewa. Berkat keeksotisan yang dimiliki, Pantai Ora berhasil menjadi magnet bagi banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri untuk berkunjung ke tempat ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Ora Seram Utara
Pantai Ora Seram Utara

Pantai Ora berada di Kabupaten Maluku tengah, tepatnya di daerah Seram Utara, Indonesia. Pantai ini memiliki banyak sekali daya tarik, seperti keindahan pantainya dan keragaman biota laut yang membuat para pencinta alam merasa kagum dan berkeinginan untuk menyelam (diving). Selain itu, di Pantai ora juga terdapat resort terapung. Resort ini menyediakan penginapan dengan latar pemandangan birunya lautan.

Pantai Ora berada di lokasi yang sangat strategis, yaitu berada di antara Desa Sawai dan Desa Saleman. Kedua desa ini juga tidak kalah terkenal, karena kedua desa ini mendapat julukan sebagai desa atau negeri adat yang kebudayaannya masih kental terasa.

Harga Tiket Masuk Pantai Ora

Ada berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di Pantai Ora, seperti snorkeling, menikmati mata air Belanda, dan berkunjung ke Desa Sawai. Menjelajahi Pantai Ora bisa menggunakan kapal motor yang disewakan dengan harga yang berkisar antara Rp 300.000-Rp 500.000 tergantung dengan jarak tempuh dan jumlah penumpang. Biasanya, satu kapal boat kecil bisa mengangkut 6-7 orang.

Anda juga bisa melakukan camping di Pantai Ora. Banyak wisatawan memilih untuk mendirikan tenda di pinggir pantai ini. Selain untuk menghemat biaya, camping juga bisa memberikan sensasi berbeda dengan ditemani semilir angin pantai dan suara deburan ombak..

Pantai Ora tidak memiliki tarif tiket masuk. Pasalnya untuk melangkahkan kaki di Pantai Ora memang gratis. Namun akses menuju Pantai Ora memanglah tidak mudah karena panjangnya perjalanan yang harus ditempuh. Biaya yang perlu Anda siapkan untuk akomodasi menuju Pantai Ora juga bisa dikatakan tidak sedikit, apalagi kalau Anda berasal dari luar pulau.

Jika berangkat dari Jakarta, Anda harus menuju Ambon terlebih dahulu, yang mana biaya pulang perginya bisa mencapai Rp 5.000.000 dengan penerbangan selama 3,5 jam. Sampai di Kota Ambon, Anda akan diarahkan untuk ke Pelabuhan Hulnara, Tuleho atau sering dikenal Pelabuhan Tuleho.

Dari pelabuhan tersebut Anda akan diangkut menggunakan kapal feri yang memiliki kapasitas 350 kursi untuk menuju Pelabuhan Amahai yang ada di Pulau Seram. Kapal tersebut beroperasi sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu dengan rute Tuleho-Amahai yang beroperasi pukul 09.00 dan 16.00 pada Hari Senin-Sabtu, sedangkan pada hari Minggu hanya beroperasi sekali pukul 11.00.

Rute kembali dari pelabuhan Amahai-Tuleho beroperasi pukul 08.00 dan 14.00 di hari Senin-Sabtu, sedangkan hari Minggu hanya pada pukul 15.00. Harga untuk tiket feri berbeda-beda tergantung kelas yang dipilih. Untuk kelas VIP, dibanderol seharga Rp 260.000, sementara kelas ekonomi seharga Rp 125.000 untuk sekali jalan.

Setelah dari Pelabuhan Amahai, Anda harus menuju ke Pelabuhan Desa Saleman yang menghubungkan dengan pantai Ora. Memang belum ada transportasi umum yang disediakan di sana. Namun Anda bisa menyewa kendaraan yang memerlukan biaya sekitar Rp 800.000. Perjalanan 2,5 jam dari pelabuhan Amahai hingga Desa Saleman, membawa Anda menyusuri wilayah Kota Masohi dan Teon, wilayah Nila dan Serua (TNS), sambil melewati jalur pegunungan yang mempesona.

Saat sampai di Desa Saleman, Anda akan berganti transportasi. Dengan menaiki perahu seharga Rp100.000 selama 15 menit, barulah para wisatawan sampai di Pantai Ora. Perjalanan yang melelahkan rasanya akan terbayar dengan panorama alam yang disajikan Pantai Ora.

Bagaimana, menarik bukan? Anda berminat untuk mengunjungi Pantai Ora? Ada baiknya persiapkan diri Anda dengan sebaik mungkin, mulai dari jasmani hingga budget yang cukup merogoh kantong. Opsi lain untuk lebih menghemat biaya, Anda bisa melakukan perjalanan ke Pantai Ora dengan melakukan sharing cost bersama sobat backpacker lainnya. Semua pengorbanan Anda akan terbayarkan sesampainya di Pantai Ora.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker