Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan

Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan Terbaru 2019 – Sumatera Utara terkenal akan tempat berkumpulnya banyak sekali budaya dan adat. Mulai dari budaya batak yang beragam, hingga budaya yang dibawa oleh pendatang di Sumatera Utara seperti Arab dan Tiongkok. Jika Anda tertarik untuk wisata budaya di Sumatera Utara, Anda wajib mengunjungi rumah Tjong A Fie. Rumah Tjong A Fie merupakan ikon yang terkenal di Sumatera Utara. Anda akan disuguhkan budaya china di Sumatera Utara.

Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie Medan

Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie merupakan salah satu pengusaha kaya yang merantau dari china menuju Labuan deli. Beliau merupakan salah satu orang tionghoa yang berpengaruh pada zaman penjajahan belanda dan dekat dengan pemerintah belanda maupun pihak kesultanan deli. Beliau juga terkenal akan kebijaksanaan dan kedermawanannya sehingga mendapat gelar Majoor der Chineezen pada saat itu. Beliau berperan penting bagi perkembangan komunitas tionghoa di Medan.

Harga Tiket Masuk Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie memiliki banyak bisnis di bidang real estate, bank, pertambangan, dan hasil bumi seperti kelapa, teh, tembakau, karet dan minyak kelapa. Mendiang merupakan sosok dermawan dan membantu banyak pembangunan fasilitas publik seperti pembangunan gereja gang bengkok, kuil Budha, masjid serta rumah sakit tionghoa bernama Tjie On Jie Jan.

Kediaman Tjong A Fie kemudian menjadi lokasi budaya dan museum yang dibuka untuk umum mulai tanggal 18 Juni 2009 untuk mengenang jasa beliau. Rumah Tjong A Fie selesai dibangun tahun 1900, 35 ruangan, memiliki luas sebesar 6000 m2 dan bertingkat dua. Gaya arsitekturnya dipengaruhi oleh arsitektur china, Malaysia dan art deco dengan mempertimbangkan feng shui. Rumah Tjong A Fie dahulu dibangun sebagai hadiah untuk istrinya.

Bangunan ini bebas dikunjungi oleh wisatawan, baik lantai bawah dan atas, namun bagian sayap kanan dan kiri digunakan sebagai tempat tinggal keluarga dari Tjong A Fie yang tidak dibuka untuk masyarakat umum untuk dikunjungi. Secara umum bangunan terdiri lantai bawah, lantai atas, dan taman di bagian depan.

Di lantai pertama terdapat ruang tamu, ruang keluarga, ruang sembahyang, kamar tidur Tjong A Fie, ruang makan dan dapur. Di kamar tidur Tjong A Fie, Anda dapat melihat barang-barang antik pada jaman dahulu yang digunakan oleh Tjong A Fie seperti tempat tidur ukiran mahoni, pakaian dari sutra, dan beberapa barang antik.

Dapurnya juga masih menyimpang perkakas-perkakas dapur pada jaman dahulu lengkap dengan keramik dan guci china. Tempat memasaknya masih menggunakan tungku yang dilapisi keramik. Di ruang makan, Anda akan menemukan meja panjang tempat seluruh anggota keluarga makan dan yang terbuat dari keramik-keramik dengan corak khas tiongkok. Selanjutnya, jika Anda menuju ke lantai dua, Anda akan menaiki tangga kayu dengan ukiran china.

Di lantai dua, ada kamar tidur, ruang keluarga, aula yang besar, dan ruang tamu. Aula didesain dengan mewah lengkap dengan hiasan lampu antik, ornament langit-langit dengan banyak jendela di setiap sisinya. Anda juga akan menemukan banyak sekali hiasan rumah dari ukiran kayu khas china, keramik china, patung-patung, lukisan china, ornamen china dan barang antik lainnya di rumah ini.

Ruang sembahyang masih digunakan keluarga dari Tjong A Fie untuk beribadah dan mengenang leluhur pada hari-hari tertentu. Anda bebas berfoto dan mengabadikan momen dalam rumah Tjong A Fie, namun khusus ruang Sembayang tidak boleh difoto. Di rumah ini Anda akan menemukan banyak foto keluarga dari Tjong A Fie dan sejarah singkat keluarga Tjong A Fie.

Rumah Tjong A Fie buka jam 09.00 hingga jam 17.00 setiap hari. Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp 35.000 untuk dewasa dan Rp20.000 untuk pelajar. Rumah Tjong A Fie berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.105, Kesawan, Medan Bar, Kota Medan. Untuk menuju rumah Tjong A Fie, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menggunakan angkot rute nomor 23, 24, atau 26 tujuan kesana. Lokasi wisata ini mudah ditemukan karena berada di tengah kota. Lokasinya sekitar 500 meter dekat dengan restoran tiptop.