Harga Tiket Masuk Danau Siombak Medan

Harga Tiket Masuk Danau Siombak Medan Terbaru 2019 – Di Indonesia telah banyak berkembang danau yang dijadikan objek wisata, baik itu danau alami maupun danau buatan. Salah satunya yaitu wisata di Danau Siombak yang berada di Sumatra utara, tepatnya di Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Kota Medan. Danau Siombak termasuk danau buatan yang memiliki luas kurang lebih 40 hektare, dengan diameter kira-kira 1.000 meter, serta kedalaman sekitar 12 meter.

Danau Siombak

Letak Danau Siombak diapit oleh dua sungai, yaitu Sungai Terjun dan Sungai Deli. Danau Siombak memiliki warna yang jernih namun sedikit kehijauan, yang diakibatkan karena di dasar danau terdapat tumbuhan semacam ganggang dan lumut. Meski begitu, danau ini airnya tidak berbau.

Danau Siombak berhasil menarik perhatian wisatawan, khususnya bagi wisatawan asal Medan. Namun wisatawan asing memang belum banyak yang mengetahui dan berkunjung ke tempat ini. Ada banyak fasilitas yang ditawarkan di lokasi wisata ini, seperti memancing dan berbagai fasilitas untuk anak-anak.

Untuk kegiatan memancing, Anda bisa bersantai sambil memancing sepuasnya di danau ini. Tidak hanya itu, ikan hasil tangkapan Anda bisa langsung dinikmati dengan digoreng ataupun dibakar. Selain itu, di Danau Siombak juga tersedia berbagai fasilitas untuk anak-anak. Oleh sebab itu, tempat ini sangat cocok sebagai pilihan wisata keluarga karena bisa memanjakan Anda dan anak-anak. Fasilitas bagi anak yang ada di tempat ini meliputi mandi bola, kolam mini, bermain sampan untuk mengelilingi danau, dan masih banyak lagi.

Di sekitar Danau Siombak juga berjajar banyak penjual yang menjajakan oleh-oleh khas Medan. Bahkan banyak dari penjual tersebut menawarkan berbagai aksesoris seperti kalung, gelang, anting, baju, dan sebagainya yang harganya tentu bisa ditawar.

Danau Siombak memang tidak memiliki kisah historis yang spesial. Tidak seperti Danau Toba yang memiliki kisah legenda fenomenal atau bahkan seperti Danau Linting yang memiliki berjuta kisah misterius. Kisah yang dimiliki oleh Danau Siombak hanya kisah yang tersebar dari mulut ke mulut.

Dikatakan bahwa Danau Siombak adalah danau buatan yang menjadi bekas galian tanah timbun untuk pengerjaan proyek dibangunnya jalan tol yang menghubungkan Belawan-Medan-Tanjung Morawa. Pembangunan tersebut diperkirakan berlangsung pada tahun 1980an.

Harga Tiket Masuk Danau Siombak

Danau Siombak dibuka untuk wisatawan setiap hari mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 18.00. Destinasi ini akan lebih ramai pengunjung di waktu liburan. Anda bisa menikmati keindahan Danau Siombak ini hanya dengan membayar Rp 2.000-Rp 5.000 untuk tiket masuk dan Rp 2.000 untuk biaya parkir.

Jika Anda ingin menikmati suasana keliling danau dengan perahu atau sampan, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 150.000 untuk satu orang. Bahkan di Danau Siombak juga ada penyewaan speedboat yang memiliki tarif Rp 35.000 untuk satu orangnya. Namun jika Anda ingin menyewa pondok, biaya yang perlu dikeluarkan adalah sekitar Rp 10.000 sampai Rp 20.000.

Rute menuju Danau Siombak tidaklah terlalu sulit. Anda hanya perlu mengikuti jalan besar Marelan Raya, lalu lurus terus melalui Gapura Museum Kota Cina. Kemudian tidak terlalu jauh dari sana, Anda akan menemui Gapura Selamat Datang di Danau Siombak. Saat Anda sudah tiba di Gapura Siombak, berhati-hatilah karena ada persimpangan jalan yang sedikit membingungkan dan mudah membuat tersesat.

Terdapat dua jalan bercabang, satu di bawah dan satu di atas. Jalan yang ada di bawah adalah “Jalan Pasar Nippon”, yaitu dari gapura kearah kanan. Sedangkan, jalan yang ada di atas adalah “Jalan Danau Siombak”, yaitu dari gapura ke arah kiri,

Tapi jangan salah sangka, meski diberi nama “Jalan Danau Siombak” namun ternyata jalan ini menggiring Anda ke Museum Kota Cina. Sedangkan untuk bisa sampai ke Danau Siombak, Anda bisa melalui “Jalan Pasar Nippon” hingga sampai ke ujung. Jadi antara Gapura Museum Kota Cina dan Gapura Danau Siombak memanglah saling bertautan. Masuk melalui Gapura Kota Cina akan keluar lewat Gapura danau Siombak. Demikian juga sebaliknya.

Danau Siombak menjadi salah satu destinasi wisata di Sumatra Utara yang murah meriah. Tanpa merogoh banyak biaya Anda bisa menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.