Harga Tiket Masuk Danau Toba Medan

Harga Tiket Masuk Danau Toba Medan Terbaru 2019 – Harga Tiket Masuk Danau Toba Medan Terbaru 2019 – Kota Medan yang merupakan salah satu kota besar di Indonesia memiliki banyak potensi pariwisata yang memukau. Dari sekian banyak potensi pariwisata tersebut, Danau Toba bisa dikatakan menjadi yang paling fenomenal.

Danau Toba

Danau Toba termasuk kategori danau yang terbentuk secara alami yang berasal dari letusan Gunung Toba. Sejauh ini, Gunung Toba telah meletus sebanyak 3 kali. Letusan pertama terjadi 800 ribu tahun yang lalu. Dari letusan tersebut terbentuk kaldera di bagian selatan yakni di wilayah Prapat dan Porsea. Letusan kedua terjadi 500 ribu tahun lalu. Intesitas letusannya memang kecil, namun mampu membentuk kaldera di Haranggol dan Sisilalahi.

Letusan yang terakhir terjadi pada 74 ribu tahun lalu yang lalu. Sekitar 60 persen makhluk di bumi dikatakan menjadi korban dari letusan ini. Dari letusan inilah juga terbentuk Danau Toba yang ditengahnya terdapat Pulau Samosir. Keberadaan Gunung Toba mengitari Danau Toba dan Pulau Samosir.

Danau Toba menjadi danau air tawar terbesar se Asia Tenggara dan danau vulkanik terbesar di dunia. Bahkan luas Danau Toba 2 kali lebih luas dibandingkan Negara Singapura. Danau ini memiliki kedalaman 505 meter, lebar 30 kilometer, dan panjang 100 kilometer. Danau Toba terletak di 7 kabupaten yang berbeda, yakni: Kabupaten Karo dan Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Tapanuli Utara, Dairi, Simalungun, Samosir, dan Kabupaten Tobasa (Toba Samosir).

Berwisata ke Danau Toba, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah dan suasana yang tenang. Membuat pikiran para pengunjung menjadi lebih rileks dan tentram. Selain itu, udara di kawasan wisata Danau Toba juga sangat sejuk karena alamnya yang masih asri dan tidak banyak bingar-bingar kendaraan.

Di kawasan wisata Danau Toba, ada banyak objek yang bisa Anda kunjungi. Pulau Samosir menjadi pilihan yang paling diminati. Untuk mampir ke Pulau Samosir, Anda bisa menaiki kapal yang telah banyak tersedia di Pelabuhan Ajibata atau Tiga Ras.

Jika Anda memilih untuk menggunakan kapal dari Pelabuhan Ajibata, Anda akan bertemu banyak penduduk lokal yang membawa barang kebutuhan pokok dan jarang singgah ke Batu Gantung. Namun jika memilih untuk menaiki kapal di Tiga Ras, wisatawan akan diajak untuk sejenak menyaksikan Legenda Batu Gantung.

Sampai di Pulau Samosir besar, Anda bisa melihat rumah-rumah adat Batak Toba. Di tempat ini juga berkembang banyak kisah mistis, seperti kuburan yang dikeramatkan oleh masyarakat. Kehidupan tradisional di desa ini juga masih sangat terjaga, sehingga Anda bisa menyakasikan kehidupan khas masyarakat di sana.

Harga Tiket Masuk Danau Toba

Kawasan wisata Danau Toba beroperasi selama 24 jam. Harga tiket masuknya pun sangat murah, hanya berkisar Rp 5.000 saja. Rute menuju kawasan wisata Danau Toba bisa dimulai dari Kota Medan, kemudian menuju ke Bandara Silangit. Anda bisa melanjutkan dengan menaiki kereta api bandara untuk ke Stasiun Medan. Anda bisa juga memilih untuk menggunakan transportasi lain, melewati Terminal Medan dan Terminal Parapat.

Selain Samosir, Anda wajib mengunjungi Desa Tomok. Ketika berada di wilayah Tomok, wisatawan dapat melihat beraneka macam kerajinan khas Batak, seperti syal hasil tenun tangan. Di Desa Tomok tepatnya di daerah Balige, Anda dapat berkunjung ke Museum Batak yang menyuguhkan berbagai koleksi kebudayaan Batak sambil mencoba memakai pakaian adat khas Batak.

Di Desa Tomok, Anda juga bisa mengunjungi makam Raja Sidabutar sekaligus mendengar perjalanan hidupnya. Selain itu, para wisatawan yang datang ke desa ini akan diajak untuk menari bersama-sama dengan Patung Si Gale-gale.

Desa lain yang menjadi objek wisata adalah Desa Ambarita. Desa ini dulunya dikenal sebagai desa kanibal karena di sana terdapat kampung kanibal Huta Siallagan. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya batu dan peninggalan lain yang menggambarkan sejarah praktik kanibalisme di tempat ini.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian bisa singgah di menara pandang yang ada di daerah Tele. Menara pandang Tele ini menjadi salah satu spot yang populer, karena wisatawan bisa mengambil foto dengan latar Danau Toba secara lebih luas.

Ayo segera kunjungi Danau Toba. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk bekunjung ke danau fenomenal ini.