Wisata

Harga Tiket Masuk Pulau Jemur Riau Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Pulau jemur Riau terbaru 2019 – Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa Indonesia memiliki beribu-ribu pulau. Pulau Jemur merupakan nama salah satu pulau Indonesia yang berlokasi di Selat Malaka, berdekatan dengan Negara Malaysia. Pulau ini masuk dalam Kecamatan Limau Kapas, yaitu di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau. Pulau Jemur adalah pulau yang terluas dibanding pulau lain yang termasuk jajaran Kepulauan Arwah (Gugusan Sembilan Pulau), seperti Labuhan Bilik, Tokong Simbang, dan Tokong Emas.

Pulau jemur

Sekitar tahun 2009 lalu, Pulau Jemur pernah menjadi objek sentimen antara Negara Indonesia dan Malaysia. Indonesia melaporkan Malaysia yang dianggap ingin mengelola Pulau Jemur sebagai objek wisata di Malaysia. Namun permasalahan tersebut telah selesai, dimana Pulau Jemur menjadi milik Indonesia dan Malaysia memiliki Pulau Jemur.

Nama Pulau Jemur kerap dikaitkan dengan sebuah istilah berbahasa Hokkian “Pak-ku” yang mengandung makna penyu dari utara. Hingga saat ini, istilah tersebut masih sangat melekat bagi para nelayan di pesisir Riau.

Luas Pulau Jemur adalah 250 hektare. Jaraknya dari Bagan siapiapi sekitar 72,4 km. Sedangkan dari Pelabuhan Klang Malaysia, letak pulau ini berjarak sekitar 64,3 km. Letak Pulau Jemur yang berbatasan dengan Provinsi Sumatera, membuat pulau ini cukup strategis untuk dikunjungi dan menjadi destinasi wisata.

Pulau Jemur memang tidak dihuni, melainkan hanya digunakan sebagai tempat persinggahan para nelayan yang melaut dan sebagai pos navigasi atau pengamanan dari angkatan TNI AL. Pulau Jemur memiliki panorama alam yang sangat memukau dan mampu mengikat minat para wisatawan. Pulau ini memiliki pantai dengan pasirnya yang berwarna putih.

Terlebih lagi, pulau ini merupakan habitat bagi berkembangnya penyu hijau. Oleh sebab itu, kawasan Pulau Jemur dijadikan sebagai kawasan konservasi bagi penyu. Pada saat musim kawin, penyu-penyu yang siap bertelur akan naik ke pantai. Dalam satu kali masa bertelur, satu ekor penyu mampu bertelur sebanyak 100 hingga 150 ekor.

Potensi tersebut sekaligus menjadi magnet pariwisata, dimana para wisatawan yang datang dapat melihat penyu bertelur dan ikut serta untuk melepaskan tukik ke alam bebas. Selain itu, perairan di sekitar pulau jemur juga memiliki potensi perikanan yang luar biasa. Bahkan, sekitaran daerah ini dikenal sebagai wilayah penghasil ikan yang cukup mumpuni.

Ada beberapa objek wisata menarik lainnya yang ada di Pulau Jemur, antara lain: pantai berpasir kuning emas, taman laut, batu panglima layar, peninggalan bekas pertahanan Jepang, Goa Jepang, perigi tulang, bekas tapak kaki manusia, dan mercusuar (menara suar).

Dengan berwisata ke Pulau Jemur, Anda bisa mencoba adrenalin berselancar. Di samping itu wisatawan yang ingin menikmati kesegaran air laut dan keindahan biota luat di Pulau Jemur bisa melakukan snorkeling, bermain dayung, menyelam, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket Masuk Pulau Jemur

Pulau Jemur dapat diakses kapan saja, selama 24 jam. Bahkan tidak ada biaya tiket masuk yang diberlakukan di sini, alias gratis. Biaya yang perlu dikeluarkan hanya digunakan untuk akomodasi saja, seperti biaya transportasi kapal yang mengantar para wisatawan dari Pelabuhan Bagansiapiapi ke Pulau Jemur. Biaya untuk transportasi pulang pergi yang harus Anda keluarkan adalah sekitar Rp 350.000.

Jika akan melakukan perjalanan ke Pulau Jemur, Anda bisa berangkat dari Pekanbaru ke Bagansiapiapi dengan waktu tempuh sekitar 6 sampai 7 jam perjalanan. Kemudian menuju ke Pelabuhan Bagansiapiapi. Perjalanan dari pelabuhan tersebut akan memakan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Pulau Jemur.

Biasanya akan tersedia 2 kapal feri dengan muatan 68 orang yang bisa digunakan untuk mobilisasi menuju pulau tersebut. Namun ketika sampai di lokasi, pasti segala kepenatan dan kelelahan akan hilang oleh indahnya lukisan Tuhan di pulau ini.

Agar wisata Anda lebih menyenangkan, ada baiknya untuk membawa bekal makanan dan minuman untuk bisa disantap di Pulau Jemur. Tak lupa bawalah juga peralatan kesehatan untuk berjaga-jaga. Perjalanan untuk bisa sampai ke Pulau Jemur memanglah cukup panjang dan mungkin melelahkan. Selama berada di pulau ini jagalah kebersihan dan kelestarian pulau ini dengan tidak merusak alamnya dan membuang sampah pada tempatnya.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker