Wisata

Harga Tiket Masuk Candi Muara Takus Riau Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Candi Muara Takus Riau Terbaru 2019 – Candi Muara Takus adalah salah satu situs peninggalan agama Budha yang ada di Indonesia. Letaknya ada di Kabupaten Kampar, Riau atau tepatnya di Desa Muara Takus, Kecamatan XIII Koto. Keberadaan Candi Muara Takus juga merupakan candi tertua dan terbesar yang ada di Sumatera.

Candi Muara Takus

Kapan tepatnya Candi Muara Takus dibangun masih menjadi perdebatan bagi beberapa kalangan. Ada yang beranggapan bahwa candi ini dibangun pada abad ke-4. Beberapa pihak lain memperkirakan candi ini dibangun abad ke-7, atau abad ke-9. Bahkan ada juga yang mengatakan abad ke-11. Terlepas dari hal tersebut, banyak sejarawan setuju bahwa Candi Muara Takus dibangun pada masa keemasan Kerajaan Sriwijaya dan dijadikan pusat pemerintahan Kerajaan Sriwijaya.

Jika mayoritas bangunan candi di Jawa tersusun dari batu andesit yang berasal dari pegunungan, maka berbeda halnya dengan Candi Muara Takus. Candi Muara Takus dibangun dari batu sungai, batu pasir, dan batu bata.

Di dalam kawasan Candi Muara Takus terdiri dari beberapa bangunan candi, meliputi: Candi Sulung (Tua), Candi Bungsu, Candi Palangka, dan Candi Mahligai Stupa. Selain bangunan-bangunan tersebut, dikawasan Candi Muara Takus juga dapat Anda temui gundukan yang diperkirakan digunakan sebagai tempat membakar tulang manusia.

Sedangkan yang menjadi bagian utama dari bangunan Candi Muara Takus adalah stupa besar yang berbentuk seperti menara. Stupa tersebut tersusun dari batu bata dan batu pasir kuning.

Candi Muara Takus terbilang memiliki arsitektur unik yang tidak ditemukan pada candi-candi lain di Indonesia. Pasalnya, bentuk bangunan candinya memiliki tipe yang hampir sama dengan beberapa stupa candi yang ada di Vietnam, Myanmar, dan India pada masa kepemimpinan Ashoka. Kesamaan tersebut terletak pada adanya ornamen roda dan kepala singa dibagian stupanya. Patung singa melambangkan aspek baik untuk mengalahkan kejahatan atau keburukan.

Pada Candi Muara Takus, ornamen singa dapat dijumpai di bagian Candi Sulung dan Candi Mahligai. Di Candi Sulung, ornamen singa berada di bagian depan candi, yaitu di tangga masuk. Sedangkan untuk candi Mahligai, ornamen singa berada di keempat sudut pondasi. Penempatan arca-arca singa tersebut bertujuan untuk menjaga candi dari segala pengaruh jahat.

Seluruh situs candi ini dikelilingi dengan tembok yang berukuran 74×74 m dan tinggi sekitar 80 cm. Tembok tersebut tersusun dari batu putih. Kemudian pada bagian luar kawasan Candi Muara Takus dikelilingi oleh tembok yang terbuat dari tanah. Tembok tersebut berukuran 1,5×1,5 km hingga ke tepian Sungai Kampar Kanan.

Di sekitar kawasan Candi Muara Takus banyak ditumbuhi pepohonan. Hal ini tentunya menambah keindahan alam sekitar yang sedap dipandang mata. Semilir angin dari udara sekitar juga terasa sejuk dan nyaman.

Tidak jauh dari Candi Muara Takus ada sebuah danau. Setelah selesai berkeliling di Candi Muara Takus, Anda bisa langsung mampir sejenak ke danau ini untuk bersantai menikmati panorama alam sekitar. Tidak lupa jika berada di kawasan wisata ini, cobalah berbagai wisata kuliner yang ada. Pastinya menu yang disajikan adalah menu-menu khas daerah setempat.

Harga Tiket Masuk Candi Muara Tikus

Kawasan wisata Candi Muara Takus dibuka mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 18.00. Pengunjung yang ingin memasuki kawasan candi ini, hanya dipungut biaya sebesar Rp 5.000 sebagai tiket masuk.

Perjalanan menuju Candi Muara Takus hanya dapat ditempuh dengan jalur darat saja. Bus menjadi salah satu transportasi darat yang banyak dipilih untuk mengunjungi tempat ini. Rute ke Candi Muara Takus dapat dilewati dari Kota Padang, Sumatera Barat. Lalu menuju ke Pekanbaru, Riau.

Kemudian perjalan berlanjut melewati Jalan Lintas Timur menuju Jalan SM. Amin. Lalu ke Jalan Raya Pekanbaru sampai melewati Jalan Bangkinang Pekanbaru. Setelah itu melalui Jalan Prof. Moh Yamin menuju ke Jalan Lintas Pekanbaru dan sampailah Anda di Candi Muara Takus.

Jika Anda sedang berada di Riau, jangan lewatkan untuk mampir ke Candi Muara Takus. Dan tentunya tetap jagalah kelestarian lingkungan sekitarnya agar keberadaan candi tidak rusak dan kotor. Selamat berpetualang…

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker