Wisata

Harga Tiket Masuk Danau Cermin Lamaru Balikpapan Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Danau Cermin Lamaru Balikpapan Terbaru – Danau Cermin merupakan sebutan populer yang disematkan pada Danau Rawamangun yang terletak di Balikpapan Timur tepatnya di Jalan Rawamangun RT 20 Kelurahan Lamaru. Selain itu, bagi beberapa orang danau ini juga disebut sebagai “Danau Belakang Lapangan Tembak” karena lokasinya yang berada di belakang lapangan yang sering digunakan oleh para atlet dan TNI-Polri untuk latihan menembak.

Danau Cermin Lamaru

Bukan tanpa alasan Danau Rawamangun diberi julukan Danau Cermin. Pasalnya air di danau ini memang sangat jernih meskipun berwarna hijau. Bahkan saking jernihnya, permukaan air danau dapat dengan jelas memantulkan pepohonan yang ada di sekitarnya. Terlebih jika terkena teriknya sinar matahari, maka akan menambah kesan kejernihan air dan pemandangan yang dipantulkannya.

Berdasarkan cerita yang beredar, sebenarnya Danau Cermin ini terbentuk secara tidak sengaja. Bermula dari adanya suatu proyek pengerjaan di lapangan tembak pada tahun 2009-2010 lalu. Bekas galian tanah proyek berubah menjadi cekung. Kemudian lama-kelamaan terisi air yang berasal dari mata air bawah tanah hingga pada akhirnya membentuk danau yang memiliki kedalaman sekitar 10 meter seperti saat ini.

Meski Danau Cermin terbentuk secara tidak sengaja, keberadaan danau ini membawa manfaat tersendiri bagi masyarakat sekitar terutama ketika kemarau panjang melanda. Namun, berdasarkan beberapa informasi, air danau ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi akibat kandungan batu bara dan tanah liat. Oleh sebab itu, air dari danau cermin tidak baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Keberadaan Danau Cermin tidak terlepas dari berbagai mitos yang berkembang. Mitos pertama yang menyelimuti danau ini adalah adanya ular raksasa sebagai penunggu danau. Mitos ini semakin berkembang saat ada tragedi hilangnya seorang anak laki-laki di lokasi ini pada tahun 2014. Anak tersebut ditemukan dalam keadaan aneh karena tidak seperti orang yang hilang karena tenggelam.

Mitos lain yang beredar adalah adanya larangan untuk anak laki-laki mengunjungi Danau Cermin sendirian. Beredar kisah bahwa selain ada ular raksasa, di sana juga ada makhluk astral lain yang kehilangan anak laki-lakinya ketika masa pengerjaan proyek di lapangan tembak dahulu. Oleh sebab itu, makhluk astral tersebut kemudian ingin membalas dendam dan mengincar setiap anak laki-laki untuk menggantikan anaknya yang pernah hilang.

Terlepas dari segala kisah mitos yang ada, keindahan yang disuguhkan Danau Cermin atau Danau Rawamangun ini tetap mempesona. Kejernihan air dan setiap pemandangan yang dipantulkan oleh Danau Cermin akan memanjakan mata dan menyegarkan pikiran para pengunjung. Tapi jangan lupa agar setiap pengunjung Danau Cermin untuk tetap waspada dan berhati-hati agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Lokasi ini sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan, khususnya masyarakat yang berasal dari Balikpapan. Wisatawan didominasi oleh para remaja dan orang dewasa yang ingin berfoto dengan latar kejernihan Danau Cermin.

Sebenarnya dengan berfoto di pinggir Danau Cermin sudah cukup indah. Akan tetapi ada spot foto tertentu yang bisa membuat jepretan foto Anda menjadi semakin apik. Maka cobalah mendaki sedikit ke bukit yang letaknya di samping danau.

Harga Tiket Masuk Danau Cermin Lamaru

Danau Cermin beroperasi setiap hari selama 24 jam. Untuk menikmati keindahan danau ini Anda tidak dipungut biaya tiket masuk. Anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Jarak tempuh Danau Cermin dari pusat Kota Balikpapan sekitar 26 kilometer. Dibutuhkan waktu kira-kira 45 menit perjalanan jika ditempuh dengan kendaraan.

Tidak sulit untuk mencapai danau ini. Anda juga bisa menggunakan angkot nomor lambung 7 yang memang memiliki rute ke Danau Cermin. Kemudian Anda bisa turun di SMK Adzkiya maupun di dekat Pondok Pesantren Gema Rahmatullah. Dari lokasi tersebut Anda tinggal berjalan kaki sedikit dan sampailah di Danau Cermin.

Sayangnya, pengelolaan Danau Cermin ini belum maksimal. Masih banyak kekurangan di bagian infrastruktur dan fasilitasnya. Namun keindahan tempatnya tidak perlu diragukan lagi. Akan lebih baik jika berkunjung ke sini, Anda menyiapkan air minum dan makanan ringan sebagai bekal. Di samping itu jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan Danau Cermin agar tetap terjaga keasriannya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker