Wisata

Harga Tiket Masuk Danau Lau Kawar Medan Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Danau Lau Kawar Medan Terbaru – Danau Lau Kawar, bagi sebagian besar orang mungkin masih asing mendengar nama danau ini. Danau ini masih masuk dalam Kawasan Ekosistem Leuser (KEL). Lokasi Danau Lau Kawar adalah di Desa Kutuagung, Kabupaten Karo, Medan. Letaknya yang persis berada di kaki Gunung Sinabung, menjadikan kawasan Lau Kawar sebagai pintu masuk untuk mendaki ke Gunung Sinabung.

Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar memiliki luas sebesar 200 hektare. Luas ini hanya 1/6 nya saja bila dibandingkan Danau Toba yang merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Meski begitu, pesona alam Danau Lau Kawar juga tidak bisa diremehkan. Sejak dalam perjalanan menuju danau ini, Anda sudah disuguhkan pemandangan khas pedesaan, seperti kebun sayur milik warga, kebun buah-buahan, serta berbagai hewan ternak dan kendaraan tradisional yang berlalu lalang.

Ketika sampai di pintu masuk Lau Kawar, di sebelah kanan danau ada Bukit Lancuk atau disebut juga Deleng Lancuk. Bukit Lancuk ditumbuhi oleh tanaman anggrek hutan yang cukup banyak, sehingga pemandangan terlihat sangat asri. Bukit ini sering digunakan wisatawan untuk tracking.

Sementara itu, di sebelah kiri dari Danau Lau Kawar ada camping ground yang sangat luas, yakni sekitar 3 hektare. Tempat ini banyak digunakan para pendaki sebelum memulai pendakiannya ke Gunung Sinabung. Sebagian besar pendaki yang datang ke sini adalah komunitas-komunitas pecinta alam.

Pada hari-hari libur seperti Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya, lokasi camping ground akan dipenuhi oleh tenda-tenda yang berdiri. Apalagi biaya kontribusi sewa tenda ini terbilang sangat murah, yaitu sekitar Rp 2.500 untuk satu tenda.

Selama berada di Danau Lau Kawar, wisatawan bisa menikmati suasana sambil bersantai di pendopo yang terletak di pinggir danau. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa berenang maupun memancing ikan-ikan. Bagi wisatawan yang ingin menyusuri Danau Lau Kawar, di sana telah disediakan beberapa perahu kecil yang siap mengantarkan Anda.

Keberadaan Danau Lau Kawar ternyata diikuti dengan beberapa kisah legenda. Ada mitos yang mengisahkan bahwa, dulunya ada dua orang saudara yang selalu bertengkar. Hal ini membuat sang ibunda menjadi sedih hingga menangis. Air mata yang turun tersebut lama-kelamaan menumpuk menjadi sebuah danau.

Kisah lain yang berkembang, yaitu dahulu kalau ada seorang bocah bernama Kawar. Ia diminta mengantarkan bekal untuk Sang Nenek yang sedang bekerja di sawah. Namun saat di tengah jalan, bekal tersebut malah dimakan sendiri oleh Kawar. Sang Nenek yang telah menunggu dan merasa kelaparan pun merasa kecewa mengetahui bahwa hanya ada tulang belulang lauk yang tersisa.

Akhirnya, Sang Nenek yang merasa terabaikan pun memohon kepada Tuhan untuk diambil nyawanya saja. Tidak lama kemudian turunlah hujan deras yang disertai petir. Lambat laun mulai terjadi banjir besar dan menenggelamkan kawasan tersebut. Tempat inilah yang kemudian dinamai Danau “Lau Kawar”.

Harga Tiket Masuk Danau Lau Kawar

Kawasan wisata Danau Lau Kawar dibuka untuk umum selama 24 jam. Terlebih dengan membayar Rp 4.000 sebagai tiket masuk, Anda sudah bisa memasuki kawasan ini.

Jika Anda ingin liburan di Danau Lau Kawar, Anda bisa berangkat dari Kota Medan, lalu menuju ke Tugu Perjuangan yang ada di Kota Berastagi. Dari tugu tersebut, beloklah ke kanan yang mengarah ke Kecamatan Simpang Empat. Dengan jarak sekitar 30 km, kira-kira akan dibutuhkan waktu selama 1 jam perjalanan dari Berastagi ini, lalu melalui Jalan Kabanjahe-Kuta Rakyat. Maka Anda akan segera tiba.

Bila diukur, jarak Kota Medan dengan Danau Lau Kawar adalah sekitar 69 km yang memakan waktu tempuh sekitar 3 jam untuk sampai. Akses jalan yang dilalui pun bisa terbilang mulus, terlebih jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Berbagai jenis angkutan umum, seperti Karsima, Sutra, maupun Sinabung juga tersedia untuk mengantar Anda hingga ke Danau Lau Kawar. Biaya yang diperlukan untuk transporatasi umum tersebut pun terbilang murah, hanya sekitar Rp 6.000.

Keindahan Danau Lau Kawar sudah tidak perlu diragukan lagi. Tiket masuknya pun sangat murah. Jadi kapan mau mampir ke sini?

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker