Wisata

Harga Tiket Masuk Museum Rahmat Medan Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Museum Rahmat Medan Terbaru – Museum Rahmat atau Rahmat Gallery adalah museum yang memiliki koleksi satwa terlengkap pertama yang ada di Asia Tenggara. Pendiri dan juga pemilik museum ini adalah DR. H. Rahmat Shah, yang tidak lain merupakan ayah kandung dari aktris Raline Shah. Rahmat Shah sendiri dikenal sebagai pemburu profesional yang kemudian menjabat selaku Majelis Kehormatan Asosiasi Museum Indonesia (AMI).

Museum Rahmat

Museum Rahmat berdiri di atas tanah seluas 1.970 meter persegi dan terdiri dari 3 lantai. Pendirian Museum Rahmat diinisiasi atas cita-cita beliau untuk memperkenalkan keragaman satwa liar yang ada di seluruh dunia kepada masyarakat supaya tergerak untuk secara aktif menyayangi dan melestarikan alam semesta. Hal inilah yang membuat Rahmat Gallery yang awalnya hanya sebagai koleksi pribadi akhirnya dibuka untuk umum.

Seiring waktu Museum Rahmat semakin mendapat banyak perhatian dan menjadi salah satu objek wisata yang populer di Medan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung ke Museum Rahmat. Awalnya museum ini hanya memiliki koleksi 1.000 satwa. Namun, kemudian Museum Rahmat mendapat koleksi tambahan dari berbagai pihak, sehingga kini koleksinya mencapai 3.000 satwa. Semua koleksi satwa yang ada di museum adalah satwa hasil buruan yang telah diawetkan.

Koleksi satwa yang ada di Museum Rahmat terdiri dari berbagai jenis burung, satwa endemik Indonesia bahkan hingga Afrika. Seluruh satwa buruan tersebut didapat melalui proses perizinan yang resmi. Sehingga tidak ada aturan yang dilanggar karena tidak merusak habitat asli dan tidak mengancam jumlah populasinya. Satwa-satwa tersebut juga merupakan hasil buruan dari seluruh penjuru dunia.

Museum Rahmat tidak sembarangan dalam menata koleksi-koleksinya. Pihak museum menerapkan kaidah tata letak agar memiliki nilai seni dan keindahan. Bahkan penataannya dibuat sedemikian rupa agar masing-masing koleksi satwa seakan-akan berada di habitat aslinya. Ditambah lagi dengan penataan cahaya yang semakin mendukung untuk menciptakan efek terendiri. Beberapa efek suara juga diberikan untuk memberikan pengunjung sensasi berada di alam liar.

Fasilitas Museum Rahmat

Tidak hanya koleksi satwa, Museum Rahmat juga menyediakan berbagai fasilitas lain, seperti:

Legend International Hall

Legend International Hall terletak di lantai 3 yang bisa digunakan untuk ruang pesta, ruang pertemuan, dan keperluan lainnya. Hall ini memiliki kapasitas sekitar 500 orang. Di ruangan ini juga banyak dipajang berbagai koleksi pribadi dari tokoh-tokoh terkenal lengkap dengan tanda tangannya masing-masing, misalnya sarung tinju Mike Tyson dan Muhammad Ali, kaos Zinedine Zidane dan Ronaldo, serta tokoh terkenal lainnya.

Souvenir Shop

Pengunjung bisa sekaligus membeli oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah dengan berkunjung ke souvenir shop yang disediakan Museum Rahmat.

Perpustakaan

Perpustakaan di Museum Rahmat menyediakan buku-buku tentang satwa dan habitatnya. Adanya perpustakaan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan sekaligus mendorong kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga satwa dan lingkungan hidupnya.

Cafe

Lelah mengitari Museum Rahmat, Anda bisa beristirahat sambil menikmati beberapa hidangan di Hunters’s Cafe yang juga menjadi salah satu fasilitas dari museum ini.

Museum Rahmat beroperasi setiap hari Selasa hingga Minggu. Sedangkan untuk Hari Senin dan hari besar, Museum ini memang sengaja ditutup untuk umum. Anda bisa mengunjungi Museum Rahmat mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00.

Harga Tiket Masuk Museum Rahmat

Harga tiket masuk yang diberlakukan di Museum Rahmat berbeda-beda. Bagi pengunjung yang sudah dewasa, dikenakan tarif Rp 50.000. Bagi pengunjung anak-anak, berusia di bawah 14 tahun cukup hanya membayar Rp 40.000. Sedangkan bagi pengunjung dari mancanegara akan dikenakan tarif khusus yang memang lebih mahal, yaitu Rp 150.000.

Museum Rahmat juga memiliki tawaran khusus bagi pengunjung grup atau rombongan dari institusi pendidikan, yaitu akan memperoleh potongan harga sebesar 50% dengan syarat bahwa jumlah rombongan setidaknya 25 orang atau lebih.

Museum Rahmat sangat mudah dijangkau karena berlokasi di pusat kota Medan, tepatnya yaitu Jalan S. Parman No. 309. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk ke sana.

Museum Rahmat tentunya sangat direkomendasikan utnuk dikunjungi ketika Anda sedang ada di Medan. Dengan banyaknya koleksi yang dimiliki dan berbagai fasilitas lainnya, pasti tidak akan mengecewakan Anda. Langsung saja jelajahi Museum Rahmat ini.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker