Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Ulu Kasok Riau Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Bukit Ulu Kasok Riau Terbaru – Kalau Anda sedang ada di Riau, jangan lewatkan untuk mampir ke Ulu Kasok yang kaya dengan keelokan alamnya. Ulu Kasok ada di Kabupaten Kampar, Riau tepatnya di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar.

Bukit Ulu Kasok

Lokasi ini sekarang menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi dari pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Destinasi wisata yang digadang-gadang sebagai Raja Ampatnya Riau ini ramai dikunjungi terutama ketika pagi dan sore hari, terlebih jika bertepatan dengan hari libur.

Di Ulu Kasok terdapat 3 jenis objek wisata, antara lain: wisata pulau, air terjun, dan Bukit Ulu Kasok. Akan tetapi dari ketiga objek tersebut, yang paling populer untuk dikunjungi adalah Bukit Ulu Kasok. Pasalnya ketika sampai di Puncak Bukit Ulu Kasok, Anda bisa menyaksikan hamparan gugusan pulau-pulau.

Meski disebut mirip dengan Raja Ampat, namun pemandangan serupa pula-pulau di Ulu Kasok tersebut bukanlah berasal dari gugusan pulau yang ada di laut, melainkan hanya danau air tawar yang menjadi sumber pembangkit Listrik tenaga Air (PLTA) di Kota Panjang. Pemandangan airnya berwarna hijau dan dihiasi hutan yang masih lebat.

Berdasarkan kisah historinya, sebelumnya Ulu Kasok merupakan wilayah perkampungan. Kemudian pada tahun 1991 diadakan proyek pembangunan PLTA. Maka perkampungan tersebut akhirnya direlokasi karena akan ditenggelamkan beserta bukit-bukit yang ada di kawasan tersebut. Namun ternyata, tidak semua perbukitan dapat tenggelam, hingga pada akhirnya menampakkan puncak-puncak bukit yang terlihat seperti pulau yang terapung di danau.

Setelah itu, banyak orang yang menggunakan lokasi ini sebagai tempat karamba ikan. Oleh sebab itu, semakin banyak orang yang mendatangi lokasi tersebut. Dan barulah lokasi ini dibuka sebagai tempat wisata. Namun, berbagai infratruktur dan fasilitas di wisata Ulu Kasok masih dalam tahap perkembangan agar semakin memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi pengunjungnya.

Harga Tiket Masuk Bukit Ulu Kasok

Wisata Bukit Ulu Kasok beroperasi mulai pukul 06.00 WIB dan tutup pukul 19.00 WIB. Anda bisa sambil menyaksikan sunrise dan sunset di Bukit Ulu Kasok. Biaya tiket masuk ke Ulu Kasok dibanderol seharga Rp 5.000 untuk satu orang. Untuk bisa menikmati pemandangan di puncak Bukit Ulu Kasok, wisatawan perlu berjalan kaki dan mendaki terlebih dahulu.

Jarak pendakian yang harus ditempuh dari tempat parkir hingga mencapai puncak adalah lebih dari 500 meter. Oleh sebab itu, dibutuhkan stamina yang cukup baik dari para wisatawan, terlebih jalur pendakian yang harus dilewati masih berupa tanah dan ada yang memiliki tingkat kemiringan 45 derajat. Waktu yang diperlukan untuk mendaki sampai ke puncak sekitar 30 menit.

Kalau di tengah jalan pendakian Anda merasa lapar, akan ada banyak penjual makanan dan minuman yang tersebar di sana. Harga yang ditawarkan pun juga tidak terlalu mahal. Selain itu di Bukit Ulu Kasok juga banyak penjual yang menjajakan oleh-oleh khas Ulu Kasok lainnya.

Namun tidak perlu khawatir jika Anda tidak ingin mendaki, di sana telah banyak tersedia ojek yang siap mengantarkan Anda ke puncak Ulu Kasok. Tarif untuk menggunakan ojek ini adalah Rp 10.000.

Tetapi, jika Anda akan menggunakan ojek untuk naik dan turun bukit sekaligus, maka cukup dengan membayar Rp 15.000 saja. Sedangkan, bagi wisatawan yang membawa motor pribadi sampai ke puncak, akan dikenai biaya Rp 10.000 untuk tarif masuk sekaligus parkir kendaraan.

Di sepanjang perjalanan akan tersedia banyak spot eksotis yang didesain khusus sebagai tempat untuk mengambil foto. Bahkan di masing-masing spot foto juga ada jasa fotografer handal yang siap memotret Anda. Satu foto akan dihargai sebesar Rp 2.000. Tetapi, jika Anda tidak menggunakan jasanya dan memotret sendiri maka tidak perlu membayar.

Perjalanan menuju Ulu Kasok membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam perjalanan jika melewati Pekanbaru. Jarak antara Pekanbaru dan Ulu Kasok berkisar 90 km saja yang bisa ditempuh dengan transportasi apapun.

Bagaimana, apa Anda tidak tergiur dengan keelokan Bukit Ulu Kasok ini? Tapi jangan lupa, kalau berkunjung ke sana jagalah selalu kebersihannya agar keindahan alamnya tetap terjaga dan lestari.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker