Wisata

Harga Tiket Masuk Teluk Rhu Rupat Riau Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Teluk Rhu Rupat Riau Terbaru – Siapa yang menyangka bahwa Provinsi Riau menyimpan sejuta keindahan alam yang bisa dijadikan alternatif kunjungan ketika berlibur. Salah satu destinasi wisata alam Riau yang wajib dikunjungi ada di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Kecamatan Rupat Utara. Kecamatan Rupat Utara yang mendapat julukan sebagai serambi Indonesia ternyata memiliki pesona alam yang luar biasa, yaitu Teluk Rhu Rupat.

Teluk Rhu Rupat

Pulau Rupat memiliki luas wilayah sebesar 1.500 kilometer persegi. Pulau ini ditinggali oleh 30.000 jiwa penduduk. Wisata Teluk Rhu Rupat pada awalnya belum begitu populer. Baru mulai tahun 2016 pemerintah setempat gencar untuk mempromosikan objek wisata ini. Kemudian mulai diadakan berbagai event kebudayaan dan festival untuk bisa menarik minat para wisatawan. Infrastruktur untuk akses menuju Teluk Rhu Rupat juga mulai menjadi aspek yang dipertimbangkan.

Objek unggulan yang dimiliki Teluh Rhu Rupat adalah pantainya, yaitu Pantai Rupat Utara. Pengunjung Teluk Rhu masih terbilang sedikit. Meski begitu, hal ini justru menjadi nilai tersendiri. Dari beberapa traveller yang berkunjung ke teluk ini menganggap bahwa Teluk Rhu yang masih sepi membuat seakan-akan tempat ini adalah pantai private.

Teluk Rhu menyajikan keindahan pantai dengan deburan ombak yang terbilang tenang. Hal ini membuat pengunjung bisa berenang dengan nyaman tanpa terlalu mengkhawatirkan seretan ombak. Meski begitu pengunjung harus tetap hati-hati dan tidak boleh lengah. Ombak yang tenang juga bisa dimanfaatkan untuk mencoba berbagai aktivitas olahraga air.

Pasir putih yang mengelilingi pantai di Teluk Rhu semakin menambah pesona alam yang membuat betah semua pengunjungnya. Kejernihan air yang dimiliki oleh Pantai Rupat Utara juga menjadi nilai plus tersendiri.

Suasana pesisir pantai Rupat Utara terasa sangat teduh dengan banyaknya tanaman mangrove yang tumbuh subur mengitari pantai. Udara yang sejuk juga membuat pengunjung pantai menjadi lebih rileks. Pantai di Teluk Rhu ini memiliki suatu keunikan, dimana akan ada banyak sekali binatang-binatang kecil yang sewaktu-waktu terlihat mengumpul hingga membentuk suatu susunan. Hal tersebut kemudian berakibat pada warna pantai yang berubah menjadi merah.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Teluk Rhu, di antaranya adalah menjajal wahana banana boat, menaiki kuda mengelilingi pantai, ataupun berselancar. Masing-masing wahana tersebut tentunya didampingi oleh para ahli yang akan memastikan keamanan dan kenyamanan Anda. Disamping itu Anda juga bisa berkeliling pantai dengan menggunakan perahu yang telah banyak disewakan di sana.

Guna menunjang wisata di Teluk Rhu Rupat, maka telah banyak didirikan penginapan bagi pengunjung yang ingin menghabiskan hari-harinya di sana. Pasalnya menurut banyak pengunjung, berwisata ke Teluk Rhu tidak cukup jika hanya sehari. Meski begitu, Anda juga bisa memilih untuk mendirikn tenda dan camping di pinggiran pantai sambil menikmati suasana angin pantai dan suara percikan ombak untuk menemani tidur.

Di sekitar Teluk Rhu Rupat, ada banyak objek wisata lain yang tidak kalah indah yang bisa Anda kunjungi sekaligus. Beberapa objek tesebut diantaranya Pantai Makeruh, Pantai Alohong, Pantai Lapin di Desa Tanjung Punak, dan Pantai Ketapang di Desa Sungai Cingam.

Harga Tiket Masuk Teluk Thu Rupat

Wisata Teluk Rhu Rupat dibuka 24 jam dan gratis. Hanya butuh mengeluarkan biaya untuk transportasi dan parkir. Jika ingin mengunjungi Teluk Rhu Rupat, Anda bisa menggunakan transportasi laut. Paling mudah jika Anda melalui Kota Dumai.

Kemudian dari dermaga Kota Dumai Anda bisa memilih beberapa armada laut yang disedikan, seperti speedboat, perahu motor, ataupun kapal feri. Waktu yang dibutuhkan untuk mobilisasi air tersebut sekitar 45 menit. Namun kapal yang biasa digunakan untuk menyeberang ke Pulau Rupat adalah kapal Ro-Ro (Roll On-Roll Off). Biaya penyeberangan sekitar Rp 6.500 per orang dan Rp 100.00 untuk satu mobil.

Selanjutnya, perjalanan bisa diteruskan menggunakan mobil dengan waktu tempuh sekitar 15 menit untuk sampai di Teluk Rhu Rupat. Menempuh perjalanan dengan transportasi darat kurang direkomendasikan karena kondisi jalannya yang tidak terlalu bagus untuk dilewati.

Nah, itu tadi adalah pesona alam yang ada di Teluk Rhu Rupat. Menarik bukan untuk mengunjunginya? Selamat berjelajah.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker