Wisata

Harga Tiket Masuk Pulau Berhala Medan Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Pulau Berhala Medan Terbaru – Pulau Berhala adalah salah satu pulau yang ada di Sumatera Utara. Pulau ini masuk dalam wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Kecamatan Tanjung Beringin. Sebagai salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia, maka Pulau Berhala dijaga dan diawasi oleh marinir TNI.

Pulau Berhala

Pulau dengan luas 2,5 km ini berada di tengah Selat Malaka. Meski Pulau Berhala tidak berpenduduk, wisatawan masih bisa mengunjungi tempat ini. Namun tidak boleh sembarangan, wisatawan juga harus menaati peraturan yang diberlakukan di pulau ini. Beberapa aturannya, antara lain: wisatawan harus meminta izin kepada penjaga yang bertugas, dilarang membawa senjata tajam dan minuman keras, dilarang melakukan tindakan asusila yang tidak senonoh, dan dilarang berkata kotor.

Selain itu wisatawan juga dilarang merusak tanaman dan membunuh satwa yang ada di pulau ini. Satwa khas yang ada di sini yaitu penyu, biawak, dan rusa. Adanya habitat bagi penangkaran penyu sekaligus menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Pulau Berhala dihiasi dengan bebatuan cantik yang indah untuk dijadikan spot foto. Di belahan pantai lainnya, wisatawan dapat menikmati lembutnya pasir putih. Menjelang malam tiba, wisatawan bisa menyaksikan eloknya sunset. Selagi menikmati pemandangan langit lepas, wisatawan bisa menikmati suasana Pulau Berhala dengan menyalakan api unggun dan memanggang barbeque.

Kondisi alam di Pulau Berhala masih sangat alami. Air lautnya pun jernih dan bersih. Selagi berlibur di Pulau Berhala, wisatawan bisa berenang, diving ataupun snorkeling untuk melihat biota-biota lautnya. Wisatawan juga bisa menaiki mercusuar yang ada di pulau ini dengan menaiki 800 anak tangga.

Pulau Berhala dapat diakses selama 24 jam. Untuk menikmati pesona alam Pulau Berhala memang tidak dipungut biaya tiket masuk. Wisatawan hanya butuh mengeluarkan biaya untuk seluruh akomodasi perjalanannya.

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Pulau Berhala dapat berangkat dari dua pelabuhan yang ada di Pantai Timur, yaitu dari Pantai Cermin yang ada di Serdang Bedagai maupun berangkat dari Pelabuhan Tanjung Tiram yang ada di Kabupaten Batubara.

Akses untuk menuju ke Pulau Berhala memang tidak disediakan kapal penumpang ataupun wisata. Hal tersebut karena pulau ini memang tidak berpenghuni, sehingga tidak memiliki kapal yang bisa digunakan untuk menuju ke Pulau Berhala.

Oleh sebab itu alternatif yang bisa dipilih wisatawan untuk menuju Pulau Berhala adalah dengan menggunakan kapal nelayan atau dengan menggunakan jasa open trip. Agar biaya yang dikeluarkan lebih murah, Anda bisa membawa serta rombongan.

Harga Tiket Masuk Pulau Berhala

Apabila wisatawan memilih untuk menggunakan jasa open trip, biasanya biaya yang harus dirogoh berkisar Rp 490.000. Harga tersebut sudah mencakup transportasi untuk perjalanan darat dan laut. Untuk perjalanan darat akan ada bus pariwisata yang dilengkapi AC dari Medan.

Sedangkan untuk perjalanan laut akan ada kapal penumpang yang telah dilengkapi dengan kamar mandi. Fasilitas lain yang biasanya disediakan oleh jasa trip di sana meliputi 5 kali makan dengan lauk pauk lengkap, dokumentasi, dan pemandu wisata yang akan membawa wisatawan untuk menjelajahi Pulau Berhala.

Selain paket wisata di atas, ada juga paket lain yang lebih lengkap. Dengan harga sekitar Rp 600.000 wisatawan akan mendapat angkutan minibus pulang pergi dari Medan ke Sergai, akomodasi selama 1 malam, 4 kali makan dan bonus barbeque, boat untuk pulang pergi yang mengantar dari Sergai ke Pulau Berhala, dokumentasi, pemandu wisata, asuransi, live vest, dan sewa alat snorkeling.

Paket wisata tersebut juga menawarkan perjalanan selama 2 hari di Pulau Berhala. Wisatawan biasanya bisa menginap di mess milik TNI atau membangun tenda di sekitarnya. Karena memang di Pulau Berhala belum ada penginapan khusus yang bisa digunakan untuk wisatawan.

Estimasi waktu tempuh yang dibutuhkan dari Medan hingga Pelabuhan Serdang Bedagai adalah sekitar 2-3 jam. Setelah itu lanjut menyeberang ke Pulau Berhala dengan kapal yang memerlukan waktu sekitar 4-5 jam.

Kalau ingin merasakan sensasi liburan di pulau terpencil, mengunjungi Pulau Berhala adalah solusinya. Pulau indah tak berpenduduk ini tentunya akan membawa atmosfir tenang dan tentram bagi Anda. Selamat berlibur.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker