Wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grenjengan Kembar Magelang Terbaru – Magelang, Jawa Tengah memang memiliki banyak potensi wisata alam yang patut untuk dijelajahi. Salah satu wisata alam yang sayang untuk dilewatkan adalah Air Terjun Grenjengan Kembar. Objek wisata ini terletak di lereng Gunung Merbabu, yaitu di Kecamatan Pakis, Desa Muneng Warangan. Wisata air terjun ini berada di antara hutan pinus, yang tidak lain merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Merbabu.

Air Terjun Grenjengan Kembar

Karena kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar masih menjadi objek wisata baru, pengelolaannya pun masih dipegang oleh masyarakat sekitar. Belum ada campur tangan yang banyak dari pihak pemerintah.

Air Terjun Grenjengan Kembar bersumber dari anak Sungai Cebong yang juga berasal dari lereng Gunung Merbabu. Nama Air Terjun Grenjengan Kembar diambil karena memang di sini terdapat dua air terjun yang letaknya saling berdampingan. Air terjun pertama memiliki ketinggian sekitar 12 meter, sementara air terjun kedua memiliki ketinggian sekitar 18 meter.

Di kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar memang belum banyak penjual yang menjajakan oleh-oleh maupun souvenir khas daerah setempat. Namun wisatawan tidak perlu kuatir untuk masalah makanan. Di sini sudah banyak penjual yang menjajakan berbagai menu masakannya, misalnya saja sate ayam dan masih banyak lagi.

Terlepas dari hal-hal tersebut, pesona alam Air Terjun Grenjengan Kembar tidak perlu diragukan lagi. Hijau asrinya tebing dan suara gemericik air pastinya dapat membawa suasana kesegaran dan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang berkunjung.

Air Terjun Grenjengan Kembar memiliki jalan setapak yang sudah tertata rapi, sehingga lebih memudahkan wisatawan untuk menyusuri tempat ini. Wisatawan juga akan melewati sebuah tebing yang bercelah dan menyeberangi jembatan yang terbuat dari bambu.

Di ujung jembatan, Anda akan dihadapkan dengan pertigaan yang menuju ke atas air terjun dan ke bawah air terjun. Selanjutnya tergantung pilihan Anda, ingin menikmati kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar dari ketinggian atau lebih memilih untuk menikmati curahan Air Terjun Grenjengan Kembar dari bawah.

Pemandangan dari dua air terjun terlihat unik dengan bentuknya masing-masing. Di bagian air terjun yang bertingkat, airnya mengalir lebih deras dibandingkan air terjun yang tidak bertingkat. Berada tepat di bawah air terjun, merupakan spot favorit untuk berfoto dan bermain air. Hawa sejuk khas pegunungan menambah kesegaran kawasan ini. Selain itu ada beberapa pendopo kecil yang bisa digunakan untuk bersantai dan mirilekskan badan.

Karena kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar belum banyak dikenal orang, hal ini justru menjadi nilai tersendiri dimana wisatawan dapat merasakan ketenangan dan lebih mengakrabkan diri dengan alam sekitar.

Kawasan wisata Air Terjun Grenjengan Kembar dibuka untuk umum setiap hari, bahkan di hari libur nasional sekalipun. Air Terjun Grenjengan Kembar buku pukul 08.00-18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Air terjun Grenjengan Kembar

Tidak ada tiket masuk yang diberlakukan untuk memasuki kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar. Wisatawan hanya dipungut biaya untuk parkir kendaraan. Bagi kendaraan roda dua cukup dengan membayar Rp 3.000, sedangkan bagi mobil akan dikenai biaya parkir Rp 10.000.

Kawasan wisata Air Terjun Grenjengan Kembar memang belum lama ini dikembangkan. Oleh sebab itu lahan parkir di sini masih terbilang kurang memadai. Area parkir yang tersedia merupakan lahan rumah warga atau di dekat masjid.

Rute menuju Air Terjun Grenjengan Kembar tidaklah sulit. Jika berangkat melalui Kota Yogyakarta, maka ikutilah ke arah Jalan Magelang. Saat tiba di lampu lalu lintas Armada (Mal Artos) pilihlah jalan yang mengarah ke Jalan Raya Kopeng. Ikuti jalan tersebut hingga menemui pertigaan yang memasang papan petunjuk “Makam Panembahan Ngabehi Noto”.

Lalu ambil kiri yang jalannya sedikit menurun. Ikuti jalan tersebut dan Anda akan menemui papan petunjuk “Curug Grenjengan Kembar”. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati terutama ketika melintasi jalan pedesaan selain karena jalannyayang masih bebatuan namun juga ada banyak anak-anak yang berlalu-lalang.

Mari kembangkan kawasan Air Terjun Grenjengan Kembar agar dapat lebih banyak diketahui orang. Namun para wisatawan tidak boleh lupa untuk selalu menjaga kelestarian kawasan wisata ini. Maka buanglah sampah pada tempatnya dan jangan merusak alam maupun fasilitas yang tersedia di Air Terjun Grenjengan Kembar. Selamat berkunjung.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker