Wisata

Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta terbaru – Taman Sari merupakan salah satu objek wisata unggulan yang ada di Provinsi Yogyakarta. Tepatnya berada di Kelurahan Patehan, Kecamatan Keraton. Lokasinya terletak di Jl. Kompleks Wisata Taman Sari.

Taman Sari Yogyakarta

Bangunan di kawasan wisata Taman Sari mengusung gaya Portugis. Namun wisatawan dapat menemukan suatu hal yang khas Indonesia, yaitu adanya relief ular di sepanjang dinding dari bangunan bertingkat dua yang bernama Gedhong Gapura Panggung. Bangunan gapura ini sekaligus menjadi gerbang utama untuk memasuki kawasan wisata Taman Sari Yogyakarta.

Di sebelah timur Gedhong Gapura Panggung, ada lagi bangunan bernama Gedhong Temanten. Keberadaan Gedhong Temanten penting bagi Kerajaan Mataram sebagai tempat pertama pertahanan yang digunakan para penjaga istana pada zaman dahulu.

Taman Sari memiliki beberapa aktivitas yang bisa dipilih oleh wisatawan. Terdapat Pemandian Umbul Pasiraman yang terdiri dari 3 kolam, yaitu Umbul Binangun, Umbul Panguras, dan Umbul Pamuncar.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati indahnya sunset bisa menuju ke Pulo Kenongo. Pulau kenongo adalah sebuah pulau yang terletak di tengah danau buatan di Taman Sari. Di pulau ini berdiri sebuah bangunan bernama gedhong Kenongo yang dulunya digunakan sebagai tempat para sultan makan sekaligus tempat untuk mengintai para musuh.

Di sebelah selatan Pulo Kenongo, ada Pulo Cemethi yang dahulu biasa digunakan untuk meditasi, menyucikan keris, menyimpan senjata, dan menyusun strategi perang.

Salah satu yang menjadi keunikan Taman Sari adalah adanya Masjid Bawah Air atau masjid di bawah tanah. Dinding dari masjid ini tersusun dari batu bata yang saling direkatkan, tidak menggunakan semen tetapi menggunakan putih telur. Untuk memasuki masjid ini, wisatawan terlebih dahulu melewati gerbang bertingkat dua yang nampak seperti menara. Di dalam masjid bawah air ini ada sebuah sumur yang dikelilingi oleh 5 tangga. Hal ini mengandung arti tentang jumlah rukun Islam yang berjumlah 5.

Harga Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta

Taman Sari, Yogyakarta beroperasi setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB. Namun waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah siang hari. Harga tiket masuknya pun sangat murah, yaitu Rp 5.000 bagi wisatawan lokal dan Rp 7.000 bagi wisatawan mancanegara.

Apabila wisatawan ingin mendapat pendampingan selama berkeliling di Taman Sari, ada jasa tour guide yang bisa disewa. Cukup dengan membayar sebesar Rp 25.000, wisatawan akan mendapat penjelasan mengenai sejarah, bentuk bangunan, dan masih banyak lagi.

Ada berbagai alternatif transportasi yang bisa digunakan untuk menuju objek wisata Taman Sari. Apabila pengunjung memilih transportasi umum, bisa menggunakan taksi, dokar, becak, ataupun angkutan umum. Tersedia angkutan khusus yang akan membawa wisatawan ke berbagai objek wisata, antara lain Keraton, Ngabean, dan termasuk Taman Sari. Angkutan ini namanya “Si Thole” yang beroperasi dari pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB dengan harga yang tidak mahal.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, apabila sudah sampai di Yogyakarta langsung saja menuju ke arah alun-alun utara atau Keraton Yogyakarta. Pastikan bahwa itu benar alun-alun utara dan bukan alun-alun selatan. Pasalnya meskipun jaraknya berbeda 1 km saja, namun banyak wisatawan yang bingung dan salah jalur. Taman Sari berada di kawasan Njeron Beteng, yang letaknya tidak jauh dari Keraton Yogyakarta.

Dari kawasan Malioboro, lokasi Taman Sari juga tidak terlalu jauh. Bahkan bisa dijangku dengan berjalan kaki atau menaiki becak. Namun yang sering menimbulkan kebingungan bagi wisatawan adalah letaknya yang berada di antara perkampungan warga.

Untuk lebih mudah mencapai Taman Sari, ada dua rute yang bisa dipilih. Pertama melalui pasar. Carilah gang KP III lalu belok kiri. Kira-kira dengan berjalan sekitar 200 meter, Anda sudah sampai di Pulo Kenongo.

Rute kedua, melalui Plaza Ngasem yang akan membawa Anda ke gerbang utama Taman Sari. Dari Plaza Ngasem, Anda langsung menuju ke alun-alun. Dengan jarak sekitar 0,5 km dari alun-alun Anda akan menemui Jalan Tamansari, tempat Taman Sari berdiri.

Nah, Taman Sari menyuguhkan wisata murah meriah yang memiliki beribu-ribu pesona yang dimilikinya. Segera agendakan wisata ke Taman Sari ya.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker