Wisata

Harga Tiket Masuk Pulau Manado Tua terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Pulau Manado Tua terbaru – Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara menyimpan berjuta pesona alam yang bisa dijadikan sebagai objek wisata. Salah satu objek wisata di kota ini yang wajib dikunjungi adalah Pulau Manado Tua yang merupakan daratan berbentuk gunung yang kokoh menjulang dengan ketinggian 655 meter di atas permukaan laut. Kawasan pegunungan ini banyak dihiasi dengan pepohonan yang tumbuh rimbun. Membuat suasana terlihat lebih asri.

Manado Tua

Di Pulau Manado Tua terdapat keberadaan Gunung Manado Tua dan kekhasan lainnya yang tidak dimiliki oleh pulau-pulau lain di kawasan Taman Laut Bunaken. Tidak hanya itu, bahkan di bawah lautnya pun juga ada beberapa gunung berapi (volcano) yang masih aktif. Jajaran volcano tersebut lokasinya ada di sekitar 150 meter di bawah permukaan laut.

Selain itu, ada sebuah gua besar di Pulau Manado Tua. Gua tersebut menjadi tempat tinggal berbagai biota laut dan coral. Di perairan Manado Tua terdapat beberapa jenis ikan yang sangat jarang bisa dijumpai di perairan lainnya, seperti sapi laut atau dugong, lumba-lumba, dan aneka jenis ikan lainnya.

Pulau Manado Tua yang masih mEnjadi bagian dari Bunaken National Park ini juga memiliki beraneka jenis terumbu karang. Bahkan jumlah terumbu karang tersebut bisa mencapai puluhan jenis. Keseluruhan padu padan biota laut dan terumbu karang yang ada di perairan Pulau Manado Tua ini menghasilkan kombinasi warna-warna yang cantik dan mempesona.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Pulau Manado Tua ini. Wisatawan bisa melakukan diving maupun snorkeling di sepanjang pantai Pulau Manado Tua sembari melihat beberapa volacano sekaligus kekayaan biota laut dan terumbu karang yang ada. Selain itu, wisatawan juga bisa melakukan tracking dan menyusuri perairan dengan perahu yang tersedia.

Mengelilingi Pulau Manado Tua lebih asyik jika menaiki sepeda. Selain untuk menghindari kelelahan yang berlebihan jika berjalan kaki, wisatawan bisa sambil menikmati udara segar yang disajikan di Pulau Manado Tua.

Selain pemandangan alam di Pulau Manado Tua sangat indah dan memanjakan mata, kuliner yang ditawarkan di pulau ini pun juga tidak boleh dilewatkan. Ada beraneka macam makanan khas Manado yang disuguhkan, seperti ikan cakalang, ayam rica-rica, maupun bungkil kelapa.

Wisatawan bisa kapan saja mengunjungi Pulau Manado Tua, karena memang pulau ini beroperasi selama 24 jam. Namun wisatawan harus menyesuaikan waktu kunjungannya dengan jadwal keberangkatan perahu yang mengantar ke Pulau Manado Tua.

Wisatawan juga tidak ditarik biaya tiket masuk. Wisatawan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk transportasi sampai ke Pulau Manado Tua. Terlebih jika wisatawan datang dari luar daerah Manado. Selain harus membayar biaya perahu untuk menyeberang ke Pulau Manado Tua, wisatawan juga harus mengeluarkan biaya untuk tiket pesawat maupun kapal pesiar.

Harga Tiket Masuk Pulau Manado Tua

Ada dua alternatif yang bisa dipilih untuk menuju Pulau Manado Tua. Pertama, wisatawan bisa menggunakan perahu yang berangkat dari Pasar Bersehati Manado. Biaya untuk menaiki perahu tersebut pun sangat murah, yaitu sekitar Rp 20.000. Namun wisatawan harus rela menunggu perahu sampai penuh terlebih dahulu.

Pilihan kedua adalah berangkat melalui Kampung Bahowo, yaitu kampung yang berada di ujung utara Manado. Kampung ini memiliki banyak hutan bakau yang tentunya sangat indah untuk dipandang. Waktu tempuh dari kampung ini ke Pulau Manado Tua pun hanya sekitar 1 jam saja.

Akan ada perahu yang siap mengantarkan wisatawan sambil menyusuri pantai bagian utara Pulau Bunaken ini. Perahu tersebut mampu menampung 30 orang. Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam, maka sampailah di kampung bernama Poopo.

Di kampung tersebut, berdiri sebuah resort dengan nama Woka Resort & Dive. Resor yang hanya memiliki 9 kamar ini sangat unik, karena mempunyai desain tradisional dengan atap yang terbuat dari pohon woka yaitu tanaman sejenis palm.

Selamat berpetualang ke Pulau Manado Tua. Jangan lupa untuk selalu mencintai bumi dengan menjaga kebersihan dan tidak merusak kelestarian alamnya. Akan lebih baik lagi, jika Anda dapat membawa perlengkapan PPPK untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker