Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Patokan Manado Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Pantai Patokan Manado Terbaru – Provinsi Sulawesi Utara memang terkenal dengan kawasan wisata Bunaken. Namun siapa sangka bahwa Sulawesi Utara juga mempunyai kawasan wisata alam pantai bak surga yang tersembunyi. Pantai ini bernama Pantai Patokan, sebuah pantai yang terletak di Desa Jiko, Kecamatan Nuangan dan masuk dalam wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Keberadaan pantai ini diapit oleh 2 tebing, sehingga memberikan kesan bahwa letak Pantai Patokan tersembunyi.

Pantai Patokan Manado

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Patokan mirip dengan pantai May Bay di Phuket Thailand yang menjadi lokasi syuting film Leonardo Di Caprio pada tahun 1999 yang berjudul The Beach. Namun ada juga yang menyamakannya dengan Pantai Navagio yang dijadikan salah satu lokasi syuting Drama Korea Descendants of the Sun.

Popularitas Pantai Patokan sedikit banyak memang tidak bisa lepas dari efek ditayangkannya Drama Korea Descendants of the Sun. Pasalnya pantai ini menjadi viral dan diketahui oleh banyak orang setelah drama tersebut banyak disaksikan oleh masyarakat, dan ternyata Indonesia pun juga mempunyai pantai yang mirip dengan pantai yang ada dalam drama tersebut.

Lokasi wisata Pantai Patokan mulai banyak dikunjungi wisatawan pada Oktober 2017 lalu. Bahkan keelokan pantai ini juga dipamerkan dalam situs Pemerintah Kabupaten Bolang.

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Patokan untuk menyaksikan sunset, karena memang suasana sunset di pantai ini terlihat sangat keren dan mempesona. Selain itu, wisatawan juga bisa bermalam di kawasan pantai ini dengan mendirikan tenda. Pastinya suasana malam di sini akan semakin syahdu ditemani suaru gemuruh air dan sejuknya angin pantai.

Sepanjang mata memandang, wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang luar biasa. Laut di Pantai Patokan yang berwarna biru, dilengkapi dengan pasir pantai yang berwarna putih dan halus. Ombaknya pun cukup tenang dan bersahabat untuk menemani aktivitas wisatawan.

Di samping itu, wisatawan bisa menyaksikan keindahan kawasan Pantai Patokan dari atas. Wisatawan hanya perlu naik ke atas tebing, yang pemandangannya pun juga tidak kalah indah. Tebing tersebut didominasi dengan karang yang memang cukup tajam, maka wisatawan juga harus berhati-hati. Di bagian tebing ini tumbuh hamparan ilalang yang sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang pastinya instagramable.

Wisatawan yang tidak membawa bekal tidak perlu merasa khawatir. Karena di sekitar kawasan wisata Pantai Patokan sudah banyak penjual yang menjajakan makanannya.

Wisata Pantai Patokan dibuka selama 24 jam bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Tidak hanya itu, wisatawan juga tidak dipungut biaya apapun untuk bisa masuk ke pantai ini. Namun wisatawan bisa memberikan biaya retribusi seikhlasnya. Biaya yang perlu dikeluarkan oleh wisatawan adalah untuk biaya akomodasi perjalanan selama menuju Pantai Patokan.

Harga Tiket Masuk Pantai Patokan Manado

Untuk bisa menginjakkan kaki di Pantai Patokan, wisatawan perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 20.000 untuk satu orang. Wisatawan akan diantar menggunakan kapal yang berangkat dari port yang ada di Desa Jiko menuju Tanjung Silar, dengan lama perjalanan sekitar 10 menit.

Dari tempat pendaratan di Tanjung Silar tersebut, letak Pantai Patokan tidak terlalu jauh, wisatawan bisa ke sana dengan berjalan kaki. Medan jalan yang harus dilalui memang sedikit menanjak di awal. Kemudian akan dapat dilihat papan yang menunjukkan pintu masuk ke Pantai Patokan. Dan tibalah Anda di Pantai Patokan.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan sendiri juga bisa parkir di lahan yang telah disediakan dengan biaya retribusi parkir sekitar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Pantai Patokan berjarak 160 kilometer dari Kota Manado, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam perjalanan. Sedangkan waktu tempuh Pantai Patokan dari Ibu Kota Tutuyan sekitar 15 menit dan 1, 5 jam jika dari Kotamobagu.

Meski jaraknya cukup jauh dari pusat kota, namun tidak mengurangi minat para wisatawan untuk berkunjung. Bahkan Pantai Patokan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga wisatawan yang berasal dari luar negeri. Telah terjadi peningkatan kunjungan wisatawan dari hari ke hari, terutama ketika akhir pekan.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker