Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Malang Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep Malang Terbaru – Pantai Ngliyep merupakan salah satu pantai di pesisir selatan yang ada di tepi Samudera Hindia. Pantai Ngliyep masuk dalam wilayah Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur tepatnya di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo.

Nama Pantai Ngliyep diambil dari Bahasa Jawa “liyep-liyep” yang berarti mengantuk atau tertidur. Arti nama tersebut cocok dengan suasana pantai ini yang membuat pengunjung merasa nyaman hingga merasa ingin tertidur.

Pantai Ngliyep

Total wilayah Pantai Ngliyep memiliki luas sekitar 10 hektare. Di kawasan ini terdapat hutan lindung, area wisata, penginapan, dan area parkir. Pantai Ngliyep juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas lain, seperti 4 buah pesanggrahan, 6 tempat penginapan, dan 2 buah cottage.

Berdasarkan kisah legenda, Pantai Ngliyep pertama kali ditemukan pada tahun 1919 oleh Mbah Atun yang merupakan seorang perantau dari Yogyakarta. Kemudian pantai ini mulai resmi dibuka pada tahun 1951.

Pantai Ngliyep memiliki pemandangan yang sangat elok, didukung dengan hamparan pasir putih luas yang lembut, area bermain, dan dihiasi dengan rindangnya pepohonan. Pantai ini dikelilingi oleh hamparan hutan tropis dan tebing-tebing yang curam di sekitarnya. Tidak hanya itu, di dekat pantai ini ada sebuah pulau kecil yang bernama Gunung Kombang.

Di sebelah kiri Pantai Ngliyep ada sebuah teluk bernama Teluk Putri yang memiliki pemandangannya indah. Dinamakan Teluk Putri karena teluk ini memiliki pasir putih yang bersih, lembut, dan halus sehalus kulit para putri. Pasir di teluk ini mempunyai ketebalan sekitar 40 cm. Meski hamparan pasir di sini tidak terlalu luas, yakni sekitar 100 meter saja, tetapi dapat memberikan kenyamanan wisatawan terlebih untuk menyepi.

Apabila berada di Teluk Putri, wisatawan diharapakan untuk tetap waspada. Karena apabila gelombang air sedang besar, bisa mencapai area teluk ini. Maka dari itu wisatawan dimohon untuk tetap berada di area pasir putih saja.

Wisatawan yang datang ke Pantai Ngliyep bisa mendirikan tenda untuk camping dan bermalam di pinggir pantai. Wisatawan akan ditemani dengan pemandangan langit yang terlihat memukau, suara deburan ombak, dan angin pantai yang menyejukkan.

Selain menikmati wisata alam Pantai Ngliyep, wisatawan juga bisa menyaksikan wisata budaya. Jika Anda datang bertepatan dengan tanggal 14 Rabiul Awal (Bulan Maulud), Anda dapat melihat upacara ritual Labuhan yang telah diadakan secara turun-temurun sejak zaman Mbah Atun.

Disamping itu, dalam Upacara Labuhan juga akan ada pertunjukan kesenian jathilan (jaranan) sambil mengarak sesaji makanan ke Gunung Kombang yang berjarak sekitar 300 meter melewati jembatan di Pesanggrahan Ngliyep.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep beroperasi selama 24 jam, sehingga dapat dikunjungi kapanpun. Harga tiket masuknya pun terjangkau, yaitu sekitar Rp 15.000 untuk satu orangnya. Sedangkan untuk biaya parkirnya, yaitu Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Wisatawan yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di kawasan Pantai Ngliyep bisa menginap di berbagai pilihan penginapan yang tersedia. Penginapan di sekitar Pantai Ngliyep dibanderol dengan harga sekitar Rp 100.000 sampai Rp 200.000 per malamnya. Fasilitas yang ditawarkan pun beragam disesuaikan dengan harganya.

Melalui Kota Malang, Pantai Ngliyep mudah untuk dijangkau. Akses jalannya pun sudah bagus, karena sudah diaspal. Bila menaiki angkutan umum dari Kota Malang, bisa pilih mikrolet GN1 dengan jalur Gadang-Ngliyep melalui Donomulyo. Bisa juga menggunakan GN2 dengan jalur Gadang-Ngliyep melalui Sumbermanjing Kulon atau dikenal juga Kecamatan Pagak.

Jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi dan berangkat dari Kota Malang, ambilah rute menuju Kepanjen atau Karang Kates. Lalu ikutilah jalan besar dan lurus ke daerah Pagak. Dari Pagak, pilih rute ke Donomulyo. Kemudian Anda akan menemui papan petunjuk arah menuju Pantai Ngliyep. Tinggal ikuti saja arah tersebut.

Bagi wisatawan yang berangkat dari Blitar, bisa langsung menuju daerah Karang Kates. Kemudian menuju ke Pagak lanjut ke Donomulyo, dan menemukan papan petunjuk ke wisata Pantai Ngliyep.

Pantai Ngliyep menawarkan wisata alam dan wisata budaya sekaligus. Jadi tentu saja jika pantai ini bisa menjadi bahan referensi kunjungan Anda saat berlibur ke Malang.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker