Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Payangan Jember Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Pantai Payangan Jember Terbaru – Jember, Jawa Timur memiliki destinasi wisata pantai yang cukup banyak. Salah satu pantai yang bisa dijadikan kawasan wisata adalah Pantai Payangan yang terletak di Jalan Sidomulyo, Payangan, Desa Samberejo, Kecamatan Ambulu. Kelebihan Pantai Payangan adalah adanya panorama dari tiga pantai dengan satu teluk dan berada di antara tiga bukit yang menonjol.

Pantai Payangan

Pantai Payangan masuk dalam kawasan perairan laut selatan dan masih menjadi bagian dari Kabupaten Jember bagian barat. Perairan laut selatan terkenal dengan ombaknya yang besar dan ganas, namun ombak di Pantai Payangan tidak sebesar pantai-pantai di perairan selatan lainnya.

Ombak di pantai ini terlihat lebih tenang karena adanya satu pulau besar di kawasan pantai yang seakan-akan menjadi penghalang dari hempasan ombak yang besar. Meski begitu wisatawan harus tetap waspada dan berhati-hati.

Bukit-bukit tersebut dapat dinaiki karena telah dilengkapi dengan jalan setapak untuk dilewati oleh para wisatawan. Dari bukit-bukit inilah, keseluruhan pemandangan Pantai Payangan dapat dilihat. Wisatawan akan dapat melihat keelokan alam Pantai Payangan yang dihiasi bebatuandan warna pasir yang bergadrasi.

Teluk yang berada di kawasan Pantai Payangan disebut Teluk Cinta. Teluk ini menjadi daya tarik utama wisatawan mengunjungi pantai ini. Disebut Teluk Cinta karena memang bentuknya mirip dengan simbol love yang melambangkan kasih sayang. Simbol love tersebut akan dapat terlihat jika wisatawan melihatnya dari atas bukit. Teluk Cinta menjadi pilihan favorit bagi wisatawan yang sedang melakukan sesi pre-wedding bahkan untuk berbulan madu.

Pada pagi hari, Pantai Payangan menjadi destinasi wisata yang menyajikan pemandangan indah dari matahari terbit (sunrise). Kesan romantis akan semakin kental terasa di pantai yang juga memiliki Teluk Cinta ini. Pemandangan pada sore hari menjelang petang pun juga tidak kalah cantik. Wisatawan bisa menyaksikan matahari terbenam (sunset) dari sudut pandang terbaik.

Di pantai yang memiliki pasir pantai berwarna hitam ini, wisatawan bisa melakukan camping dan mendirikan tenda. Bermalam di Pantai Payangan akan ditemanai suara deburan ombak dan pemandangan bintang-bintang yang terhampar luas di langit. Tempat di Pantai Payangan yang sering dipakai untuk berkemah adalah di bagian padang rumput yang berada di samping pantai di ujung paling selatan.

Lokasi tersebut juga banyak digunakan oleh nelayan setempat untuk menepikan kapal-kapalnya. Maka dari itu,wisatawan bisa sekaligus mengetahui aktivitas nelayan yang berlayar bersama kapal-kapalnya. Bahkan wisatawan bisa juga membeli ikan hasil tangkapan para nelayan. Ikan-ikan tersebut selanjutnya bisa dijadikan oleh-oleh atau dijadikan sebagai bahan untuk membuat barbeque ketika berkemah.

Meski belum banyak dikenal, namun fasilitas di Pantai Payangan sudah cukup memadai. Sudah tersedia area parkir yang cukup luas. Ada juga toilet umum yang bisa digunakan wisatawan untuk membilas dan berganti pakaian setelah bermain-main di pantai. Jika wisatawan merasa lapar, telah banyak berdiri warung makan yang menyajikan berbagai pilihan menu untuk disantap.

Fasilitas-fasilitas tersebut dibangun atas inisiasi warga setempat, karena memang lokasi ini belum mendapat perhatian yang besar dari pemerintah.

Harga Tiket Masuk Pantai Payangan

Wisata Pantai Payangan bisa dikunjungi kapan saja. Karena memang lokasi ini dibuka untuk 24 jam. Wisatawan pun hanya akan dipungut retribusi tiket parkir saja, yaitu kendaraan roda dua sebesar Rp 3.500 dan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000.

Lokasi Pantai Payangan cukup mudah untuk ditemukan karena berada dekat dengan beberapa jajaran pantai selatan yang juga populer, yaitu Pantai Watu Ulo. Jarak tempuh dari pusat Kota Jember ke Pantai Payangan sekitar 32 kilometer. Wisatawan dapat berangkat dari arah Kota Jember. Kemudian mengarah ke Kecamatan Ambulu.

Ketika sampai di perempatan Ambulu, ikutilah jalur yang mengarah ke selatan yang juga akan mengarah ke Pantai Watu Ulo. Setelah tiba di Pantai Watu Ulo, wisatawan tinggal melanjutkan perjalanannya sedikit dan tibalah di Pantai Payangan.

Jika hendak berwisata ke Pantai Payangan, disarankan untuk menggunakan transportasi pribadi saja. Karena memang belum ada transportasi umum yang siap mengantarkan ke lokasi pantai. Namun ada beberapa ojek yang dapat mengantarkan wisatawan ke Pantai Payangan.

Itulah tadi sekilas tentang Pantai Payangan. Selamat berpetualang. Dan tak lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungannya ya.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker