GadgetNews

Tips Jitu Agar Smartphone Aman dari Virus

Advertisement

Tips Jitu Agar Smartphone Aman dari Virus – Sebagaimana komputer, smartphone juga berpotensi dapat terkena virus. Dan tentu saja penularan virus tersebut berasal dari penggunaan internet. Namun, bukan berarti Anda harus menjauhi internet. Tercatat ada lebih dari sekitar 47 ribu jenis malware di dunia maya yang siap menyerang perangkat Android Anda. Hal ini terjadi karena para pelaku cybercrime melihat pesatnya pertumbuhan jumlah pengguna Android.

Tips Jitu Agar Smartphone Aman dari Virus

Jika Anda terganggu dengan pop-up dan intrusive advertisement, ada kemungkinan adware telah terinstal. Beberapa malware meningkatkan penggunaan data dengan membuat smartphone Anda berulang kali terhubung ke sebuah website, iklan, download file besar atau mengirim pesan.

Untuk mengetahui apakah smartphone Android kesayangan Anda terinfeksi virus atau tidak, cari tahu melalui tips sederhana berikut ini. Kemudian, cari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk mendepak malware.

1. Pasang Antivirus

Tips yang harus Anda terapkan pertama kali adalah memasang antivirus yang sesuai dengan perangkat smartphone Anda dan tentunya yang versinya paling terbaru. Ibaratnya, virus pada smartphone kita adalah seperti virus yang menyerang tubuh kita. Jika tubuh kita tidak memiliki imunitas, maka tentu akan mudah sekali terserang virus. Begitu pula dengan virus virtual yang akan menyerang perangkat Anda jika smarphone Anda tidak dilengkapi dengan aplikasi antivirus yang mumpuni.

Proses ini merupakan langkah untuk mendeteksi virus yang kemungkinan menempel di smartphone Anda. Setelah itu biasanya akan muncul pemberitahuan aplikasi mana dan file apa saja yang terinfeksi. Tunggu sampai proses scanning selesai, lalu lakukan pembersihan virus

2. Install Aplikasi dari Tempat yang Terpercaya

Aplikasi untuk smartphone sangat banyak ragamnya. Tidak sedikit pula tempat-tempat aplikasi yang bisa menyediakan aplikasi untuk Anda. Mungkin yang biasa Anda gunakan adalah seperti Google Play Store.

Ternyata, ada banyak tempat aplikasi yang justru menjadi sumber virus berbahaya bagi ponsel Android Anda. Sehingga, tips untuk Anda ketika ingin menginstall aplikasi adalah sebaiknya gunakan pasar aplikasi yang sudah terpercaya dan terjamin. Contohnya adalah Google Play Store.

3. Hindari Menggunakan Aplikasi yang Bajakan

Memang seringkali kita lebih memilih untuk menginstall aplikasi yang gratis dibandingkan yang berbayar. Namun, tidak semua aplikasi gratis aman dari potensi virus. Tidak sedikit, aplikasi bajakan yang ada telah diberikan kode berbahaya yang berpotensii mencuri data pribadi pada smartphone Anda. Jadi, tips yang bisa kami sarankan adalah lebih baik gunakan aplikasi asli meskipun berbayar, dibandingkan aplikasi bajakan yang dapat merusak smartphone Anda.

4. Atur Keamanan Perangkat

Setiap aplikasi memiliki resiko membawa virus ketika di install di Smartphone Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengaktifkan mode pengamanan pada smartphone Anda ketika aplikasi akan terpasang. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Sebab Google sudah menyediakan sebuah pengamanan di setiap Android.

Untuk mengaktifkan keamanan tersebut, caranya sangat mudah. Buka Setting, lalu Pilih Security. Lalu centang pada Verify Apps. Sehingga, setiap aplikasi terpasang pada smartphone Anda, Android akan memberikan peringatan.

5. Update Android dan OS

Selain itu, tips yang bisa Anda coba adalah dengan mengupdate software Android Mengapa demikian? Sebab dengan software Android yang sudah update, maka beberapa jenis virus juga tidak akan mempan berada di versi terbaru. Jika ingin merusak, virus tersebut juga harus mengupdate. Jika ingin mengupdate smartphone Anda, langkah-langkahnya sangat mudah. Buka Setting lalu pilih About phone, dan pilih System Updates.

6. Usahakan Tidak Auto Connect Wi-Fi

Hindari mencentang auto connect Wifi, karena dengan demikian Anda akan membuka gerbang untuk virus memasuki smartphone Anda. Tips untuk Anda, lebih baik aktifkan Wifi jika memang Anda membutuhkan saja.

Demikian di atas beberapa tips untuk Anda agar Smartphone Anda dapat tetap aman dari serangan virus. Karena virus – virus yang ada saat ini sudah banyak dikembangkan dan sangat berbahaya bagi smartphone kita. Bahkan ada yang mampu menghapus data – data yang kita miliki. Oleh sebab itu, kita harus selalu selalu waspada dan cobalah untuk menerapkan tips – tips di atas. Dengan begitu, kita akan lebih merasa nyaman dan aman ketika sedang menggunakan ponsel kita. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker