Wisata

Harga Tiket Masuk Goa Buniayu Sukabumi Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Goa Buniayu Sukabumi Terbaru – Wisata alam milik Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Dimulai dari keindahan pantai, panorama air terjun, bahkan goa juga menjadi destinasi wisata favorit bagi para wisatawan yang berasal dari dalam negeri mau pun yang berasal dari luar negeri. Salah satu wisata alam berupa goa yang menjadi favorit adalah Goa Buniayu yang terletak di Desa Cipicung, Kerta Angsana, Kabupaten Sukabumi.

Goa Buniayu

Meski pun terkesan gelap dan penuh dengan hal mistis, namun hal tersebut tidaklah berlaku bagi Goa Buniayu ini. Memang tidak dapat dihindari bahwa goa ini tidak lepas dari kegiatan wisata ekstrem dengan berbagai macam rintangan yang ada. Namun, hal tersebut tidak membuat Goa Buniayu sepi dari kunjungan wisatawan. Sebagai tambahan informasi, nama Buniayu ternyata memiliki arti tersendiri, lho!

Kata Buniayu diambil dari dua kata terpisah yaitu ‘Buni’ dan juga ‘Ayu’. Buni sendiri memiliki arti ‘sembunyi’ sedangkan Ayu memiliki arti ‘cantik’. Jadi, apabila digabungkan, Goa Buniayu memiliki pengertian sebagai ‘kecantikan yang tersembunyi’. Memang tidak salah lagi, goa ini memiliki kecantikan tersembunyi yang belum diketahui banyak orang. Bagi warga sekitar, goa ini diberi nama Goa Cipicung karena lokasinya yang berada di Desa Cipicung.

Yang menjadi daya tarik tersendiri bagi Goa Buniayu adalah ketika ia dijadikan sebagai lokasi syuting film berjudul ‘Si Buta dari Goa Hantu’. Sejak itu, goa ini disebut sebagai ‘Goa Siluman’. Namun, sejak ia dikelola oleh Perum Perhutani milik negara, goa ini diberi nama Wisata Wana Goa Buniayu. Ornamen seperti stalaktit, stalakmit dan juga garundam yang ada di goa ini merupakan keistimewaan tersendiri yang menjadi tempat favorit para pengunjung.

Untuk masuk ke dalam goa, Anda perlu sangat berhati-hati karena jalan di sekitarnya sangatlah licin. Selain itu, tempat ini juga memiliki banyak tumbuhan dan pepohonan yang rindang berwarna hijau sehingga terasa sangat nyaman, teduh dan juga sejuk. Ketika sudah masuk ke dalam goa, Anda pasti akan langsung terpesona dengan kecantikan stalaktit dan stalakmit yang ada di dalamnya.

Terdapat dua cara agar Anda dapat memasuki Goa Buniayu. Cara yang pertama dikenal dengan penelusuran horizontal. Cara yang satu ini merupakan cara yang paling diminati oleh para pengunjung pada umumnya. Selain itu, penelusuran horizontal juga tidaklah begitu sulit. Cara yang selanjutnya adalah Goaminat dengan rute vertikal dan juga horizontal. Cara penelusuran yang satu ini biasanya dipilih oleh para pengunjung dengan minat wisata esktrem.

Para peminat wisata esktrem tersebut biasanya ingin merasakan sensasi menuruni dan menelusuri goa selama kurang lebih 4 jam lamanya. Berbagai batu-batuan, lumpur, dan juga sungai akan dapat Anda temui, maka dari itu jangan lupa untuk selalu waspada dan berhati-hati karena medannya yang licin dan terbilang berbahaya. Jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda ketika sedang menelusuri goa ini namun tetap harus ingat untuk waspada.

Harga Tiket Masuk Goa Buniayu Sukabumi

Goa Buniayu Sukabumi buka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket sebesar Rp 5.000,- / orang. Sangat murah, bukan? Bagi Anda yang ingin bermalam di daerah sekitar Goa Buniayu, banyak terdapat rumah warga yang seringkali disediakan sebagai tempat menginap. Harganya tentu saja jauh lebih murah dibandingkan Anda harus bermalam di hotel. Selain itu, Anda juga dapat bercengkrama dengan tuan rumah dan menambah kenalan sembari berlibur.

Apabila Anda ingin melakukan penelusuran vertika horizontal, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp150.000,-/orang karena harga tersebut sudah termasuk dengan peralatan keamanan yang disediakan.

Ada banyak sekali travel agent yang memberikan paket open trip ke Goa Buniayu. Ajaklah beberapa orang temanmu mengikuti paket open trip yang disediakan travel agent untuk kemudian mendapatkan harga terjangkau berkunjung ke Goa Buniayu. Untuk bisa sampai ke Goa Buniayu, Anda akan melewati jalanan yang lumayan berkelok dan mendaki jadi Anda disarankan untuk berhati-hati.

Meski pun objek wisata Goa Buniayu dibuka selama 24 jam, masih jarang pengunjung yang mengunjungi goa ini ketika malam. Kebanyakan dari mereka berkunjung ketika pagi hari dan pulang saat hari sudah sore. Anda juga bisa memilih waktu tersebut untuk mendapatkan momen yang berkesan. Selamat berlibur!

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker