Wisata

Harga Tiket Masuk Goa Lalay Pelabuhan Ratu Sukabumi Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Goa Lalay Pelabuhan Ratu Sukabumi Terbaru – Potensi wisata alam di Jawa Barat memang tidak perlu lagi diragukan keindahan alamnya. Curug, goa, situ, danau, dan juga pantai banyak menghiasi sebagai objek wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satu kabupaten di Jawa Barat yaitu di Sukabumi memiliki objek wisata alam yang menarik yaitu Goa Lalay. Lokasi Goa Lalay yaitu di Kampung Cipanas, Desa Sawarna. Dalam bahasa Sunda, kata ‘lalay’ sendiri memiliki arti ‘kelelawar’.

Goa Lalay Pelabuhan Ratu

Anda tidak perlu panik dulu mendengar kata kelelawar. Di dalam Goa Lalay memang terdapat begitu banyak kelelawar. Biasanya, para rombongan kelelawar ini mulai menampakkan diri mereka atau keluar dari persembunyian pada pukul 17.00 WIB. Apabila Anda penasaran dengan air terjun pelangi, Goa Lalay dapat menyuguhkannya untuk Anda. Di dalamnya, terdapat air terjun yang apabila tersorot cahaya matahari maka airnya akan tampak berwarna-warni.

Pada dasarnya, lokasi Goa Lalay dapat disebut cukup ekstrem karena ia terletak atau diapit di antara dua tebing yang cukup tinggi dengan ukuran mencapai lebih dari 15 km dengan aliran yang masih mengalir deras di bawahnya. Dari Kota Pelabuhan Ratu, Goa Lalay hanya berjarak sekitar kurang lebih 3 kilometer. Goa ini memiliki kedalaman sekitar 43 meter. Ia terbentuk dari abrasi air laut.

Tidak hanya Goa Lalay, ada Goa Kerut, Goa Manik, Goa Canik dan lain sebagainya yang juga terbentuk karena abrasi.

Kelelawar yang mendiami Goa Lalay memiliki ciri-ciri tersendiri. Sebagian besar dari mereka bertubuh kecil, bentuk kuping seperti kuping kelinci, ekor seperti ekor tikus, dan juga gemar memakan serangga. Sekelompok kelelawar yang ada di Goa Lalay biasanya akan terbang sekitar 20 menit lamanya kemudian akan kembali lagi selama 30 menit.

Tidak hanya dapat melihat kelelawar, Anda juga akan dapat melihat keindahan pantai Pelabuhan Ratu. Ya, bagaimana pun juga goa ini tampak seperti berdampingan dengan Pantai Pelabuhan Ratu. Goa Lalay sendiri hanya berjarak beberapa meter dari bibir pantai. Jadi, setelah menikmati panorama Goa Lalay, Anda juga dapat berkunjung ke Pantai Pelabuhan Ratu. Apakah Anda penasaran dan tertarik untuk mengunjunginya?

Sebagai tambahan informasi, untuk dapat memasuk goa ini Anda akan melewati tanggal dengan kemiringan hingga 45 derajat. Tidak hanya itu, struktur pijakan tangga itu sendiri tidaklah rata jadi kewaspadaan yang tinggi perlu Anda gunakan apabila ingin berkunjung ke Goa Lalay. Setelah tiba di Goa Lalay nantinya juga Anda hanya akan disarankan untuk memasuki goa sampai ke dalam 200 – 400 meter.

Dasar Goa Lalay sendiri terendam dengan air hingga seukuran betis orang dewasa. Anda juga akan menyaksikan indahnya stalaktit dan juga stalakmit di langit-langit dan dinding goa. Ketika hendak memasuki goa, nantinya Anda akan disarankan untuk memakai helm dan juga sepatu karena di dasar goa terdapat banyak batuan yang membuatnya menjadi tidak rata. Anda tidak perlu repot membawa semua alat tersebut karena sudah ada tempat sewa peralatan keamanan di sekitar Goa Lalay.

Harga Tiket Masuk Goa Lalay Pelabuhan Ratu Sukabumi

Untuk dapat memasuki Goa Lalay, Anda akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000/ orang. Namun, harga tiket tersebut belum termasuk dengan harga sewa peralatan keamanan untuk memasuk Goa Lalay. Goa ini juga beroperasi setiap hari selama 24 jam namun memang akan lebih baik jika Anda mengunjunginya di pagi atau siang hari.

Sudah terdapat berbagai fasilitas memadai di sekitar Goa Lalay yaitu area parkir kendaraan yang luas, musala, kamar mandi atau toilet dan juga penginapan berupa homestay dengan harga yang cukup terjangkau. Jangan lupa untuk selalu mengikuti peraturan yang ada di setiap objek wisata karena bagaimana pun juga Anda merupakan pendatang di daerah orang lain.

Anda juga dapat mengabadikan momen keseruan Anda selama mengunjungi Goa Lalay dan juga mengabadikan keindahan panorama sekelompok kelelawar di dalam goa dan juga stalaktit stalakmit yang ada. Satu hal lagi yang perlu diabadikan adalah keberadaan air terjun warna-warni yang dapat Anda lihat pada siang hari saat terdapat sinar matahari.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker