Uncategorized

Harga Tiket Masuk Mata Air Panas Cisolok Sukabumi Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Mata Air Panas Cisolok Sukabumi Terbaru – Daerah Sukabumi memiliki banyak destinasi wisata alam. Salah satunya adalah sumber mata air panas Cisolok. Pemandian air panas ini terletak sekitar 15 kilometer tidak jauh dari Pantai Pelabuhan Ratu. Tidak seperti sumber mata air panas lainnya yang terletak di daerah pegunungan, geyser Cisolok ini terletak di daerah pantai. Walaupun terletak di daerah pantai, udaranya tetap nyaman dan sejuk kok.

Mata Air Panas Cisolok

Geyser di Cisolok yang awal mulanya ditemukan oleh warga negara Belanda yang tinggal di Sukabumi ini punya keunikan lain. Karena sumber mata airnya tidak langsung dipanasi oleh magma gunung berapi, tapi dari geyser yang mengalir melalui kerak bumi, geyser di Cisolok tidak mengandung belerang. Meskipun tidak mengandung belerang, tapi air di pemandian Cisolok tetap memiliki kandungan mineral yang tinggi sehingga berkhasiat untuk terapi berbagai penyakit.

Di sini Anda dapat menikmati pemandangan berupa semburan air panas yang keluar dari celah-celah bebatuan di tengah sungai. Pada awalnya, geyser di Cisolok ini tidak menyembur ke atas karena tekanannya yang tidak cukup kuat. Namun karena warga menumpuk bebatuan di sekitar tempat mata air panas tersebut keluarlah yang menjadikan daya sembur mata airnya cukup besar hingga bisa mencapai ketinggian 3 meter.

Air panas yang menyembur dari tiga titik bebatuan ini suhunya cukup panas, sekitar 80 derajat Celcius. Bahkan, menurut informasi dari warga setempat, pengunjung dapat merebus telur di sungai Cisolok. Tak perlu waktu lama, hanya dengan 5 menit merendam telur di air panasnya, Anda bisa menikmati telur matang. Maka dari itu, tidak perlu heran kalau di sekitar pemandian Anda akan banyak menemui pedagang yang menjajakan telur.

Sebagai salah satu daerah wisata yang sudah mulai naik daun, pemerintah daerah Sukabumi berusaha melengkapi fasilitas-fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, dan lahan parkir demi kenyamanan pengunjung. Selain itu, pengelola juga menyediakan fasilitas kamar terapi bagi pengunjung yang ingin berobat dengan semprotan air panas yang suhunya di bawah 40 derajat celcius. Anda tak perlu khawatir karena pengobatan ini hanya dilakukan oleh petugas ahli.

Karena pengunjung dilarang bermain di dekat area semburan air panas yang bersuhu 80 derajat celcius tadi, pengelola menyiapkan kolam khusus yang menampung air aliran semburan agar Anda dan kerabat tetap bisa menikmati sumber mata air panas Cisolok dengan berendam di dalamnya. Tidak kalah seru yang pasti!

Harga Tiket Masuk Mata Air Panas Cisolok Sukabumi

Disediakan 2 jenis kolam di pemandian mata air Cisolok. Pertama, yang bebas digunakan untuk umum dan bebas bayar. Sedangkan yang kedua, berbayar, bisa digunakan untuk Anda yang ingin lebih privat dan santai. Namun jangan khawatir, pengelola tidak mematok harga yang tinggi kog kalau Anda ingin menikmati kolam ini. Cukup dengan Rp 5,000/ jam tarifnya.

Pemandian air panas Cisolok buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Harga tiket masuknya pun relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp 30,000/orang. Sedangkan harga tiket masuk kendaraan bervariasi tergantung jenis kendaraannya, mulai Rp 1,000 – Rp 25,000. Untuk biaya fasilitasnya, Anda dikenakan tarif Rp 1,000 lagi. Sedangkan untuk mengikuti terapi air Spanasnya, Anda dikenakan biaya Rp 35,000. Tapi harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute perjalanan menuju pemandian air panas Cisolok tidaklah sulit karena letaknya yang dekat dari Pelabuhan Ratu, sekitar 15 kilometer, dan dari pusat kota Bandung, sekitar 165 kilometer. Jika Anda menggunakan transportasi umum seperti bus, pilih bus dengan tujuan Pelabuhan Ratu. Sesampainya di terminal Pelabuhan Ratu, lanjutkan perjalanan Anda dengan angkutan umum menuju ke Cisolok.

Nah, sumber mata air panas Cisolok ini sangat cocok untuk dijadikan referensi liburan Anda selanjutnya. Selain akses menuju ke lokasinya yang mudah, fasilitasnya lengkap, dan harga tiketnya yang murah, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alamnya yang indah.

Tidak hanya pemandangan di pemandiannya saja, tapi juga pemandangan di sepanjang jalan Pelabuhan Ratu – Cisolok yang melewati beberapa tempat wisata terkenal di Sukabumi seperti wisata Karanghawu, Citepus dan Cibangan. Selamat berlibur!

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker