Wisata

Harga Tiket Masuk Dieng Plateau Theater Wonosobo Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Dieng Plateau Theater Wonosobo Terbaru – Dieng Plateau Theater merupakan sebuah objek wisata yang terletak di sekitar kawasan dataran tinggi Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Gedung bioskop yang didirikan di perbukitan Sikendhil itu dibangun atas inisiatif H. Mardiyanto, Gubernur Provinsi Jawa Tengah kala itu dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006.

Dieng Plateau Theater

Tidak seperti kebanyakan objek wisata lain di Dieng yang terbentuk secara alami, Dieng Plateau Theater merupakan kawasan wisata buatan manusia yang dibangun oleh pemerintah untuk menambah daya tarik pariwisata Dieng. Berlatar pemandangan indah dataran tinggi Dieng menambah nilai estetika Dieng Plateau Theater yang memiliki arsitektur bangunan unik dan berundak-undak khas bangunan daerah pegunungan. Gedung bioskopnya bisa menampung sekitar 100 orang pengunjung dalam sekali putar.

Banyak sekali pengetahuan yang bisa Anda dapatkan tentang daerah Dieng melalui film dokumenter yang ditayangkan di bioskop ini. Film berjudul “Dieng Negeri Kayangan” atau “God Adobe” yang berdurasi sekitar 23 menit ini berisi mengenai perkiraan awal mula terbentuknya dataran tinggi Dieng yang berawal dari letusan gunung raksasa, peristiwa-peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di kawasan ini, serta budaya masyarakatnya dan juga potensi daerahnya.

Film ini mengangkat kisah-kisah populer daerah Dieng yang cukup terkenal seperti asal muasal banyaknya anak-anak berambut gimbal di Dieng dan tradisi ruwat cukur rambut gimbal tersebut. Tayangan ini juga mengangkat penjelasan tentang kebudayaan masyarakat Dieng, meliputi adat istiadat dan budayanya, kesenian serta kepercayaan masyarakat setempat.

Fenomena “Bun Upas” yang menjadikan Dieng diselimuti salju tipis-tipis karena saat itu suhu kawasan Dieng sangat ekstrim dan bisa mencapai -4 derajat celcius dari malam hingga pagi hari, juga disajikan di dalamnya. Tempat-tempat terindah yang menjadi favorit wisatawan ada juga di dalamnya. Pengetahuan seperti ini sangat dibutuhkan karena sangat bermanfaat untuk mempermudah Anda dalam mengeksplor kawasan Dieng.

Meskipun disajikan dalam Bahasa Indonesia, film ini juga dilengkapi dengan tulisan atau terjemahan dalam Bahasa Inggris sehingga mempermudah para wisatawan asing untuk memahami isinya. Alur cerita filmnya yang mudah dipahami tapi juga informatif, memberikan hiburan khusus untuk pengunjung bioskop.

Pihak pengelola sudah membangun fasilitas-fasilitas pendukung untuk pengunjung Dieng Plateau Theater. Area parkir yang memadai, mushola untuk beribadah serta toilet sudah tersedia di kawasan ini. Di bagian luar, terdapat warung-warung di sekitar bioskop yang menjajakan jajanan khas pegunungan seperti kentang goreng, mie instan, jagung bakar, tempe kemul, kopi, teh serta aneka makanan dan minuman lainnya dengan harga terjangkau.

Dieng Plateau Theater buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga pukul 18.00. Kunjungan di luar jam operasional bisa dilakukan tetapi harus dengan perjanjian pihak bioskop. Tidak ada jam khusus untuk pemutaran filmnya, karena film akan diputar setiap ada pengunjung yang datang sehingga, Anda mungkin perlu menunggu dulu untuk menyaksikan film dokumenter ini dari awal jika ada pengunjung lain yang datang sebelum Anda.

Harga Tiket Masuk Dieng Plateu Theater Wonosobo

Untuk harga tiket masuk ke Dieng Plateau Theater dan menonton film dokumenternya pun cukup terjangkau, hanya Rp 10.000. Sangat menarik bukan?!

Untuk sampai ke kawasan ini, dari pusat Wonosobo, perjalanan menuju ke Kejajar akan memakan waktu sekitar 50 menit dengan jarak 19 kilometer. Rute tercepat yang bisa diambil adalah melalui Jalan Raya Dieng.

Setelah sampai di Dieng, dari pertigaan pintu masuk Dieng, jarak ke kawasan Dieng Plateau Theater sekitar 1,5 kilometer. Sedangkan kalau dari Telaga Warna, untuk sampai ke kawasan bioskop, hanya berjarak 150 meter. Dari Telaga Warna, setelah pertigaan belok ke kiri. Hati-hati dalam membaca rambu, karena daerah tersebut sangat dekat dengan wisata Kawah Sikidang dan Candi Bima jika berbelok ke kanan dari pertigaan tadi.

Dieng Plateau Theater bisa menjadi tujuan wisata alam dan edukasi yang cocok untuk semua kalangan. Dari keluarga hingga pelajar dapat menikmati objek wisata ini. Selain harga tiketnya yang terjangkau serta aksesnya yang mudah, Anda dapat menikmati keindahan pesona alam kawasan Dieng dan belajar lebih banyak untuk lebih menghargai alam di sini.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker