Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Awang Sukabumi Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Curug Awang Sukabumi Terbaru – Daerah Sukabumi memiliki kekayaan berupa pemandangan alamnya yang indah. Banyak tempat-tempat menakjubkan yang bisa dijadikan objek wisata untuk menarik wisatawan berkunjung ke Sukabumi. Salah satunya adalah Curug Awan. Terletak di desa Taman Jaya, kecamatan Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat, Curug Awan ini merupakan bagian dari kawasan Ciletuh Geopark yang telah dijadikan Global Geopark oleh UNESCO.

Curug Awang Sukabumi

Sebenarnya ada beberapa spot wisata di kawasan Ciletuh Geopark ini, seperti pantai Ujung Genteng, Muara Cipanarikan, Bukit Teletubbies, Pantai Pangumbahan, Pantai Palangpang, Bukit Panenjoan, Puncak Gebang, Kasepuhan Ciptagelar yang menyajikan suasana khas kampung adat Sukabumi, Curug Puncak Manik, Air Terjun Cimarinjung, Curug Cigangsa, Curug Cikaso, Curug Sodong, Curug Larangan, Curug Awang dan masih banyak lagi. Namun curug yang terbesar dan paling terkenal adalah Curug Awang.

Pengunjung yang telah datang ke sini, menggadang-gadang Curug Awan ini sebagai Air Terjun Niagaranya Sukabumi karena kemiripannya dengan air terjun yang terletak di perbatasan Amerika Serikat dengan Kanada tersebut. Pesona Curug Awang akan terlihat berbada dalam kondisi musim hujan dan musim kemarau.

Saat musim penghujan, debit air di curug akan meningkat dan membuat airnya semakin deras hingga menutupi seluruh permukaan tebing. Di saat suasana seperti inilah yang menjadikan Curug Awang semakin mirip dengan Air Terjun Niagara di benua Amerika. Sedangkan saat musim kemarau tiba dan debit air di curug berkurang, Anda dapat melihat keindahan komposisi bebatuan berwarna merah yang sangat indah.

Curug Awang memiliki ukuran yang cukup besar untuk sebuah curug, yakni berketinggian sekitar 40 meter dan lebar sebesar 60 meter. Keistimewaan Curug Awang dibandingkan dengan curug-curug lain di Pulau Jawa adalah pada komposisi lapisan batuannya yang terlihat jelas dan patahan bebatuannya yang lurus.

Harga Tiket Masuk Curug Awang Sukabumi

Jam operasional lokasi wisata alam Curug Awang ini dimulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 sore setiap harinya. Untuk harga tiket masuknya, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 3,000/orang untuk masuk ke lokasi wisata. Di luar tiket masuk, Anda hanya akan dikenai biaya parkir yang juga cukup terjangkau, Rp 3,000/unit untuk kendaraan roda dua dan Rp 5,000/unit untuk kendaraan roda empat.

Beberapa fasilitas memang sudah dibangun untuk wisatawan Curung Awang seperti kamar mandi (toilet), lokasi parkir dan saung-saung untuk berteduh. Namun, pengunjung disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri sebelum ke tempat pariwisata ini karena jumlah warung di kawasan ini masih sedikit.

Rute perjalanan yang harus ditempuh dari Jakarta menuju ke Curug Awang memang cukup panjang, lebih dari 8 jam perjalanan. Dari Jakarta, Anda bisa memulai perjalanan menuju Bogor lalu ke Cijeruk, kemudian ke Cibadak, menuju ke Cikidang, lalu lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Ratu, setelah itu ke Simpenan kemudian ke Kiara Dua menuju Jampang Kulon lalu ke Waluran dan terakhir menuju ke desa Taman Jaya.

Setelah sampai di desa Taman Jaya, lanjutkan perjalanan Anda menuju ke kawasan Ciletuh Geopark. Curug Awang berada di pinggir jalan sebelah kiri dari Ciletuh Geopark. Setelah sampai ke lokasi parkir, Anda perlu berjalan lagi sejauh 200 meter menuju ke lokasi air terjunnya.

Dikarenakan medan jalan menuju Curug Awang belum terlalu bagus (kecil dan masih berbatu-batu) pastikan kendaraan Anda dalam kondisi maksimal. Gunakan juga sepatu untuk melindungi kaki Anda dari bebatuan di jalanan yang terjal dan sedikit menurun serta dari rintangan-rintangan lainnya seperti tanaman-tanaman liar yang tumbuh di sekitar jalan tersebut.

Nah, walaupun kondisi fasilitas pendukung Curug Awang masih belum maksimal, namun kawasan ini tetap akan menarik dan menyenangkan hlo untuk dikunjungi. Bahkan banyak juga wisatawan asing yang datang ke sini untuk menyaksikan keindahan Curug Awang. Anda juga dapat berselfie ria di kawasan ini karena pemandangannya yang indah dan instagram-able untuk dinikmati.

Terlebih lagi, di sekitar Curug Awang, juga banyak sekali tempat-tempat pariwisata lainnya yang masih di dalam kawasan Ciletuh Geopark yang menyajikan keindahan alam bumi Indonesia ini. Selamat berlibur!

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker