Wisata

Harga Tiket Masuk Goa Jaran Wonosobo Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Goa Jaran Wonosobo Terbaru – Wisata goa dapat memberikan sensasi tersendiri bagi penikmatnya. Pada umumnya, goa dijadikan sebagai tempat berlindung dari berbagai cuaca maupun dari serangan binatang buas. Beberapa goa juga difungsikan sebagai tempat untuk beribadah, bertapa, hingga meditasi. Seiring perkembangan zaman, keberadaan beberapa goa mulai dijadikan sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

Goa Jaran

Hal-hal tersebut juga cukup melekat pada Goa Jaran yang ada di kawasan Telaga Warna, Dieng, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah.

Goa Jaran, yang dalam Bahasa Jawa berarti “kuda” seringkali juga dikenal sebagai Goa Kendaliseto. Berdasarkan cerita sejarah yang berkembang, dahulu kala ada seekor kuda yang berteduh ke dalam goa ini saat sedang hujan deras. Lalu ketika keluar dari goa, kuda tersebut hamil.

Oleh sebab itu, Goa Jaran dianggap sebagai perlambangan dari “kesuburan”, yang juga disimbolkan dengan adanya pahatan patung berwujud wanita yang memegang bunga. Patung tersebut terletak di bagian depan mulut goa. Maka dari itu, konon goa ini lebih sering dikunjungi oleh para wanita yang ingin bersemedi untuk meminta keturunan.

Mulut Goa Jaran itu sendiri berbentuk oval yang tidak beraturan nampak seperti celah antar bebatuan. Wisatawan yang akan masuk ke dalam gua, diharuskan untuk sedikit membungkuk.

Dikarenakan lokasi Goa Jaran masuk dalam kawasan wisata Telaga Warna Dieng, suasana di tempat ini memiliki panorama alam yang sangat indah dan didukung dengan telaga yang warna airnya dapat berubah-ubah. Di samping itu, wisatawan juga bisa mengunjungi objek-objek wisata lain yang ada di sekitaran kawasan wisata ini. Ada Goa Sumur Eyang, Goa Semar, dan Goa Pengantin. Masing-masing objek tersebut memiliki keindahan dan keunikannya masing-masing.

Selama berwisata ke Goa Jaran, wisatawan bisa mengamati bentuk khas dari masing-masing goa. Selain itu, wisatawan juga bisa berjalan-jalan menjelajahi alam sambil menikmati kawasan Dieng.

Ada beberapa larangan yang berlaku ketika mengunjungi Goa Jaran. Wisatawan dilarang membuat kegaduhan dan onar yang dapat mengganggu orang lain. Wisatawan dilarang merusak lingkungan sekitar, sengaja mencorat-coret dinding gua dengan bahan yang sulit dihilangkan, dan membuang sampah sembarangan. Ditambah lagi, wisatawan dilarang untuk masuk ke dalam goa tanpa izin dari pengelola. Uniknya juga, wisatawan gadis yang masih perawan dilarang untuk memasuki goa.

Harga Tiket Masuk Goa Jaran Wonosobo

Kawasan wisata Goa Jaran dibuka untuk wisatawan mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Retribusi tiket masuknya sangat murah, yaitu hanya Rp 7.000. Ditambah biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk motor.

Rute untuk mengunjungi Goa Jaran dapat ditempuh dengan berbagai alternatif. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa berpatokan pada Alun-alun Kota Wonosobo. Dari alun-alun akan ada Jalan Dieng, jadi Anda tinggal mengikuti saja jalan itu menuju arah utara sampai ke Dieng. Kemudian akan ada Pertigaan Dieng, beloklah ke kiri dan tibalah Anda di Telaga Warna yang mana juga terdapat Goa Jaran.

Jika menggunakan bus, Anda bisa memilih bus yang menuju ke Terminal Mendolo. Lalu berjalanlah sedikit ke rumah sakit yang letaknya tidak jauh dari terminal. Setelah itu berganti naik mikrobus dengan jurusan Dieng. Anda akan diturunkan di Pertigaan Dieng.

Saat sudah sampai di pertigaan, dengan jarak sekitar 500 meter, Anda akan sampai di kawasan wisata Goa Jaran. Bagi Anda yang tidak ingin jalan kaki, tenang saja karena ada banyak ojek yang siap mengantarkan Anda. Waktu yang dibutuhkan dari Kota Wonosobo untuk sampai di kawasan wisata Goa Jaran sekitar 45 menit.

Selain itu ada juga kereta yang bisa dijadikan alternatif transportasi menuju Goa Jaran. Anda bisa menggunakan kereta yang menuju Stasiun Kutoarjo atau Stasiun Puwokerto, Kebumen. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mikrobus menuju Terminal Prembun lalu berganti mikrobus bus yang menuju Wonosobo. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai di Wonosobo kira-kira 3 jam. Setelah itu, menaiki mikrobus jurusan Dieng.

Itulah tadi ulasan tentang Goa Jaran. Satu destinasi wisata namun memiliki banyak objek wisata yang bisa dikunjungi sekaligus. Goa Jaran yang memiliki banyak pesona ini sangat cocok untuk mengisi liburan Anda dan keluarga.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker