Wisata

Harga Tiket Masuk Lobang Sewu Wonosobo Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Lobang Sewu Wonosobo Terbaru – Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah memiliki sejuta keindahan alam yang memukau. Maka tidak heran, jika banyak yang mengunjungi kabupaten ini untuk berwisata dan mengakrabkan diri dengan alam di kawasan Wonosobo. Salah satu destinasi wisata yang populer dari kabupaten ini adalah kawasan Dieng.

Lobang Sewu

Wonosobo memiliki destinasi wisata baru yang mulai dikenal oleh banyak orang, yaitu Lobang Sewu. Lobang Sewu berlokasi di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang. Kawasan wisata yang diresmikan pada tahun 2015 silam ini menawarkan pemandangan yang luar biasa indah.

Wisata Lobang Sewu memang tergolong baru. Objek wisata ini mulai banyak dikenal orang, ketika beberapa wisatawan yang berkunjung ke Waduk Wadaslintang dalam keadaan air surut. Kemudian mereka mengabadikan momen tersebut dengan berfoto dan membagikannya ke beberapa sosial media. Lalu informasi tersebut mulai menyebar dan mengundang semakin banyak wisatawan.

Nama Lobang Sewu bermula dari cerita penduduk setempat ketika air dalam keadaan surut akan terlihat ribuan batu berlubang-lubang yang diakibatkan karena kikisan air. Penampakan tersebut nampak seperti grand canyon atau karang-karang yang berukuran kecil dan berjajar membentuk gugusan yang apik.

Uniknya, wisata Lobang Sewu bisa dikatakan sebagai wisata musiman. Karena ketika air sedang pasang maka bebatuan-bebatuan berlubang tersebut tidak akan nampak akibat tergenang oleh air, terutama ketika musim hujan tiba. Oleh sebab itu, direkomendasikan jika ingin menyaksikan penampakan alam ini datanglah ketika musim kemarau.

Keunikan momen tersebutlah yang banyak diburu oleh para pecinta alam. Terlebih jika Anda berada di kawasan wisata Lobang Sewu sambil ditemani suasana sunset di sore hari.

Namun bagi wisatawan yang tidak bisa melihat keelokan Lobang Sewu tidak perlu kecewa. Pasalnya pemandangan alam di kawasan Waduk Wadaslintang pun juga tidak kalah indah. Wisatawan bisa berkeliling waduk dengan menyewa perahu dayung yang menjadi salah satu wahana di sana.

Selain itu, wisatawan juga bisa menghabiskan waktu di tempat ini dengan memancing. Ada banyak area memancing yang disediakan bagi pengunjung. Sambil menikmati hawa segar lingkungan sekitar, wisatawan bisa bersantai di gazebo yang tersedia di sana.

Meskipun masih baru, namun fasilitas yang ada di kawasan wisata Lobang Sewu sudah cukup lengkap, seperti WC, lahan parkir dan Mushola. Wisatawan akan semakin dimanjakan dengan beberapa pertunjukan seni yang diadakan di Lobang Sewu. Penduduk Desa Erorejo menampilkan permainan angklung yang sangat merdu dan menentramkan jiwa.

Jika mendatangi Lobang Sewu jangan lupa untuk sekaligus berwisata kuliner mencicipi berbagai hidangan yang dijual. Banyak alternatif warung yang bisa Anda pilih. Mayoritas hidangan yang disajikan adalah makanan khas Wonosobo.

Harga Tiket Masuk Lobang Sewu Wonosobo

Kawasan wisata Lobang Sewu beroperasi selama 24 jam penuh. Setiap hari ada saja wisatawan yang mengunjungi tempat ini, dan akan lebih dipadati wisatawan pada hari libur. Wisatawan yang ingin memasuki kawsan wisata ini, cukup membayar tiket masuk seharga Rp 10.000. Di samping itu, wisatawan juga harus membayar biaya parkir kira-kira Rp 2.000. Harga yang cukup terjangkau untuk panorama alam yang ditawarkan di Lobang Sewu.

Letak Lobang Sewu memang di perbatasan antara Kabupaten kebumen dan Wonosobo, lebih tepatnya yaitu di Bendungan Wadaslintang. Untuk bisa sampai ke kawasan wisata Lobang Sewu, wisatawan bisa berangkat dari Kebumen maupun Wonosobo.

Jika berangkat dari alun-alun Kabupaten Kebumen, dibutuhkan waktu tempuh kira-kira 1 jam dengan jarak kira-kira 35 km yang melewati jalan pintu masuk Waduk Wadaslintang/ PLTA Bendungan Wadaslintang Padureso di Desa Erorejo.

Sedangkan jika berangkat dari Kota Wonosobo, Anda bisa melintasi arah Banjarnegara. Dibutuhkan waktu kira-kira 1,5 jam jika melalui pusat Kota Wonosobo. Dengan jarak sekitar 45 km, jalan yang dilewati adalah jalur Sawangan kemudian Kaliwiro dan mengarah ke Wadaslintang di Desa Erorejo.

Setelah sampai di Desa Erorejo, Anda akan dapat menemui banyak papan petunjuk jalan menuju wisata Lobang Sewu yang terpampang jelas.

Lobang Sewu menawarkan wisata lengkap mulai dari wisata alam, budaya, hingga wisata kuliner. Objek wisata musiman ini pastinya membuat penasaran bukan? Jadi jika ada kesempatan langsung saja kunjungi Lobang Sewu, Wonosobo.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker