Wisata

Harga Tiket Masuk Candi Arjuna Dieng Wonosobo Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Candi Arjuna Dieng Wonosobo Terbaru – Candi Arjuna adalah salah satu bangunan candi yang ada di kompleks Percandian Arjuna, Dieng. Candi lain yang ada di kompleks ini antara lain Candi Srikandi, Candi Sembadra, Candi Puntadewa, dan Candi Semar. Dari sederetan percandian arjuna di kompleks ini, Candi arjuna berada di posisi paling utara.

Candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna dibangun oleh Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno pada abad 8 Masehi. Diperkirakan bahwa Candi Arjuna menjadi candi tertua yang ada di tanah Jawa. Di depan Candi Arjuna, yang berada saling berhadapan ada Candi Semar yang bermakna sebagai candi pelengkap atau perwara dari Candi Arjuna.

Memasuki Candi Arjuna, wisatawan dapat melihat beberapa bagian dinding yang dihiasi dengan berbagai relief yang menggambarkan tiga dewa agung yang dipercaya dalam Agama Hindu, yaitu Dewa Wisnu, Dewa Syiwa, dan Dewa Brahma.

Pemandangan alam sekitar kompleks Candi Arjuna pastinya sangat memanjakan mata. Didukung dengan udara yang sejuk dan alamnya yang masih asri, semakin membuat pengunjung betah berada di Candi Arjuna.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan selama berada di Candi Arjuna. Wisatawan bisa berwisata arsitektur dan sejarah. Dengan melihat situs-situs bersejarah yang ada di candi ini, wisatawan dapat mempelajari kehidupan manusia di masa lampau sambil mengenal arsitektur yang mengandung nilai-nilai filosofi dan spiritual. Di masing-masing situs candi telah dipasang papan informasi yang berisi keterangan tentang seluk-beluk kompleks Candi Arjuna.

Di kompleks Candi Arjuna terdapat museum bernama Museum Kailasa. Museum ini menyimpan berbagai arca dan prasasti, replika candi, peralatan berkebun dan dapur pada masa itu, dan lain-lain.

Selain itu, kompleks Candi Arjuna setiap tahun mengadakan “Dieng Culture Festival” dan “Jazz Atas Awan”. Dua event tersebut digelar dalam jangka waktu yang berdekatan, biasanya Jumat- Minggu. Sebagai acara inti dari event tersebut akan ada upacara pemotongan rambut anak gimbal. Serangkaian acara ini biasanya diadakan pada pertengahan tahun, yaitu pada Bulan Juli atau sekitar awal Agustus.

Tidak jauh dari kompleks Candi Arjuna, Anda bisa juga mampir berwisata ke Kawah Sikidang, Puncak Sikunir, Telaga Warna, Telaga Pengilon, dan Gunung Prau. Jadi sekali jalan akan ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Berikut ini ada beberapa tips ketika akan ke Candi Arjuna. Dikarenakan lokasi Candi Arjuna yang berada di dataran tinggi Dieng, suhu udara di sini tergolong dingin. Oleh sebab itu gunakalanlah pakain yang hangat beserta penutup kepala untuk melindungi tubuh Anda.

Jika Anda hobi fotografi dan ingin memotret suasana Candi Arjuna, rekomendasi waktu terbaik untuk mengambil foto adalah saat Subuh hingga menjelang pukul 9 pagi. Diwaktu-waktu tersebut, Candi Arjuna akan dihiasi dengan perpaduan cantik antara kabut putih dan sorotan sinar matahari pagi.

Di samping itu, wisatawan juga direkomendasikan untuk berkunjung ke Candi Arjuna pada saat musim kemarau, yang berlangsung sekitar Bulan Mei sampai September.

Harga Tiket Masuk Candi Arjuna Dieng Wonosobo

Kawasan wisata Candi Arjuna dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Untuk memasuki kawasan Candi Arjuna, wisatawan akan ditarik biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000. Selain itu ada juga tiket terusan dengan objek tambahan, yaitu Kawah Sikidang akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Kompleks Candi Arjuna yang berada di Kabupaten Banjarnegara memang berbatasan dengan Desa Dieng Wetan yang berdasarkan administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Wonosobo. Maka dari itu meskipun berada di daerah Banjarnegara, namun rute termudah untuk sampai ke Candi Arjuna adalah melalui Wonosobo dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam.

Wisatawan juga bisa memilih alternatif transportasi umum, yaitu dengan menaiki bus di Terminal Mendolo Wonosobo. Disarankan agar wisatawan dapat berangkat dari terminal ini sebelum pukul 16.00 agar tidak kesulitan mencari bus yang menuju Dieng.

Luangkanlah waktu Anda untuk mengunjungi lokasi-lokasi yang tidak hanya menawarkan keindahan, namun sekaligus menawarkan nilai edukasi. Berwisata ke Candi Arjuna yang merupakan peninggalan sejarah dapat menambah pengetahuan mengenai arti dari masing-masing bentuk khas candi, serta kisah sejarah yang melatarbelakangi dibangunnya candi tersebut. Setelah berwisata ke kawasan ini, Anda tidak hanya akan mendapat kebahagiaan namun juga mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker