News

Inilah Penyebab Baterai iPhone Sering Drop Dan Cara Mengatasinya

Advertisement

Inilah Penyebab Baterai iPhone Sering Drop Dan Cara Mengatasinya – Baterai merupakan salah satu bagian terpenting dari Smartphone maupun iPhone. Salah satu masalah yang paling sering menghampirinya adalah ‘ngedrop’ alias daya baterai yang cepat habis.

Inilah Penyebab Baterai iPhone Sering Drop Dan Cara Mengatasinya

Nah apabila baterai smartphone Anda sudah menunjukkan gejala ngedrop, seperti mudah habis dayanya setelah dicharge atau bahkan kadang tidak bisa dicharge sama sekali terlebih dahulu cari tahu apa penyebabnya. Karena daya tahan baterai iPhone yang sering melemah diakibatkan sejumlah faktor yang mungkin kamu tidak sadari. Apa saja penyebab-penyebab itu? Merangkum informasi Business Insider, Jumat (16/12/2016), berikut ulasannya.

1. Menggunakan iPhone di Suhu Ekstrem

Menggunakan iPhone dalam suhu yang ekstrem ternyata dapat mengurangi daya tahan baterai. Jika kamu menggunakan iPhone dalam lingkungan dengan suhu lebih dari 35 derajat celsius atau kurang dari 0 derajat celsius, risiko kerusakan baterai iPhone akan meningkat.

Bahkan, jika pengguna memakai iPhone dalam suhu rata-rata 25 derajat celsius per tahun, daya tahan baterai akan berkurang sebanyak 20 persen.

2. Menunggu Baterai Hingga 0 Persen

Jika kamu berpikir iPhone harus segera di-charge ketika baterai sudah di angka 0 persen, kamu salah. Menunggu baterai iPhone hingga 0 persen sangat tidak disarankan. Setidaknya, charge iPhone milikmu ketika baterai berada di bawah angka 50 persen atau paling rendah di 28 persen.

3. Membiarkan Layar iPhone Menyala Terus

Hal ini dinilai ‘wajar’, terlebih bagi pengguna iPhone yang sibuk dan teledor. Padahal, membiarkan layar iPhone terus menyala berisiko mengurangi daya tahan baterai secara ekstrem. Matikan layar iPhone ketika saat tidak digunakan, atau jika kamu termasuk pengguna aktif, kurangi tingkat kecerahan layar agar tidak mengkonsumsi baterai.

4. Menyalakan Wi-Fi dan Bluetooth Terus Menerus

Mengaktifkan kedua koneksi nirkabel ini juga sangat memakan daya baterai iPhone. Biasanya, fitur ini digunakan saat mengirim dokumen atau mengaktifkan fitur Personal Hotspot. Matikan kedua fitur ini jika kamu tidak menggunakan koneksi nirkabel.

5. Mengatur Tingkat Kecerahan Hingga 100 Persen

Coba kembali atur tingkat kecerahan iPhone-mu agar tidak terlalu terang. Hindari memaksimalkan tingkat kecerahan hingga 100 persen karena dapat memakan daya tahan baterai dalam porsi yang banyak.

Untuk mengakalinya, kamu bisa mengaktifkan fitur Auto Brightness untuk mengatur tingkat kecerahan layar sesuai dengan kondisi pencahayaan.

Baca : Cara Menghemat Baterai pada iPhone agar Tahan Lama

Sementara itu, pada baterai smartphone yang cepat ngedrop dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya OS Android mempunyai sistem pengaturan baterai yang akan menampilkan kapasitas dari baterai itu sendiri. Namun, ada kalanya sistem tersebut rusak dan daya yang ditampilkan tidak sama dengan yang ada tersimpan di dalam baterai. Hal ini lah yang terkadang membuat smartphone mudah ngedrop padahal baterai masih bekerja normal. Nah, kalibrasi adalah metode untuk mengembalikan sistem pengaturan baterai smartphone Android agar kembali seperti sedia kala.

Sejatinya ada beberapa cara untuk melakukan kalibrasi antara lain menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga atau me-root smartphone. Tetapi, ada satu langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengkalibrasi smartphone tanpa harus susah payah mengunduh aplikasi dan root.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengkalibrasi smartphone adalah mengisi ulang baterai hingga penuh. Setelah baterai terisi penuh, cabut charger dan matikan smartphone.

Saat smartphone dalam posisi mati, lakukan pengisian daya kembali sampai baterai terisi penuh. Lalu kembali cabut charger,hidupkan smartphone, dan atur agar lampu latar belakangnya untuk terus hidup. Anda bisa melakukannya di opsi ‘Tampilan’ di menu pengaturan.

Sekali lagi isi ulang daya baterai sampai 100 persen dalam kondisi smartphone hidup. Kemudian lepas charger dan pakai smartphone seperti biasa hingga baterainya habis atau mencapai 0 persen.

Selesai! Smartphone Anda sudah terkalibrasi dan Anda bisa mengisi ulang lagi dayanya dan digunakan seperti biasa. Smartphone pun tidak akan mudah ngedrop lagi. Anda juga bisa mengulangi cara ini jika baterai smartphone kembali ngedrop.

Akan tetapi, cara perlu diketahui bila cara ini mungkin tidak akan bekerja pada smartphone yang baterainya sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan secara fisik, seperti menggelembung dan sebagainya. Satu lagi, jangan lupa mengembalikan pengaturan lampu background smartphone agar bisa ‘tidur’ secara otomatis sehingga smartphone Anda tidak terus menyala.

Demikianlah penyebab baterai iPhone dan Smartphone boros dan cara mengatasinya, semoga dapat bermanfaat. Artikel ini di ambil dari liputan6.com dan merdeka.com

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker