GadgetNews

Tips Jitu Membeli Gadget Second Agar tidak Menyesal

Advertisement

Tips Jitu Membeli Gadget Second/Bekas Agar tidak Menyesal – Seringkali kita bingung saat akan membeli sebuah gadged dengan dana terbatas. Mau beli baru tapi harganya tidak mencukupi, tetapi jika beli bekas, takut jika barangnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Tapi jangan khawatir, karena tips yang kami bagikan di bawah ini bisa menjadi solusi buat anda yang ingin membeli gadget bekas.

Tips Jitu Membeli Gadget Second Agar tidak Menyesal

1. Perhatikan Tempat Pembelian

Ketika hendak membeli gadget bekas, anda harus memperhatikan lokasi tempat pembelian anda. Apakah penjual tersebut sudah punya nama/terpercaya atau tidak. Serta penting juga untuk mengenali lokasi tempat anda membeli. pastikan lokasi lapak penjualnya tersebut meyakinkan. Intinya, jadilah pembeli yang pintar, pilihlah penjual yang benar-benar anda percayai untuk membeli gadet bekas. Pilihlah penjual yang bisa memberi penjelasan mendetail tentang fitur dan keunggulan gadget tersebut. Karena jika sudah salah membeli, anda hanya akan membuang-buang uang saja.

2. Perhatikan Pasaran Harga Jual

Perhatikan harga baru dari gadget tersebut, jika penjual menjualnya dengan harga yang tinggi perbandingkan dengan kondisi dan harga jual barunya. Jangan mudah tertipu oleh penjual yang curang. Harga yang tidak wajar atau dibawah rata-rata juga perlu anda perhatikan, jangan hanya karena murah lalu anda membelinya. Mungkin saja itu gadget palsu atau memang sudah rusak.

3. Kondisi Gadget, Garansi, dan Segel

Perhatikan kondisi gadget yang hendak anda beli sedetail mungkin. Cek bentuk dan luka yang ada pada gadget. Periksa semuanya mulai dari posisi depan, belakang, samping kanan dan kiri, serta kondisi dalam gadget. Perhatikan pula baterai, apakah baterai sudah menggembung atau tidak, original ataukah palsu. Memperhatikan garansi pada gadget juga harus anda lakukan, alih-alih jika terjadi kerusakan anda dapat menggunakan garansi tersebut. Segel pada bagian dalam gadget juga perlu anda lihat.

Jika masih utuh, anda dapat mempertimbangkan untuk membelinya, namun jika segel sudah rusak atau telah terbuka lebih baik urungkan saja untuk membelinya. Kejelian tersebut harus anda lakukan untuk mendapatkan gadger yang sesuai dengan keinginan anda.

4. Cek Nomor Seri dan Lakukan Test serta Cek Fitur Control Aksesoris Gadget

Hal yang harus anda lakukan yaitu dengan mengecek nomor seri, cek fitur control aksesoris gadget dan lakukan test pada gadget yang akan dibeli. Cara yang anda lakukan cukup mudah, untuk mengecek nomor seri anda dapat mencocokannya dengan kardus atau dengan menekan tombol *#06#. Hal tersebut dilakukan agar gadget yang anda beli benar-benar asli ataukah palsu.

Untuk mengecek fitur control aksesoris anda dapat mengeceknya dengan menekan tombol *#*#2664#*#*, hal ini guna untuk mengecek apakah layar sentuh pada gadget baik-baik saja. Selanjutnya lakukan test sederhana sebelum membelinya yaitu dengan menekan *#0*#. Test ini sangat berguna untuk mengetahui warna, suara, getar, touch, sensor, kamera baik depan maupun belakang, speker, dan lain-lain. Dengan melakukan beberapa cara tersebut anda dapat mengetahui performa gadget yang akan anda beli.

5. Cek Kelengkapan dan Semua Fungsi Gadget

Hal yang harus anda kontrol juga yaitu kelengkapan gadget dan fungsi kelengkapan. Periksa mulai dari kardus, buku panduan, earphone, adapter charger dan kabel USB, jack audio, test speaker dan microphone, dan periksa tombol home, power, volume. Pastikan semuanya ada dan berjalan dengan baik.

Baca : Harga Smartphone 4G LTE Murah Di Bawah 1 Jutaan

Itulah ke lima tips yang dapat anda gunakan dalam memilih gadget second agar tidak menyesal dikemudian hari. Pastikan anda menjadi pembeli yang cerdas. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker