News

Tips Jitu Mempercepat Charging HP Android

Advertisement

Tips Jitu Mempercepat Charging HP Android – Seringkali kita harus rela bersabar dalam mengisi baterray HP yang habis atau lowbatt. Seringkali proses itu bahkan hingga sampai berjam-jam. Nah buat anda yang bosan dengan proses menunggu yang terlalu lama tersebut, ada baiknya jika anda ikuti tips-tips yang kami bagikan berikut ini, agar anda bisa mempercepat proses charging dengan aman dan mudah. Bagaimana caranya? Berikut ulasan lengkapnya

Tips Jitu Mempercepat Charging HP Android

1. Gunakan colokan listrik rumah

Mungkin Anda merasa bahwa mencolokkan kabel charger HP Anda pada laptop adalah hal yang praktis untuk menyetrum baterai Anda. Iya betul sih, mungkin praktis, namun baterai Anda tidak akan ter-charge secara cepat. USB 2.0 hanya bisa memberi daya 2.5 watt; serta USB 3 memberi 4.5 watt daya pada baterai. Dibandingkan dengan daya yang di ambil langsung dari colokan listrik di rumah Anda, maka daya itu terlalu lemah untuk bisa mengisi baterai HP Anda.

2. Gunakan fasilitas Fast Charging

Sekarang banyak HP Android yang memiliki fitur penyetruman baterai secara cepat dengan menggunakan fasilitas fast charging. Fitur ini mampu memasukkan daya listrik hingga 15 watt pada baterai yang sedang di-charge, sehingga pengisian baterai menjadi sangat cepat.

Baca : Penyebab Baterai Smartphone Android Cepat Habis

Walau begitu, Anda perlu tahu bahwa walau pun HP Anda mendukung fast charging, charger-nya belum tentu mendukung fasilitas tersebut. Oleh karena itu Anda perlu memperhatikan spesifikasi charger Anda; jika memang belum mendukung fasilitas fast charging, Anda bisa menggantikannya dengan charger yang telah mendukung fasilitas tersebut.

3. Gunakan fitur penghemat baterai

Setiap HP Android umumnya telah memiliki fitur mode penghemat baterai (battery-saving mode). Pada saat Anda mengisi baterai, aktifkan fitur ini pada saat Anda mengisi baterai, sehingga proses pengisiannya menjadi lebih cepat.

4. Matikan fitur-fitur yang tak penting

Sebelum Anda mengisi baterai, pastikan dulu untuk memeriksa HP Anda. Pastikan bahwa Anda telah mematikan fitur-fitur yang tidak terlalu penting namun mampu menggerus isi HP secara cepat. Beberapa fitur yang perlu Anda matikan itu (kalau memang masih aktif) adalah Bluetooth, Wi-Fi, GPS, atau juga fitur NFC. Anda juga perlu mematikan fitur backup atau update otomatis pada HP, karena semua itu juga menyedot dan memperlambat proses pengisian baterai.

5. Menghidupkan Mode Pesawat

Secara prinsip, semakin sedikit energi yang dikeluarkan HP saat di-charge, maka proses pengisiannya pun semakin cepat. Dalam hal ini, proses pencarian sinyal adalah salah satu aktifitas HP yang sangat menyedot energi.

Mode pesawat (airplane mode) adalah mode pesawat yang memungkinkan Anda untuk mematikan sistem pencarian sinyal oleh HP; dalam hal ini HP Anda akan berhenti menerima sinyal telepon. Dengan berhentinya HP melakukan proses pencarian sinyal, maka energi yang terpakai akan semakin berkurang, dengan begitu proses pengisian baterai akan berlangsung lebih cepat.

6. Jangan menggunakannya pada saat charging

Salah satu penyedot energi listrik baterai yang paling besar adalah layar. Jika Anda menggunakannya pada saat pengisian baterai, maka proses pengisiannya akan menjadi lebih lama. Begitu pula jika Anda sebentar-sebentar menghidupkannya demi untuk melihat SMS atau WA, aktifitas ini juga akan memperlambat proses pengisian baterai karena layar dipaksa untuk hidup dan mati setiap saat.

7. Mematikan HP

Jika Anda ingin lebih cepat lagi dalam mengisi baterai, matikan HP Anda selama HP diisi. Pada kondisi mati, semua energi listrik tidak akan terpakai sedikitpun untuk mengaktifkan aplikasi HP, namun akan masuk seluruhnya ke baterai, sehingga baterai akan lebih cepat terisi, bahkan dibandingkan dengan saat Anda menggunakan fitur Mode Pesawat.

Baca : Tips Agar Baterai iPhone Tahan Lama

Demikian adalah beberapa tips untuk mempercepat pengisian baterai HP Android. Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker