News

Penyebab dan Cara Mengatasi Noise pada Smartphone

Advertisement

Penyebab dan Cara Mengatasi Noise pada Smartphone – Saat ini Smartphone bukan lagi sebuah alat yang hanya digunakan untuk kebutuhan berkomunikasi, melainkan lebih dari itu Smartphone juga dapat digunakan untuk kebutuhan mengabadikan momen atau fotografi. Namun walaupun demikian seringkali para pengguna smartphone merasa terganggu ketika foto yang dihasilkan tidak jernih dan cenderung ‘Noise’.

Penyebab dan Cara Mengatasi Noise pada Smartphone
Oleh karena itu ada baiknya anda membaca ulasan dibawah ini, agar dapat mengetahui penyebab dan cara mengatasi noise yang terdapat pada smartphone anda.

Penyebab Noise Pada Smartphone

Noise adalah sebuah kondisi dimana sebuah foto yang dihasilkan oleh kamera memiliki bintik-bintik berwarna yang tentunya mengganggu nilai keindahan dari foto tersebut.

Noise sendiri dapat timbul pada foto yang dihasilkan oleh smartphone dikarenakan instensitas cahaya yang diterima oleh lensa kamera terlalu rendah sehingga kamera akan memaksakan kinerjanya untuk meninggikan cahaya dan akhirnya membuat kerapatan pixel menjadi terpecah serta menyebabkan hasil foto terkesan berbintik-bintik.

Cara Mengatasi Noise Pada Smartphone

1. Foto dengan intensitas cahaya yang cukup

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya mengenai penyebab dari noise yang dikarenakan minimnya intensitas cahaya maka cara paling ampuh untuk mengatasi noise adalah dengan memastikan jika anda memfoto suatu objek pada area / tempat yang terang. Oleh karena itu hindari memfoto sebuah objek di malam hari ataupun di tempat yang minim cahaya agar kamera tidak memaksakan kinerjanya.

Untuk itu anda dapat memanfaatkan sinar alami dari cahaya matahari ataupun cahaya penerangan lainnya sehingga intensitas cahaya yang diterima oleh lensa kamera pun dapat termaksimalkan.

2. Menggunakan Flash kamera

Hampir seluruh smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan flash internal yang dapat anda gunakan kapan saja. Oleh karena itu manfaatkanlah flash tersebut untuk menjepret foto pada area / tempat yang gelap agar foto anda mendapatkan intensitas cahaya yang cukup. Namun walaupun demikian penggunaan flash ini juga kurang efektif karena biasanya akan menghasilkan ‘Red eye’ pada foto dengan objek manusia sehingga hasil foto pun kurang baik.

3. Hindari Zoom

Ketika hendak mengambil foto dari jarak jauh usahakan untuk tidak menggunakan fitur Zoom melainkan dengan mendekati objek foto tersebut secara langsung. Hal ini dikarenakan fitur Zoom dapat merusak kualitas sebuah hasil jepretan yang mana biasanya akan terlihat distorsi dan blur. Hal ini sebenarnya dikarenakan smartphone anda memaksakan pixel yang terdapat pada lensa kamera sehingga hasil foto pun terkesan berbintik dan noise.

4. Fitur Filter Noise

Apabila smartphone anda sudah didukung oleh fitur ‘Filter Noise’ maka anda dapat memanfaatkannya untuk mengurangi noise pada hasil jepretan foto. Walaupun fitur ini tidak menjamin hasil foto anda akan sepenuhnya terbebas dari noise namun setidaknya dengan fitur ‘Filter Noise’ hasil foto anda akan lebih baik.

5. Menggunakan aplikasi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengurangi noise pada hasil foto smartphone anda adalah degnan menggunakan aplikasi editor yang memiliki fitur ‘Reduce Noise’ (Mengurangi Noise) untuk menghilangkan noise yang dapat diunduh di playstore secara gratis seperti misalnya Picsart, Photoshop Express, atau aplikasi editor foto lainnya.

Baca : Cara mempercepat Charging Smartphone

Demikianlah di atas informasi yang dapat kami bagikan seputar penyebab dan cara mengatasi noise yang terdapat di kamera smartphone anda. Dengan demikian, harapannya hasil foto dari smartphone anda tidak lagi dihiasi oleh bintik-bintik noise yang seringkali mengganggu, dan bisa menghasilkan gambar yang maksimal layaknya kamera profesional. Nah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker