Wisata

Harga Tiket Masuk Telaga Pengilon Wonosobo Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Telaga Pengilon Wonosobo Terbaru – Kawasan wisata Telaga Pengilon yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah menyimpan sejuta keindahan yang sangat memanjakan mata. Telaga yang tepatnya berada di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar ini lokasinya berdekatan dengan kawasan wisata Telaga Warna dan berada 1 km dari Candi Dieng.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon dan Telaga Warna sering dijuluki sebagai telaga kembar. Namun meski begitu, keduanya tetap berbeda. Luas Telaga Pengilon lebih kecil jika dibandingkan dengan Telaga Warna.

Di samping itu, Telaga Warna tidak bisa dijadikan sebagai tempat hidup ikan karena airnya mengandung banyak belerang. Sedangkan Telaga Pengilon bisa dijadikan tempat hidup ikan karena airnya yang jernih dan tidak mengandung belerang. Maka tidak heran jika banyak penduduk setempat maupun wisatawan memancing di Telaga Pengilon ini. Keberadaan Telaga Pengilon juga sering dimanfaatkan penduduk untuk mengairi area persawahan mereka.

Kawasan wisata Telaga Pengilon sudah didukung dengan berbagai fasilitas yang memadai, mulai dari toilet, mushola, hingga berbagai warung dan area camping. Warung-warung di sekitar Telaga Pengilon menjajakan beraneka macam jenis makanan yang dijamin dapat memanjakan lidah wisatawan. Wisatawan yang mengunjungi Telaga Pengilon bisa melakukan camping sambil bersantai menikmati suasana yang menenangkan jiwa di telaga ini.

Panorama alam di sekitar Telaga Pengilon terasa sangat asri karena dikelilingi oleh perbukitan hijau yang terhampar luas. Udaranya pun sangat segar, jauh dari polusi.

Nama Telaga Pengilon diambil dari Bahasa Jawa yang berarti “kaca atau tempat berkaca”. Nama ini dipilih karena air di telaga ini sangat jernih, sebening kaca.

Ada sebuah mitos menarik yang cukup melekat pada Telaga Pengilon. Apabila Anda berkaca di air telaga ini dan menunjukkan bayangan wajah yang enak dipandang, maka dianggap bahwa Anda mempunyai hati yang baik dan bersih. Begitupun sebaliknya, jika bayangan di air menunjukkan wajah yang buruk atau tidak enak dipandang maka artinya hati Anda tidak sepenuhnya baik atau bersih.

Mitos tersebut rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Banyak wisatawan yang menjajal untuk melakukan hal tersebut.

Selain mitos, ada juga kisah legenda yang meliputi asal muasal terbentuknya Telaga Pengilon. Diceritakan dahulu kala ada seorang Ratu yang memiliki putri sangat cantik. Putri tersebut kemudian diperebutkan oleh dua ksatria yang ingin menikahinya. Sang ratu pun akhirnya mengadakan sayembara untuk menentukan ksatria yang akan dipilih. Sayembara itu adalah untuk membuat telaga yang cantik.

Ksatria pertama dapat membuat danau dalam waktu yang cepat. Sedangkan ksatri kedua membuat danau dengan waktu yang lebih lambat namun hasilnya sangat indah. Danau inilah yang dinamakan Telaga Pengilon. Maka sang putri memilih ksatria yang kedua. Keduanya pun kemudian menikah.

Bagi wisatawan yang gemar berfoto bisa menjadikan perbukitan hijau dan air dari Telaga Pengilon sebagai latar foto yang apik. Spot terbaik lainnya untuk berfoto adalah memotret dari atas bukit, maka view dari Telaga Pengilon yang tertangkap kamera akan lebih luas.

Harga Tiket Masuk Telaga Pengilon Wonosobo

Kawasan wisata Telaga Pengilon beroperasi mulai pukul 06.00-18.00 WIB. Untuk memasuki Telaga Pengilon, wisatawan hanya dipungut biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000. Harga tiket ini sudah termasuk satu paket untuk mengakses Telaga Warna.

Rute menuju Telaga Pengilon terbilang strategis dan mudah. Dari alun-alun di pusat Kota Wonosobo, pilih jalur sebelah barat yang menuju ke Dieng. Lalu saat tiba di pertigaan Dieng, pilih jalur kiri. Kemudian perjalanan tinggal dilanjutkan sampai menjumpai Telaga Warna yang berada di kiri jalan. Sedangkan kalau ke kanan jalan, Anda akan mengarah ke Banjarnegara.

Sebelum sampai ke Telaga Pengilon, Anda akan melalui Telaga Warna terlebih dahulu. Ada rute lain untuk menuju ke Telaga Pengilon, yaitu melalui Desa Jojogan. Akan tetapi rute ini terbilang lebih sulit. Dari pintu masuk, Anda akan berjalan terlebih dahulu sepanjang 300 meter melewati jalan setapak. Sepanjang perjalanan Anda akan ditemani dengan pemandangan alam yang sangat memukau.

Itulah tadi sedikit ulasan tentang Telaga Pengilon yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih jika sedang berada di Wonosobo. Tapi kalau berwisata ke sini jangan lupa untuk selalu menjaga kelestarian alamnya agar selalu indah dan nyaman untuk berwisata.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker