Wisata

Harga Tiket Masuk Batu Ratapan Angin Wonosobo Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Batu Ratapan Angin Wonosobo Terbaru – Batu Ratapan Angin adalah sebuah kawasan wisata yang berada di Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Tempat ini sudah cukup populer, terutama bagi traveler yang menyukai wisata alam.

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin juga sering dijuluki sebagai Batu Pandang Telaga Warna atau Batu Pandang Dieng. Objek wisata ini merupakan dua buah batu yang saling bertumpuk di atas perbukitan yang ada di komplek Telaga Warna Dieng.

Disebut dengan nama Batu Ratapan Angin karena di area ini semua orang dapat merasakan hembusan angin yang sangat menyejukkan. Selain itu, lokasi batu yang berada di ketinggian ini dikelilingi semak belukar dan pepohonan yang bisa menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. Hembusan angin yang berputar dan bersentuhan dengan daun-daun pohon menciptakan suara gemerisik halus layaknya siulan dan ratapan.

Lokasi Batu Ratapan Angin yang terletak di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar ini berada tepat di atas kawasan wisata Telaga Warna. Oleh sebab itu, tempat ini merupakan spot terbaik untuk bisa mengambil foto pemandangan secara lebih luas. Bahkan banyak pasangan yang akan menikah melakukan sesi foto pre-wedding di sini.

Di samping itu, Batu Ratapan Angin juga bisa menjadi titik terbaik untuk menikmati panorama alam Dieng dari segala sudut. Keindahan Telaga Warna, Telaga Pengilon serta gunung dan perbukitan hijau sangat terlihat jelas dari Batu Ratapan Angin.

Objek wisata lain, seperti Kawah Sikidang, Candi Bima, dan Kompleks Eksplorasi Gas Pertamina juga bisa terlihat dari Batu Ratapan Angin. Pemandangan dari Batu Ratapan Angin akan semakin indah ketika ditemani sunset. Alam sekitar Batu Ratapan Angin akan disinari semburat sinar matahari yang tampak elok.

Bagi wisatawan yang gemar menguji adrenalinnya, ada wahana flying fox yang bisa dinaiki. Wahana ini sekaligus bisa membwa wisatawan untuk melihat pemandang khas Dieng dari ketinggian sambil meluncur kencang.

Batu Ratapan Angin memiliki wahana bernama Jembatan Merah putih yang dapat diakses secara gratis. Jembatan tersebut dibangun di atas Batu Ratapan Angin dengan ketinggian 50 meter. Jembatan Merah Putih ini menghubungkan dua bukit yang ada di dekat Batu Ratapan Angin.

Keberadaan Jembatan Merah Putih juga sering dijadikan sebagai spot foto bagi para pengunjung. Namun pengunjung harus tetap mengantri dan berhati-hati karena posisi jembatan yang cukup tinggi. Semua pengunjung harus menjaga agar tidak terlalu banyak orang berada di jembatan untuk mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kawasan Batu Ratapan Angin sudah dilengkapai dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan para pengunjungnya. Ada area camping, area parkir yang luas, toilet, mushola, dan juga warung-marung.

Harga Tiket Masuk Batu Ratapan Angin Wonosobo

Kawasan wisata Batu Ratapan Angin dibuka pukul 06.00-18.00 WIB. Retribusi tiket masuk ke Batu Ratapan Angin sebesar Rp 10.000. Biaya yang cukup murah untuk pemandangan yang tiada duanya ini. Sedangkan untuk wisatawan yang ingin menjajal wahana flying fox, akan dipungut biaya sebesar Rp 20.000.

Rute menuju Batu Ratapan Angin sangat mudah, terlebih bagi Anda yang sudah mengetahui lokasi Telaga Warna. Dari pertigaan Dieng, ambillah jalur kiri yang menuju ke Telaga Warna. Ketika sudah sampai di Telaga Warna, ambillah jalur ke kanan atau bagian selatan dari Telaga Warna. Letak Batu Ratapan Anginpun juga berdekatan dengan Dieng Plateau Theater yang jaraknya hanya sekitar 50 meter saja.

Dari loket pembayaran tiket atau pos penjagaan, wisatawan akan melintasi jalan setapak berbatu sepanjang 100 meter. Kontur jalan yang harus dilalui akan sedikit menanjak dan berdebu. Di sepanjang perjalanan ini akan ditemani dengan pemandangan dari jajaran perkebunan wortel dan kentang. Dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit, wisatawan akan langsung dihadapkan dengan panorama menakjubkan di Batu Ratapan Angin.

Bagi Anda yang merasa penat dengan suasana padat di perkotaan, tentu sangat cocok untuk mengunjungi Batu Ratapan Angin. Karena objek wisata ini menawarkan panorama alam yang masih sangat natural dan tentunya dapat memberikan kesegaran pada diri Anda.

Bagi wisatawan yang baru pertama berkunjung ke Batu Ratapan Angin tidak perlu merasa bingung. Karena akan ada pemandu wisata yang disediakan di lokasi wisata ini.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker