Wisata

Harga Tiket Masuk Telaga Merdada Wonosobo Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Telaga Merdada Wonosobo Terbaru – Telaga Merdada merupakan telaga terluas di Dataran Tinggi Dieng. Telaga yang terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ini luasnya mencapai 25 hektar. Telaga ini merupakan telaga tadah hujan. Sehingga, pada musim kemarau, debit air telaga ini bisa menurun drastis atau bahkan kering dan memperlihatkan endapan-endapan lumpurnya. Sehingga, bila Anda ingin berkunjung ke tempat ini, ada baiknya bila saat musim penghujan.

Telaga Merdada

Telaga Merdada diperkirakan terbentuk akibat letusan gunung Dieng yang terjadi ribuan tahun lalu. Aktivitas vulkanik yang sangat dahsyat meninggalkan kawah besar seperti cerukan yang sangat luas. Dan pada saat musim penghujan, cerukan tersebut terisi oleh air hujan menjadi danau. Arti kata ‘merdada’ pada Telaga Merdada merujuk pada kata ‘dada’ yang berarti luas atau lapang. Meskipun ada juga mitos-mitos lain yang membingkai keberadaan tempat wisata ini.

Telaga Merdada diapit oleh 2 bukit, yaitu Bukit Pangonan dan Bukit Sumurup (yang nama aslinya adalah bukit Summer Up, namun ada salah pengucapan oleh masyarakat di sana). Dinamakan Bukit Summer Up karena tanahnya yang berwarna merah dan seringkali terjadi kebakaran di bukit tersebut.

Keberadaan Telaga Merdada sangatlah penting untuk keberlangsungan pertanian penduduk Dieng. Karena air di telaga ini digunakan untuk mengaliri sawah dan kebun terutama lahan kentang yang ada di sana. Selain kentang, daerah sekitar Telaga Merdada juga dimanfaatkan untuk budidaya carica yang menjadi oleh-oleh khas daerah Dieng. Sedangkan di sebelah timur Telaga Merdada, ada barak-barak yang digunakan untuk menanam jahe jepang atau biasa disebut wasabi.

Di telaga ini, Anda dapat mencoba bermain kayak. Pihak pengelola menyediakan 2 jenis kayak yang dapat disewa pengunjung, yaitu kayak dengan kapasitas 1 orang/ single atau kayak dengan kapasitas 2 orang/double.

Berbeda dari kebanyakan olahraga kayak lainnya yang biasa dilakukan di daerah dengan cuaca hangat. Dikarenakan Telaga Merdada terletak di dataran tinggi, cuaca di sinipun biasanya juga cukup dingin. Sehingga, sering sekali ada kabut menyelimuti telaga ini. Jadi jika Anda mencoba permainan kayak di Telaga Merdada ini, mungkin Anda dapat merasakan sensasi digiring ke arah gumpala kabut Telaga Merdada yang seperti mengambang di atas awan.

Fasilitas-fasilitas dasar juga telah tersedia di kawasan wisata ini. Fasilitas seperti area parkir yang luas, kamar mandi, dan mushola sudah tersedia untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Anda juga dapat menemui warung-warung makan yang dikelola oleh penduduk setempat di area ini. Pengelola juga menyediakan tempat untuk beristirahat dan juga tempat berkemah untuk Anda yang berminat.

Harga Tiket Masuk Telaga Merdada Wonosobo

Anda dapat mengunjungi Telaga Merdada setiap hari dari pukul 07.00-16.00 WIB. Harga tiket untuk masuk ke lokasi wisatanya pun cukup terjangkau, sekitar Rp 5.000/orang. Menarik bukan?!

Untuk harga persewaan kayak, kayak single Rp 25.000 sedangkan kayak double adalah Rp 50.000. Anda dapat menikmati permainan ini selama setengah jam. Dan sebelum menaiki kayak, pengunjung harus mengenakan pelampung dan helm terlebih dahulu.

Banyak orang yang beranggapan bahwa Telaga Merdada terletak di Kabupaten Wonosobo karena menganggap kawasan ini terletak tidak jauh dari Dieng. Namun sebenarnya, Telaga Merdada sudah masuk ke Kabupaten Banjarnegara.

Untuk jalan menuju ke lokasi wisata, jika Anda dari Batur, lanjutkan perjalanan ke Desa Karang Tengah. Kalau dari pertigaan Dieng, ambil jalan yang menuju ke arah Banjarnegara hingga ada petunjuk yang mengarah ke kawasan Telaga Merdada. Jarak dari pertigaan Dieng ke Telaga Merdada hanya sekitar 3 kilometer, sehingga perjalanan ke sini tidak akan memakan waktu lama jika di ambil dari kawasan wisata Dieng melalui Jalan Raya Dieng.

Objek wisata Telaga Merdada bisa menjadi dijadikan tempat tujuan untuk liburan Anda selanjutnya. Terutama jika Anda berlibur ke kawasan wisata di sekitar Dataran Tinggi Dieng, pastikan untuk mampir sejenak untuk menikmati pesona alam danau ini.

Selain aksesnya yang mudah, fasilitasnya yang lengkap dan tempatnya yang menawan, belum banyak orang tahu akan adanya tempat indah ini. Sehingga, terutama bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan keramaian, Telaga Merdada bisa menjadi pilihan yang sangat pas untuk liburan Anda.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker