Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Puncak Manik Sukabumi Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Curug Puncak Manik Sukabumi Terbaru – Curug Puncak Manik merupakan salah satu curug dari beberapa curug di kawasan Ciletuh Geopark, Sukabumi. Curug Puncak Manik ini merupakan curug aliran air terakhir atau yang paling bawah dari rangkaian curug-curug yang ada di sungai Ciletuh. Pemandangan air terjun yang terletak di Desa Cibenda, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini tidak kalah indah dibanding dua curug lainnya, Curug Awang dan Curug Tengah.

Curug Puncak Manik

Keindahan alamnya yang mempesona menarik wisatawan untuk berkunjung ke sini. Di tempat ini, Anda dapat menikmati keasrian daerah pegunungan dan segarnya udara di sekitar air terjun. Aliran curugnya yang deras juga sangat efektif untuk menyegarkan pikiran kita dari kesibukan sehari-hari.

Tempat ini memiliki banyak mitos mengenai keberadaannya. Diantaranya, mitos pertama, dahula kala pada masa peperangan, babad Cirebon, Curug Puncak Manik ini digunakan sebagai tempat persembunyian prajurit-prajurit perang.

Mitos kedua, curug ini dahulu kala digunakan sebagai tempat menyimpan harta karun pada masa kerajaan. Dinamakan Curug Puncak Manik ini juga karena pada siang dan malam hari, akan terlihat cahaya yang berkilauan di bagian puncak air terjunnya. Mitos ini diperkuat dengan sering ditemukannya batu cincin berwarna-warni oleh orang-orang yang berkunjung ke curug. Dan merekapun percaya bahwa batu-batu tersebut merupakan sebagian sisa harta karun kerajaan dulu.

Mitos ketiga, masyarakat sekitar percaya bahwa Curug Puncak Manik adalah salah satu tempat yang dulu sering dikunjungi oleh istri Prabu Siliwangi, Kentring Manik. Air terjun ini diyakini sering dipakai Kentring Manik untuk mandi. Sehingga namanyapun dipakai untuk menamai curug ini, “Manik”.

Curug Puncak Manik memiliki ketinggian 100 meter. Menjadikannya sebagai curug tertinggi jika dibandingkan dengan curug-curug lain di kawasan Ciletuh Geopark, yakni Curug Awang dan Curug Tengah.

Harga Tiket Masuk Curug Puncak Manik Sukabumi

Lokasi wisata ini terbuka untuk umum selama 24 jam. Untuk masuk ke lokasi wisata air terjun Puncak Manik, Anda cukup membayar Rp 3,000/orang saja. Cukup terjangkau bukan!?.

Nah, karena masih minim pengelolaan, tidak heran jika jalan menuju ke curug belum terlalu bagus. Sehingga, trek jalan menuju ke sinipun juga cukup sulit. Pastikan Anda memakai sepatu atau alas kaki yang aman dan nyaman untuk menyusuru kawasan ini. Di samping itu, karena warung-warung yang berjualan di sekitar objek wisata ini juga masih jarang, ada baiknya Anda menyiapkan bekal terlebih dahulu.

Jalan menuju curug belum terlalu baik, karena terdapat banyak lubang-lubang yang membuat pengemudi motor maupun roda empat harus tetap waspada dan berhati-hati dalam berkendara. Namun, pemandangan sekeliling curug yang masih asri dan alami, akan sangat menyegarkan mata.

Sebelum sampai ke lokasi curug, Anda harus melewati tangga berundak-undak yang sangat panjang yang terdiri atas 1,000 buah anak tangga yang cukup landai sepanjang 700 meter. Karena panjangnya rute, tangga inipun mempunyai sebutan “Tangga Seribu”. Perjalanan ke sini memang menantang dan menguras energi. Namun, lagi-lagi pemandangan alamnya yang indah bisa mengobati lelahnya perjalanan.

Sayangnya, fasilitas di Curug Puncak Manik ini belum dikelola dengan baik seperti 2 curug lainnya. Bahkan fasilitas dasar seperti toilet, mushola, gerbang retribusi dan saung untuk beristirahatpun belum ada. Sehingga, jika Anda ingin menggunakan toilet, Anda harus mencarinya di desa sekitar kawasan wisata ini.

Untuk menuju ke Curug Puncak Manik, Anda dapat menggunakan Google Maps dalam membantu Anda menunjukkan arah ke objek wisata tersebut. Namun terkadang, jalan yang ditunjukkan Google Maps sedikit sulit dan tidak nyaman untuk dilalui pengunjung. Oleh karena itu, Anda bisa memilih opsi jalur lain untuk ke Curug Puncak Manik.

Dari arah Waluran, arah Tamanjaya dan juga arah Surade, silahkan ambil arah ke pertigaan Mareleng, lalu belok ke kiri, Anda akan melewati Kantor Desa Caringin Nunggal dan pasar. Setelah sampai ke pos ojek Mareleng, ambil arah kanan ke desa Cibenda melalui Jalan Mareleng-Cibenda Perumahan Kostrad, ikuti jalan hingga destinasi.

Curug Puncak Manik di kawasan Geopark Ciletuh merupakan surga tersembunyi di kabupaten Sukabumi. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi karena keindahan alamnya yang sempurna untuk Anda para traveller sejati.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker