Wisata

Harga Tiket Masuk Curug Cigangsa Sukabumi Terbaru

Advertisement

Harga Tiket Masuk Curug Cigangsa Sukabumi Terbaru – Indonesia merupakan negara yang kaya akan pesona keindahan alamnya. Curug Cigangsa yang terletak di Pasiripis, kecamatan Surade, kabupaten Sukabumi, Jawa Barat merupakan salah satu wujud keindahannya. Kawasan ini merupakan daerah wisata yang ada di sekitar Ujung Genteng. Meskipun terkenal akan keindahan pantainya, ada banyak objek wisata lain yang bisa di eksplor di daerah Ujung Genteng ini.

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa diperkirakan terbentuk akibat gempa yang sangat besar dan mengakibatkan longsor. Curug yang terdiri atas tiga tingkatan ini memiliki debit air yang kecil karena bagian hulu sungai pembentuknya sudah dibendung untuk irigasi sawah penduduk. Anda dapat menyaksikan keindahan Curug Cigangsa ini dari dua arah berbeda, dari atas dan bawah curug.

Dinding Curug Cigangsa yang menjadi tempat aliran air berwarna hitam. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Di sekitar curug, ada juga sebuah batu besar yang oleh masyarakat sekitar disebut dengan batu Masigit atau batu masjid. Mungkin karena bentuknya yang mirip dengan masjid.

Konon, nama Curug Cigangsa ini diambil dari nama sesepuh dan leluhur masyarakat sekitar curug, eyang Gangsa. Sehingga, curug inipun dikenal juga dengan sebutan Curug Luhur oleh masyarakat sekitar. Di sisi lain, kata ‘luhur’ bisa juga berarti ‘atas’ dalam bahasa Sunda. Mungkin karena letaknya yang berada di bagian atas aliran sungai.

Kalau dari segi sejarah, curug ini sering dijadikan tempat persembunyian oleh para pejuang kemerdekaan dari kolonial Belanda. Karena hingga sampai sekarang, hutan dan kebun yang lebat masih melindungi kawasan ini.

Harga Tiket Masuk Curug Cigangsa Sukabumi

Anda dapat kapan saja mengunjungi Curug Cigangsa, karena lokasi wisata ini terbuka selama 24 jam tiap harinya. Sedangkan untuk harga tiket masuknya, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 3,000/orang untuk masuk ke lokasi wisata ini. Ditambah lagi Rp 12,000/unit kendaraan sebagai biaya parkir. Sangat terjangkau bukan?!

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Curug Cigangsa adalah saat musim hujan akan berakhir dan sebelum musim kemarau datang. Hal ini dikarenakan, pada saat itu, aliran air di curug masih cukup deras, namun karena sudah jarang terkena hujan, aliran airnya jadi jernih, bebas dari endapan-endapan tanah.

Bila saat musim penghujan datang, kawasan ini terlalu berbahaya untuk dikunjungi. Sehingga seringkali warga melarang pengunjung untuk memasuki daerah curug karena aliran sungainya sangat deras dan berbahaya. Selain itu, hujan juga menjadikan air di curug terlihat keruh sehingga kurang menarik untuk dilihat.

Sedangkan bila Anda mengunjunginya saat musim kemarau, bersiaplah untuk kecewa karena terkadang air di curug kering dan mungkin hanya menyisakan genangan air seperti kolam. Sehingga, Anda tidak akan bisa menikmati keindahan air terjun Cigangsa yang mempesona dan deras tersebut.

Fasilitas di kawasan Curug Cigangsa ini juga belum memadai. Selain trek jalan ke lokasinya yang sulit, fasilitas dasar seperti toilet umum, mushola, dan juga saung untuk beristirahat juga sangat minim. Sehingga, jika Anda ingin menggunakan toilet dan beribadah sholat, Anda perlu keluar dari lokasi dan mencarinya di perumahan penduduk sekitar curug.

Bawa serta juga bekal makanan sendiri karena di daerah curug warung-warung tempat makan masih sangat jarang. Pastikan juga fisik serta kendaraan Anda dalam kondisi prima untuk menempuh perjalanan ini.

Rute perjalanan ke Curug Cigangsa memang cukup jauh dari pusat kabupaten Sukabumi. Dari Sukabumi ke arah selatan jaraknya sekitar 110 kilometer. Sedangkan kalau dari Curug Cikaso, jaraknya kira-kira 10 kilometer.

Untuk menuju ke Curug Cigangsa, bila dari arah Jampang Kulon, belok ke sebelah kanan jalan untuk masuk ke gang menuju Curug Cigangsa. Bila dari arah Ujung Genteng, gang menuju Curug Cigangsa ada di sebelah kiri. Setelah masuk ke gang menuju curug, Anda perlu melanjutkan perjalanan kira-kira 15 menit untuk sampai ke lokasi curug.

Disekitar akan ada warga yang mengarahkan Anda ke parkiran kendaraan. Setelah itu, Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki untuk melihat air terjun Cigangsa.

Nah, bagi Anda para pecinta alam sejati, Anda perlu mencoba menjelajahi Curug Cigangsa di Sukabumi ini.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker