News

Cara Mengetahui Keaslian Charger Smartphone

Advertisement

Cara Mengetahui Keaslian Charger Smartphone – Seperti yang kita tahu, charger asli pastinya dibuat sesuai dengan kebutuhan smartphone, karena pabrik mengetahui dengan pasti berapa daya yang dibutuhkan untuk mengisi ulang daya pada baterai smartphone tersebut. Lain halnya dengan charger palsu yang biasanya hanya menonjolkan sisi murahnya saja, tanpa mempedulikan keamanan dan fungsi optimalnya.

Cara Mengetahui Keaslian Charger Smartphone

Nah, buat anda yang ingin mengecek keaslian changer anda, maka berikut ini kami bagikan beberapa tipsnya.

1. Membandingkan Ciri Fisik Adapter dengan Adapter Asli

Banyak yang dapat dibedakan antara adapter asli dengan yang palsu, apabila adapter charger anda rusak, maka tetaplah bawa ketika anda akan membeli adapter charger yang baru guna mencocokkan desain adapter, dan berbagai tulisan yang tertulis pada adapter charger.

Pastikan untuk mencocokkan daya Input, dan daya output pada charger, perhatikan betul-betul logo brand yang tertera pada adapter, jika sedikit saja ada yang tidak sama, urungkan untuk membeli charger tersebut karena keasliannya patut dipertanyakan.

Selain tulisan, amati juga bentuk kepala adapter, apakah sudah sama persis dengan yang asli, kemudian perhatikan kaki adapter (colokan), biasanya terdapat detil kecil yang ditambahkan pabrik asli untuk membedakan mana adapter charger yang asli dan yang palsu.

Slot Kabel juga perlu diperhatikan, selain terkadang terdapat cacat, terkadang slot kabel yang memiliki bentuk dan ukuran berbeda dengan aslinya merupakan sebuah kecurigaan atas palsunya charger tersebut.

2. Menggunakan Program Aplikasi

Charger brand Samsung dan iPhone sangat marak pemalsuannya. Maka untuk mengatasi hal itu, dibuatlah sebuah aplikasi bertajuk Ampere, Ampere adalah aplikasi yang akan menghitung besaran daya yang masuk pada smartphone anda ketika smartphone sedang dicharge. Anda dapat mengecek apakah daya yang masuk sama dengan daya masuk dan keluar yang tertera pada adapter asli anda.

3. Memperhatikan Ciri Fisik Kabel USB

Selain adapter charger, ciri fisik kabel USB juga dapat diamati sebagai pembeda mana yang asli dan mana yang palsu. Kabel USB yang palsu dapat mempengaruhi proses transfer file yang lambat, dan pengisian daya yang lambat pula.

Perhatikan ketebalan dan panjang colokan ke smarpthone. Biasanya untuk yang asli ukurannya proporsional, tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Kemudian untuk charger Samsung, logo USBnya berwarna lebih sedikit pudar dibandingkan yang palsu.

Untuk charger Iphone yang asli, bahan dasar pembuatan kabelnya biasanya cenderung lebih kesat saat disentuh. Warna kabelnya putih mendekati ke abu-abu bukan putih susu. Anda jangan tergiur oleh bahan pembungkus kabel yang lebih halus, karena bahan yang halus biasanya terbuat dari plastik dan mudah sobek atau terkelupas.

4. Jangan Tergoda Harga Murah

Harga yang murah biasanya ditawarkan untuk memikat hati calon pembeli. Harga murah ini biasanya perlu diperiksa kembali agar tidak merasa tertipu di kemudian hari. Harga yang murah bisa saja disebabkan dihilangkannya faktor keamanan dari charger yang menjadi fitur penting barang elektronik.

5. Beli di Toko Resmi

Membelinya accessories pada outlet resmi brand smartphone anda menjadi senjata terakhir dimana keaslian sangat terjamin. Biasanya ditawarkan juga garansi sehingga pengguna mampu merasa lebih tenang jika ada sesuatu yang tidak diinginkan.

Baca : Cara Mempercepat Charging HP Smartphone

Nah, jadi mulai sekarang jangan sampai anda keliru memilih membeli charger dengan charger yang palsu yang pastinya faktor keamanannya tidak bisa di jamin. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker