News

Cara Membersihkan Data Smartphone Sebelum Pindah Tangan

Advertisement

Cara Membersihkan Data Smartphone Sebelum Pindah Tangan – Jika sudah merasa bosan dengan Smartphone yang anda miliki dan ingin memberikan kepada orang lain maupun dijual, ada hal penting yang harus diperhatikan agar tidak menyesal di kemudian hari. Salah satunya yaitu anda harus membersihkan data pribadi yang ada pada Smartphone tersebut sebelum pindah tangan ke orang lain. Apalagi jika Smartphone yang anda miliki digunakan untuk menyimpan data-data penting seperti, laporan keuangan, foto pribadi maupun video yang tidak ingin satu orang pun mengetahuinya kecuali anda.

Cara Membersihkan Data Smartphone Sebelum Pindah Tangan

Cara Membersihkan Data Smartphone – Untuk membersihkan data Smartphone sebelum di pindah tangan, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Berikut ini adalah langkah yang bisa anda gunakan untuk mengantisipasi sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap data pribadi Smartphone sebelum berpindah tangan ke orang lain.

Membersihkan Data Android

  • Langkah awal yang bisa anda lakukan terhadap Smartphone Android sebelum berpindah tangan ke orang lain adalah mengeluarkan kartu SIM dan micro SD. Karena saat ini Android sendiri berkambang dengan pesat dan beraneka ragam jenisnya, maka anda bisa mengikuti langkah berikut ini.
  • Jika Android anda menggunakan OS 4.0 ke bawah, silahkan masuk menu setting>privacy>factory data reset dan pilih reset. Seluruh data yang ada di dalam smartphone pun akan terhapus sepenuhnya. lakukan pengulangan sekali lagi untuk memastikan bahwa data benar-benar sudah tidak ada alias bersih.
  • Jika Android anda telah menggunakan Lolipop, langkah yang bisa kamu lakukan adalah masuk ke menu setting>privacy>factory data reset, dan klik erase everything. Biasanya pada Android 5.0 (Marshmallow) ke atas, kamu terkadang diminta untuk menghapus akun Google kamu. Maka silahkan masuk ke menu settings>accounts dan tap akun Google. Pilih akun email Google kamu, dan tap ikon menu dan pilih remove account. Setelah ini, kamu bisa reset dengan melalui settings>backup and reset>factory data reset, dan klik erase everything. Tips : Sebaiknya setelah akun google kamu lepas dari Android maka ubahlah password akun google dari perangkat komputer.

Baca : Tips Mempercepat Charging Android

Membersihkan Data IOS

Sementara untuk iPhone atau iPad sebelum melakukan pembersihan data penting anda harus keluar terlebih dahulu dari akun iCloud.  Hal ini dilakukan agar agar ativitas yang dilakukan pada akun iCloud sudah tidak aktif lagi. Selanjutnya buka menu settings>general>reset. Lalu pilih erase all content and settings>erase iPhone/iPad. Lalu konfirmasi bahwa anda benar ingin menghapus perangkat iOS dengan cara memasukkan kata sandi yang anda miliki.

Baca : Cara Menghemat Baterai IOS

Demikianlah tips untuk mengamankan data pribadi pada perangkat Smartphone yang anda miliki sebelum berpindah tangan ke orang lain. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker