News

Cara Mencegah Baterai Smartphone Kembung

Advertisement

Cara Mencegah Baterai Smartphone Kembung – Baterai dalam sebuah ponsel berperan sangat penting untuk melakukan segala aktivitas. Untuk itu baterai haruslah dijaga agar daya tahan baterai lebih lama. Namun tidak bisa dipungkiri lagi penggunaan baterai yang secara terus menerus akan menurunkan kualitas dari baterai tersebut, misalnya baterai cepat habis dan yang lebih parah lagi baterai mengalami perubahan dari bentuk fisiknya yaitu kembung.

Cara Mencegah Baterai Smartphone Kembung

Cara Mencegah Baterai Smartphone Kembung – Agar baterai Smartphone yang kamu miliki mampu bertahan lama dan tidak lekas kembung ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Berikut ini tips jitu agar baterai smartphone tidak mudah kembung.

Hindari Tempat yang Menghasilkan Suhu Panas

Selain paparan sinar matahari secara langsung, ada beberapa perangkat elektronik yang dapat menghasilkan suhu panas secara berlebih, untuk itu hindari meletakkan Smartphone di dekat alat elektronik yang menghasilkan panas berlebih, misalnya kulkas, CPU komputer, dan dashboard mobil. Untuk itu selalu berhati-hati dalam meletakkan Smartphone agar terhindar dari baterai yang cepat kembung.

Gunakan Charger Asli atau Original

Walaupun pengisian baterai dengan smartphone yang tidak asli alias palsu dapat menambah daya namun secara tidak langsung menggunakan charger palsu akan berdampak pada baterai Smartphone yang anda miliki. Karena penggunaan Charger yang tidak sesuai bisa saja menimbulkan aliran listrik yang berlebihan yang tidak sesuai dengan kapasitas baterai.

Baca : Cara Membedakan Charger Asli atau Palsu

Jangan Charger Smartphone Semalaman

Mengisi ulang baterai yang berlebihan bahkan semalaman akan berdampak kurang baik terhadap baterai Smartphone anda karena akan menyebabkan overheat dan panas dari charger secara perlahan akan merambat ke Smartphone, dan inilah yang akan memicu baterai Smartphone anda cepat kembung.

Baca : Cara Charger Smartphone dengan Cepat

Jangan Biarkan Baterai Kosong

Jangan keseringan membiarkan baterai Smartphone anda dalam keadaan kosong, karena hal ini akan memicu panas yang berlebih dan dapat menyebabkan baterai Smartphone cepat kembung. Untuk menghindari baterai yang kosong sebaiknya gunakan power bank untuk mengantisipasi hal tersebut, terutama jika hendak pergi jauh atau saat liburan ke luar kota.

Baca : Aplikasi Wajib Saat Liburan yang Harus Kamu Miliki

Hindari Penggunaan Smartphone Saat di Charger

Dalam mencharger Smartphone disarankan dalam keadaan mati atau tidak digunakan sama sekali, karena jika sedang di charger dan anda melakukan aktivitas dengan Smartphone maka akan timbul panas yang berlebih dan hal inilah yang akan mengakibatkan baterai Smartphone akan cepat kembung, yang lebih parah lagi juga dapat menyebabkan baterai smartphone mengalami kebocoran.

Demikianlah beberapa tips agar baterai Smartphone tidak mudah kembung, mungkin pembaca bisa menambahkan lebih banyak lagi bagaimana agar baterai smartphone tidak mudah kembung.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker