News

Inilah Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Menggunakan Baterai dan Charger KW

Advertisement

Inilah Bahaya yang Ditimbulkan Akibat Menggunakan Baterai dan Charger KW – Taukah anda, kebiasaan menggunakan atau membeli baterai dan charger KW menimbulkan resiko buruk bagi handphone kesayangan anda. Memang sih harganya jauh lebih murah bila di bandingkan dengan harga baterai atau charger original. Namun, yang seharusnya anda ketahui, jika selisih harga tersebut tak sebanding dengan resiko yang akan di timbulkan.

Inilah Penyebab Baterai iPhone Sering Drop Dan Cara Mengatasinya

1. Baterai KW Membuat Charger Bekerja Lebih Keras dan Lama

Di dalam baterai original, terdapat charger controller yang mampu mengontrol aliran listrik yang masuk ke dalam baterai. Jadi jika baterai sudah terisi penuh, fungsi ini akan menyetop aliran listrik yang terus masuk ke dalam baterai dari charger. Penggunaan baterai KW akan menyebabkan charger terus mengisi daya handphone walaupun baterai sudah terisi penuh. Hal ini disebabkan karena pada baterai KW tidak adanya pengkontrol aliran listrik yang masuk ke dalam baterai. Akibatnya, charger bekerja lebih keras dan lama apabila charger belum dicabut dari aliran listrik. Alhasil, charger akan cepat rusak dan anda perlu membeli charger baru.

2. Penggunaan Baterai KW Membuat Charger Cepat Rusak

Karena tidak adanya fungsi charger controller pada baterai KW, charger yang anda miliki akan cepat rusak karena digunakan untuk mengecharge terus menerus. Akibatnya charger anda menjadi cepat rusak dan memungkinkan anda untuk mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli charger yang baru.

3. Charger KW Membuat Komponen HP Cepat Rusak atau Aus

Di dalam handphone terdapat komponen-komponen kecil yang saling terhubung guna menjalankan aktifitas handphone. Jika anda menggunakan charger KW, komponen-komponen kecil yang ada di dalam handphone anda tersebut akan menjadi cepat rusak bahkan aus. Hal ini disebabkan karena aliran listrik yang dialirkan oleh charger KW tidak terkontrol sehingga di dalam handphone mandapatkan suply listrik yang berlebihan yang menyebabkan komponen tersebut terganggu. Imbasnya akan membuat daya tahan dan fungsi handphone menurun. Hal yang paling parah lagi yaitu komponen di dalam handphone menjadi aus.

4. Charger KW Membuat Baterai Cepat Rusak

Memang barang original memiliki kualitas yang baik dari pada barang KW yang menyodorkan harga murah dengan kualitas abal-abal. Penggunaan charger KW selain membuat komponen di dalam handphone cepat rusak dan aus juga membuat baterai handphone akan cepat rusak. Ukuran voltase dari charger original akan sesuai dengan keadaan di dalam baterai, beda halnya dengan charger KW. Memang charger KW memiliki voltase besar sehingga kecepatan mengisi daya baterai menjadi lebih cepat dari biasanya. Namun, hal tersebut dapat merusak baterai yang berisiko baterai akan rusak bahkan menggelembung sehingga tidak dapat digunakan dan menyebabkan handphone rusak.

Baca : Penyebab Baterai Smartphone Cepat Kembung

5. Baterai KW Cepat Panas Bila Menjalar Ke Komponen Lain

Beda halnya dengan baterai original yang memiliki charger controller yang mampu mengontrol berapa jumlah aliran listrik yang masuk ke dalam handphone. Baterai KW akan memasukkan semua daya yang di alirkan charger selama charger tersebut menancap di aliran listrik. Akibat yang ditimbulkan dari kejadian tersebut adalah handphone menjadi cepat panas karena listrik yang berlebihan di dalam baterai. Panas yang berlebihan akan mengakibatkan komponen lain bisa rusak karena rambatan dari baterai. Selain itu, handphone akan cepat lowbat ataupun cepat terisi penuh karena rusaknya komponen di dalam handphone. Lubang penyambung usb charger juga akan rentan rusak karena penggunaan baterai KW tersebut.

Baca : Cara Membendakan Charger Asli dan Palsu

Itulah 5 alasan kenapa menggunakan baterai dan charger handphone KW sangat tidak di anjurkan. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Check Also

Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker