Gadget

Tips Aman Menggunakan Fingerprint Smartphone

Advertisement

Tips Aman Menggunakan Fingerprint Smartphone –¬†Fingerprint merupakan salah satu fitur baru yang kini mulai marak ditanamkan pada teknologi smartphone. Terutama untuk smartphone kelas menengah ke atas. Dengan fitur tersebut, kita bisa dengan mudah untuk membuka ataupun mengunci smartphone. Cukup tempelkan jari yang kita daftarkan sebelumnya di layar, maka smartphone akan terkunci atau terbuka, dan saat terkunci hanya jari yang di daftarkan tersebut yang bisa membukanya.

Tips Aman Menggunakan Fingerprint Smartphone
Akan tetapi, meski tampaknya sangat sempurna, lebih aman dan mudah diterapkan, teknologi fingerprint yang ada dalam smartphone ini tentunya tetap masih ada titik kelemahannya. Nah, untuk itu silahkan simak ulasan di bawah ini untuk memaksimalkan penggunaan fingerprint. Berikut adalah Tips Smartphone Dengan Fingerprint Supaya Aman

1. Hindari menggunakan telunjuk dan ibu jari

Rata-rata para pengguna Smartphone menggunakan ibu jari dan jari telunjuk sebagai identitas biometrik pada gadget. Namun pilihan ini sebenarnya beresiko, walaupun dengan kedua jari tersebut akan lebih mudah untuk mengakses smartphone. Pasalnya kedua jari ini adalah jari yang paling sering kita gunakan untuk memegang smartphone kita, maka dari itu sangat dimungkinkan untuk menemukan cetak utuh sidik jari pada badan smartphone untuk kemudian dibuat salinan palsunya dan digunakan untuk membuka kunci fingerprint pada smartphone anda. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya jika anda menggunakan jari kelingking maupun jari manis.

2. Jangan Menggunakan Fingerprint Untuk Perbankan

Para vendor-vendor smartphone berlomba-lomba untuk membuat perangkat yang aman dan nyaman bagi para menggunanya. Mereka juga berjanji bahwa perangkat smartphone yang mereka produksi adalah perangkat yang paling aman dari hacker dan lain sebagainya. Namun tetap perlu diingat untuk tidak menggunakan fitur ini dalam hal perbankan, seperti otentikasi untuk Paypal maupun jasa keuangan lainnya. Hal ini juga untuk menghindari apabila suatu hari nanti smartphone anda berpindah tangan maupun hilang, maka data anda akan aman dari proses penyalinan sidik jari.

3. Aktifkan Password Pada Smartphone

Saat anda menggunakan fitur fingerprint untuk mengamankan smartphone anda, ada baiknya jika anda juga menggunakan pilihan keamanan password. Selain penggunaan password juga ada pilihan untuk menggunakan pola pengunci maupun sejumlah kode PIN. Akan tetapi pilihan penggunaan password akan lebih aman karena anda membuat password anda serumit mungkin dan tidak mudah ditebak agar para pencuri maupun hacker akan kesulitan untuk mendapatkan akses kedalam smartphone anda dan mencuri data-data anda.

Anda juga bisa menggunakan perlindungan berlapis untuk memastikan keamanan data-data anda, salah satunya adalah menggunakan aplikasi lockscreen yang juga menawarkan fitur password. Memang akan sedikit menjadi repot untuk membuka smartphone anda, akan tetapi dengan begitu maka anda dapat memastikan bahwa data-data anda aman dari pihak-pihak yang ingin memanfaatkannya.

4. Gunakan Tangan Yang Jarang Anda Gunakan

Tips menggunakan smartphone dengan fingerprint supaya aman selanjutnya adalah dengan menghindari menggunakan jari tangan yang sering anda gunakan untuk memegang smartphone anda. Jika anda termasuk sebagai pengguna kidal maka gunakan jari di tangan kanan sebagai identitas fingerprint, sedangkan jika anda bukan pengguna kidal maka sebaiknya gunakan tangan kiri untuk identitas fingerprint pada smartphone anda.

Ini bertujuan untuk mempersulit orang yang ingin mencari bekas jejak jari anda pada badan smartphone, untuk kemudian dipalsukan dan digunakan membobol keamanan smartphone anda. Ditambah lagi kini telah banyak beredar cara-cara untuk membobol smartphone lewat keamanan fingerprint. Jadi bukan berarti jika smartphone anda menggunakan fitur fingerprint maka membuat smartphone anda jadi super aman. Anda tetap perlu untuk melakukan hal-hal lain untuk keamanan yang berlapis.

Baca : Daftar Harga Smartphone Murah di Bawah 1 Jutaan

Secara umum pemindai sidik jari maupun fingerprint ini banyak sekali kegunaannya, namun pastinya anda tetap harus waspada dan selalu terapkan tips di atas.

Related Articles

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker